Comscore Tracker

7 Game Ringan Terbaik, Ramah untuk PC dengan Spek Minim

Nomor 5 ringan tapi punya kualitas visual terbaik

Game dengan visual bagus, tidak selalu dibarengi dengan cerita atau gameplay yang bagus pula. Terkadang, beberapa game dengan visual sederhana, justru menjadi jenis game dengan cerita yang menarik dan gameplay yang seru.

Terlebih dengan fakta bahwa berbagai game tersebut punya visual simpel, membuatnya jadi lebih ramah spesifikasi sehingga dapat diakses atau dimainkan oleh lebih banyak gamer. Jika kamu termasuk gamer dengan PC atau laptop spek minim, berikut beberapa game ringan yang wajib kamu coba.

1. Portal 2

https://www.youtube.com/embed/A88YiZdXugA

Valve merupakan salah satu developer yang selalu berhasil melakukan optimalisasi luar biasa pada game-game mereka, agar bisa berjalan dengan baik di PC dengan spesifikasi minim, tak terkecuali Portal 2. Meski cara terbaik untuk memainkannya adalah di pengaturan visual tertinggi, di pengaturan visual paling rendah sekalipun, Portal 2 masih sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Selain plot yang menarik dan karakter-karakter yang menggelitik, Portal 2 juga punya gameplay yang unik. Di samping itu, meningkat dari game pertamanya, Portal 2 juga punya beberapa misi untuk diselesaikan bersama-sama oleh dua pemain.

2. Team Fortress 2

https://www.youtube.com/embed/N7ZafWA2jd8

Team Fortress 2 merupakan salah satu game multiplayer FPS free-to-play terpopuler dengan jumlah pemain selalu konsisten dari tahun ke tahun. Game yang satu ini dikembangkan oleh Valve, developer yang dikenal dengan sejumlah gamenya yang mendunia seperti Counter-Strike: Global Offensive, Half-Life dan Portal.

Sama seperti game garapan Valve di poin sebelumnya yaitu Portal 2, Team Fortress 2 juga sangat ringan dan bisa dimainkan dengan lancar di PC minim spek sekalipun. Meski secara visual cukup sederhana dan tidak sebagus game-game modern saat ini, gameplay-nya tetap jadi yang terbaik dan menghibur.

3. Stardew Valley

https://www.youtube.com/embed/ot7uXNQskhs

Game-game tycoon atau simulasi membangun atau membuat sesuatu umumnya sangat ramah spek. Sejumlah game semacam itu sejatinya punya premis yang simpel, namun lewat banyak faktor, jadi sangat menarik dan menggugah untuk terus dimainkan.

Dari sekian banyaknya game tycoon, terutama soal simulasi bertani, Stardew Valley jadi salah satu yang terbaik. Game ini membawa banyak hal baru dari gameplay bertaninya yang dianggap monoton, dan mengeksekusi hal tersebut dengan sangat baik. Selain enteng, game buatan ConcernedApe ini juga hanya memakan sedikit penyimpanan di kisaran kurang dari 1GB saja.

Baca Juga: 7 Game Terbaru Ubisoft Ini Siap Rilis 2022, Banyak Dinanti

4. Celeste

https://www.youtube.com/embed/wpPbNgFEetU

Celeste dianggap sebagai game indie terbaik di tahun perilisannya. Game ini dirilis pada 2018 silam dan di tahun itu, Celeste mendapat banyak penghargaan karena kualitasnya. Pada game ini, pemain berperan sebagai seorang karakter bernama Madeline dalam misi untuk mencapai puncak gunung Celeste.

Game ini mengusung mekanisme gameplay platformer dengan visual retro 2D yang sederhana namun tetap bisa tampil menarik. Untuk bisa memainkannya, pemain tidak perlu PC atau laptop dengan spek tinggi. Satu-satunya hal yang dibutuhkan dari game ini mungkin hanyalah kesabaran karena gameplay-nya terkadang cukup menantang.

5. Warframe

https://www.youtube.com/embed/2Wus_pXKRc4

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Warframe memang tidak serendah banyak game di daftar ini, namun tergolong rendah dan ramah spek jika melihat dari visual dan konsep open-world yang diusungnya. Untuk kualitasnya, Warfare termasuk salah satu game bisa disebut ringan.

Selain bisa berjalan di PC atau laptop dengan spesifikasi standar, Warframe juga free-to-play alias bisa dimainkan secara gratis. Kerennya lagi, game yang satu ini juga tidak membawa formula pay-to-win alias pemain bisa meng-upgrade karakter mereka dan mendominasi permainan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

6. League of Legends

https://www.youtube.com/embed/mDYqT0_9VR4

Sama seperti DOTA 2 dari Valve, League of Legends garapan Riot Games juga memberi dampak yang begitu besar terhadap perkembangan industri game, terutama untuk genre MOBA itu sendiri. Meski game ini terbilang sulit bagi pemain baru mengingat sudah eksis sejak 2009 silam, namun setidaknya, pemain baru tidak perlu menyiapkan PC atau laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk bisa memainkannya.

League of Legends termasuk game yang ramah spek, namun di sisi lain tetap bisa menghadirkan kualitas visual yang cukup baik. Game ini cocok untuk mereka yang butuh alternatif DOTA 2 yang lebih ringan dan berbeda.

7. Valorant

https://www.youtube.com/embed/e_E9W2vsRbQ

Meski dirilis pada 2020 lalu, Valorant secara mengejutkan tidak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi seperti banyak game baru dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu alasannya tentu adalah karena visual yang diusung cenderung simpel namun tetap menarik dengan gayanya sendiri.

Selain itu, alih-alih berfokus pada visual yang realistis, Riot Games selaku developer lebih mengedepankan gameplay yang sempurna dan menyenangkan. Di samping gameplay yang seru itu, daya tarik dari Valorant terletak pada fakta bahwa game multiplayer FPS ini bisa dimainkan secara gratis alias free-to-play.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game yang ramah dengan PC spek minim. Jika kamu punya rekomendasi game lain dengan permintaan spesifikasi yang ringan, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Sulit Ditamatkan, 7 Game Ini Akan Uji Tingkat Kesabaranmu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya