Comscore Tracker

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennya

Dunia retro-nya tidak kalah keren dari cyberpunk

Dengan Cyberpunk 2077 yang sangat diantisipasi, tema dystopia dari cyberpunk nampaknya menjadi hal yang populer akhir-akhir ini. Namun di samping cyberpunk, terdapat gaya lain yang juga mengusung karakteristik teknologi yang gelap dan kotor serupa yaitu steampunk.

Agak berbeda dengan cyberpunk, steampunk jauh lebih retro karena gaya yang dibawa terinspirasi dari abad ke-19 di mana dunia didominasi oleh mesin bertenaga uap. Kerennya lagi, tema steampunk tidak hanya menyambangi novel dan film, namun juga video game. Berikut beberapa yang direkomendasikan.

1. Sunless Sea

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyascientificgamer.com

Steampunk dikenal karena suasananya yang suram, dan itu menjadi salah satu atmosfer yang digambarkan pada Sunless Sea – game survival exploration garapan Failbetter Games. Dirilis pada tahun 2018, sebagian Sunless Sea merupakan ekspansi dari game browser berjudul Fallen London, yang kini jauh lebih baik karena penyempurnaan cerita dan karakter.

Pada Sunless Sea, pemain akan diajak untuk berpetualang di dunia yang kelam dan penuh tanda tanya. Kota London era Victoria yang runtuh dan tenggelam, menjadi latar tempat utama pada game ini.

2. Machinarium

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyamicrosoft.com

Machinarium merupakan contoh dari bagaimana jika lukisan bertema steampunk dibuat hidup dan dapat dimainkan. Dikembangkan oleh Amanita Design, Machinarium mengusung genre point-and-click di dunia abad ke-19 yang kumuh dan penuh dengan mesin berkarat.

Beragam detail steampunk yang diterapkan ke dunianya terbukti cocok dengan genrenya, di mana pemain memiliki serangkaian puzzle yang harus diselesaikan dengan mengutak-atik mesin tua, pipa dan lainnya. Machinarium menyajikan petualangan artistik ringan yang keren dan layak untuk diutak-atik. 

3. Professor Layton And The Unwound Future

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyaludomedia.it

Salah satu franchise yang menunjukkan sifat unik dari Nintendo DS adalah Professor Layton. Seri game petualangan yang menyenangkan ini terasa seperti kartun virtual yang dicampur dengan buku cerita yang fantastis. Dan di judul ketiganya yaitu The Unwound Future, semuanya menjadi lebih baik lagi.

Teka-teki point-and-drag yang kreatif masih dipertahankan, di samping cutscene animasi yang menghibur. Selain itu, The Unwound Future juga membawa latar steampunk yang super keren, dengan mesin waktu sebagai fokus premis utama.

Baca Juga: 7 Game Bertema Viking Terbaik, Sembari Menunggu AC: Ragnarok

4. Steamworld Dig 2

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyanintendotimes.com

Steamworld merupakan game dengan atmosfer steampunk dan gameplay berbasis eksplorasi yang pasti akan disukai oleh penggemar game sejenis seperti Minecraft dan Terraria. Ini juga membawa segudang konten yang tidak kalah menarik dari dua game eksplorasi populer itu.

Selain bertema steampunk, Steamworld Dig 2 juga memiliki elemen Indiana Jones juga, di mana pemain dapat menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menjelajahi gua dan tambang untuk berburu item. Plus, pemain juga bisa membuka beragam skill dan senjata untuk mempermudah perjalanan.

5. Dishonored

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyavamers.com

Tren video game dengan warna dasar visual abu-abu telah ada cukup lama, namun game action-stealth garapan Arkanes Studios – Dishonored, berhasil tampil berbeda berkat penggunaan latar kota industrial yang kumuh. Tidak hanya itu saja, tema steampunk juga terlihat jelas di setiap sisi permainan.

Itu berpadu sempurna dengan elemen dystopia sci-fi yang penuh ketidakpastian. Penggemar telah menemukan banyak hal luar biasa dalam diri Dishonored; tidak hanya dari suasana dunianya, namun juga gameplay stealth yang kompleks dan memuaskan.

6. Bioshock

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyaigdb.com

Bersama dengan seri The Elder Scrolls yang epik, Bioshock membantu membuka jalan bagi era baru game open-world dinamis. Kebebasan yang diberikan oleh game garapan 2K Boston ini membuat pengalaman menjadi lebih menggembirakan dan itu meningkat berkat latar dunia bawah laut – Rapture, yang gelap dan suram.

Dengan elemen steampunk yang kental, Bioshock memadukan genre action-shooter yang intens bersama dengan eksplorasi dan elemen RPG yang ringan. Hasilnya, game FPS seru nan menyeramkan yang terus adiktif hingga akhir permainan.

7. Final Fantasy VI

7 Game Bertema Steampunk Terbaik, Rasakan Suasana Kerennyagameinformer.com

Berbeda dengan latar abad pertengahan yang mendominasi sebagian besar judul di seri Final Fantasy sebelumnya, Final Fantasy VI mencoba berbeda dengan beralih ke latar steampunk. Sama seperti tema cyberpunk yang khas pada FFVII, salah satu game terbaik SNES ini bersinar lewat atmosfer lebih gelap, yang diperkuat dengan ‘lapisan’ steampunk yang padat.

Sementara narasi yang kuat menjadi fokus utama, FFVI tetap tidak melupakan kualitas gameplay. Banyak penggemar yang memuji sistem battle-nya yang terperinci yang menampilkan banyak skill unik.

Demikian tadi sedikit ulasan sekaligus rekomendasi game bertema steampunk terbaik yang unik dan layak dimainkan. Dari 7 game di atas, ada yang menarik perhatian kamu?

Baca Juga: 7 Game Battle Royale Terbaik Ini Tak Kalah Seru dari Fortnite dan PUBG

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya