Comscore Tracker

Heboh, 7 Game Ini Jalan Ceritanya Tuai Kritikan Pedas dari Para Gamer

Ceritanya dinilai kurang berkualitas

Tidak peduli seberapa keras developer mengerjakan suatu game, terkadang penggemar tidak menyukai untuk beberapa alasan. Terutama dengan fleksibilitas media sosial seperti sekarang, penggemar hadir dalam jumlah besar untuk memastikan bahwa developer tahu mengapa mereka tidak menyukai game tersebut dan bagaimana mereka ingin itu diperbaiki.

Beberapa bulan yang lalu, The Last Of Us Part II menjadi salah satu game yang menuai banyak kritikan pedas dari gamer karena cerita yang dianggap mengecewakan. Namun, sebelum game garapan Naughty Dog itu, terdapat beberapa game yang mendapat respons serupa karena cerita yang kurang memenuhi ekspektasi. Berikut daftarnya.

1. Mass Effect 3

https://www.youtube.com/embed/AluTOOCVXVQ

Ketika pemain sampai di ending Mass Effect 3, mereka dengan cepat mengungkapkan kekecewaan mereka ke jagat maya. Tidak peduli apa yang terjadi, Shepard selaku protagonis utama akan selalu mati di akhir permainan setelah memilih salah satu dari beberapa cara untuk mengalahkan Reapers.

Itu membuat banyak pemain merasa bahwa semua pilihan mereka di sepanjang permainan tidak penting, karena tidak ada cara sama sekali untuk menyelamatkan Shepard. BioWare sempat ‘membatalkan’ kematian Shepard via DLC, namun sayangnya itu tetap membuat pemain kesal karena untuk bisa membuat Shepard tetap hidup, pemain harus sering memainkan mode multiplayer.

2. Assassin’s Creed Odyssey

https://www.youtube.com/embed/6F8L3d_OIE0

Sementara cerita utama Assassin’s Creed Odyssey tidak menerima begitu banyak respons negatif, alur cerita utama dalam DLC Legacy Of The First Blade adalah yang memicu cukup banyak reaksi negatif dari para penggemar.

Odyssey sendiri dipuji karena opsi hubungan sesama jenisnya, yang sayangnya pada cerita di DLC, seakan berakhir diabaikan karena DLC tersebut berakhir dengan karakter utama memiliki bayi untuk melanjutkan garis keturunan mereka. Menyusul reaksi tidak menyenangkan itu, Ubisoft akhirnya meminta maaf dan mengubah akhir cerita sehingga pemain dapat memilih motivasi mereka untuk memiliki bayi.

3. Fallout 76

https://www.youtube.com/embed/M9FGaan35s0

Ada banyak masalah dengan Fallout 76 ketika dirilis, dan salah satu keluhan utamanya adalah tentang ceritanya yang kurang dan tidak ada banyaknya NPC untuk diajak bicara. Franchise Fallout sendiri dikenal karena memberi pemain beberapa opsi dialog yang dapat memengaruhi hasil dari cerita.

Sayangnya, aspek tersebut tidak lagi menjadi fokus pada Fallout 76, di mana pemain lebih didorong untuk berinteraksi dengan pemain lain secara online. Masalah ini sempat diperbaiki pada update Wastelanders, yang naasnya, tetap tidak dapat mengubah persepsi buruk pemain terhadap cerita Fallout 76.

Baca Juga: 7 Game MMORPG Terbaik di Berbagai Platform, Semuanya Gratis!

4. Anthem

https://www.youtube.com/embed/DPf-EATqFng

Sulit untuk membicarakan reaksi negatif gamer terhadap suatu game tanpa menyebut Anthem. Ini memiliki setumpuk masalah yang pemain laporkan sedari awal, dan respons pemain untuk game ini, didominasi oleh ketidaksukaan. Selain gameplay yang penuh masalah, pemain juga kecewa dengan cerita yang diusung Anthem.

Mayoritas pemain merasa bahwa ceritanya terlalu singkat sehingga hampir tidak berdampak terhadap permainan secara keseluruhan. Karena hal ini, Anthem akhirnya ‘dimatikan’ dan BioWare kini tengah menggarap versi terbarunya yang dijanjikan akan jauh lebih baik.

5. Mass Effect: Andromeda

https://www.youtube.com/embed/X6PJEmEHIaY

Masih dari karya BioWare lainnya, Mass Effect: Andromeda gagal dalam menjalankan misi untuk menghidupkan kembali franchise Mass Effect seperti yang diharapkan penggemar. Tidak hanya karena animasinya yang penuh bug, cerita dan karakter juga terasa mengecewakan.

Bagi beberapa penggemar, karakter terasa dangkal jika dibanding dengan sejumlah game sebelumnya. Cerita utamanya juga tidak menambah banyak hal pada seri secara keseluruhan, sehingga tidak ada motivasi yang kuat untuk menyelesaikan. Plus, BioWare juga tidak menciptakan DLC apapun untuk game yang satu ini.

6. Batman: Arkham Knight

https://www.youtube.com/embed/FX1uGqXD2n8

Ketika trailer Batman: Arkham Knight dirilis, telah ada banyak keraguan mengenai kualitas cerita dari game garapan Rocksteady itu. Salah satu yang memicu keraguan itu adalah kehadiran Joker, yang notabene telah mati di game sebelumnya – Arkham City.

Sementara beberapa pemain merasa terpuaskan dengan alasan mengapa Joker masih hidup, ada banyak pemain yang tidak senang dengan banyaknya porsi cerita yang mengharuskan Batman menggunakan Batmobile. Selain itu, pengungkapan identitas dari sang antagonis utama yaitu Arkham Knight juga mudah diprediksi.

7. Halo 5: Guardians

https://www.youtube.com/embed/Rh_NXwqFvHc

Ketika berbicara mengenai franchise Halo, nama pertama yang terbesit di pikiran tidak lain tidak bukan adalah Master Chief. Jadi, agak aneh ketika mengetahui bahwa protagonis utama di seri Halo itu, hampir tidak tampil sama sekali di Halo 5: Guardians.

Pemain sendiri awalnya nampak bersemangat ketika Microsoft merilis trailer Guardians dan mengumumkan bahwa Master Chief sedang diburu. Meski alur cerita pada game ini masih bisa diikuti, ada terlalu banyak bagian lain dari cerita yang tidak melibatkan Master Chief, yang menyebabkan reaksi negatif besar-besaran dari para penggemar.

Itulah tadi ulasan menarik mengenai beberapa game yang ceritanya tuai kritikan pedas dari para gamer. Apakah kamu termasuk yang dikecewakan dengan kualitas cerita deretan game di atas?

Baca Juga: 7 Game Horor Terseram dengan Karakter Utama Wanita, Bikin Merinding!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya