Comscore Tracker

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activision

Beberapa telah hiatus atau tak lagi diterbitkan Activision

Tak lama ini, industri game dihebohkan dengan Microsoft yang mengakuisisi salah satu publisher game besar – Activision. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang juga memiliki Xbox itu membeli Activision seharga US$68,7 miliar atau hampir Rp1,000 triliun. Itu angka yang sangat fantastis untuk akuisisi yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Activision sendiri merupakan salah satu perusahaan game terbesar di dunia yang sempat bergabung dengan salah satu perusahaan game besar lain yaitu Blizzard pada 2008. Sejak didirikan pada 1979, Activision telah membuat cukup banyak franchise game yang berakhir populer dan bahkan beberapa diantaranya masih berlanjut hingga kini.

Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Crash Bandicoot

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Crash Bandicoot (xbox.com)

Yang pertama adalah salah satu seri game platformer klasik – Crash Bandicoot. Activision menjadi publisher dari seri game yang satu ini sejak 2008 silam dan sejak saat itu, menghadirkan banyak game untuk dinikmati oleh para pemain.

Salah satu yang terbaru adalah trilogi remastered – Crash Bandicoot N. Sane Trilogy yang mendapat pujian dari banyak kritikus meski beberapa pemain menilainya lebih sulit dari versi aslinya. Selain game-game dengan genre platformer, Activision juga membuat beberapa spin-off dengan genre balapan untuk Crash Bandicoot yang sebagian besar di antaranya juga berakhir sukses dan disukai banyak pemain.

2. Guitar Hero

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Guitar Hero (rockpapershotgun.com)

Seri game Guitar Hero perlahan tapi pasti dicintai oleh banyak pemain terutama sejak Activision membelinya dari RedOctane pada awal 2000-an. Activision kemudian merilis segudang game Guitar Hero mulai dari seri utama hingga spin-off seperti Guitar Hero: Aerosmith dan meraih banyak keuntungan hingga sekitar 2010.

Sayangnya, pasar untuk Guitar Hero mulai menurun sejak Activision terus merilis game baru namun hanya memberi sedikit pembaruan di sisi gameplay. Karena minimnya kreativitas dan inovasi itulah, Guitar Hero akhirnya hiatus dan tanpa kabar mengenai game baru hingga saat ini.

3. Call of Duty

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Call of Duty (turtlebeach.com)

Call of Duty mungkin jadi seri game terbaik Activision mengingat bagaimana mereka terus merilis seri game FPS ini hampir setiap tahunnya dan mendapat banyak kesuksesan serta uang disana. Modern Warfare, Black Ops dan Ghosts menjadi beberapa game terbaik yang ada di seri Call of Duty.

Memang ada beberapa komplain terkait minimnya hal baru dan tingkat kesulitan yang cenderung biasa, namun masalah tersebut selalu terbantu oleh mode multiplayer dan zombie yang sangat disukai. Dengan kesuksesan yang tidak menunjukkan tanda penurunan, Call of Duty nampaknya masih akan terus “diperah” Activision selama bertahun-tahun kedepan.

Baca Juga: 7 Fakta Mengejutkan yang Tidak Diketahui dari Seri Game Batman: Arkham

4. Quake

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Quake (store.steampowered.com)

Pada awalnya, Quake merupakan seri game FPS yang mengusung tema horor Lovecraftian sebelum akhirnya Activision merubah temanya menjadi sci-fi dengan alien. Keputusan itu untungnya tepat di mana sejak saat itu, seri Quake terus mendulang kesuksesan. Game-game single-player dicintai oleh banyak pemain, sementara game multiplayer-nya seperti Quake III Arena gagal dipasaran.

Activision mulai mengabaikan Quake setelah Quake Live tidak memberi mereka keuntungan. Quake sempat berpindah tangan ke beberapa publisher besar lainnya sebelum akhirnya mendarat ke Bethesda Softworks yang kini juga telah dimiliki oleh Microsoft.

5. Total War

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Total War (rockpapershotgun.com)

Total War saat ini masih menjadi seri game Activision dengan skor tertinggi di Metacritic. Menariknya, skor tinggi itu didapat hanya dari dua game saja yaitu Medieval: Total War dan Rome: Total War. Keduanya mendapat banyak ulasan positif di Metacritic dan sangat laris manis di pasaran.

Seri game Total War sendiri saat ini tak lagi diterbitkan oleh Activision, karena developer dibaliknya yaitu Creative Assembly telah dibeli oleh Sega. Meski hanya melahirkan dua game saja, dua game tersebut semuanya adalah game-game luar biasa yang sempat memberi pengaruh besar kepada industri game, terutama untuk genre RTS.

6. Prototype

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Prototype (gamesradar.com)

Prototype merupakan seri game yang tidak diprediksi bakal muncul dan menjadi salah satu yang anti-mainstream jika dibandingkan dengan beberapa seri game Activision. Pada seri game ini, pemain berperan sebagai seorang anti-hero dengan misi untuk menggulingkan sebuah korporasi di saat kota menjadi kacau karena virus yang merajalela.

Game pertamanya begitu disukai sementara game keduanya, dianggap mengalami penurunan kualitas. Hasilnya, penjualan jadi menurun dan jauh dari yang diekspektasinya. Alhasil, Activision memutuskan untuk “mengistirahatkan” Prototype dan berfokus pada game-game lain.

7. Tony Hawk’s Pro Skater

Resmi Dibeli Microsoft, Ini 7 Seri Game Terbaik Activisionilustrasi Tony Hawk's Pro Skater (g2a.com)

Seri game skateboard – Tony Hawk’s Pro Skater merupakan seri game yang membuat Activision dikenal oleh banyak pemain mainstream. Tony Hawk’s Pro Skater sangatlah populer dan memperkenalkan sejumlah mekanisme game baru kala itu, yang kemudian ditiru atau dijadikan inspirasi pada game lain buatan developer lain.

Salah satu yang terbaru dan mendapat banyak ulasan positif adalah Tony Hawk Pro Skater 1 + 2 yang membawa dua game pertamanya dalam format remake. Hasilnya, game berkelas yang membawa begitu banyak nostalgia dan formula yang dicintai oleh para penggemar.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa franchise game terbaik Activision. Semoga saja di bawah bendera Microsoft kali ini, Activision bisa menghidupkan kembali beberapa franchise game mereka yang telah mati atau sudah lama tidak ada kabar.

Baca Juga: 8 Seri Game Terkenal yang Terinspirasi dari Mitologi Asia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya