Comscore Tracker

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinya

Nomor 3 paling konyol

Tidak ada yang lebih menakutkan di industri video game ketimbang kebocoran video game itu sendiri. Ini menjadi salah satu insiden paling memilukan yang pastinya tidak diinginkan oleh setiap developer atau publisher.

Merilis atau mengumumkan video game dalam kondisi ‘tidak ada satupun penggemar yang mengetahuinya’ menjadi misi utama mereka, yang sayangnya kerap kali gagal. Berikut IDN Times telah merangkum sedikit ulasan mengenai beberapa insiden kebocoran video game paling memalukan.

1. Assassin’s Creed: Odyssey

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyamicrosoft.com

Insiden bocornya karakter utama, logo dan latar tempat Assassin’s Creed: Origins pada tahun 2015, kembali terulang dua tahun setelahnya. Jika detail mengenai Origins bocor karena t-shirt, seri terbaru kala itu yaitu Odyssey, terungkap lewat sebuah foto yang memperlihatkan gantungan kunci berbentuk helm Spartan, lengkap dengan logo dan tulisan “Assassin’s Creed: Odyssey”. Ubisoft yang mengetahui hal ini akhirnya memutuskan untuk langsung merilis teaser singkat dari Odyssey, hanya beberapa jam setelah bocoran itu tersebar di internet.

2. Half-Life 2

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyagiga.de

Pada tahun 2002, programer muda asal Jerman bernama Axel Gembe, mencoba untuk meretas jaringan Valve dan secara tidak sengaja menemukan kode dari Half-Life 2. Satu tahun setelahnya, temannya membocorkan kode itu ke internet, yang secara langsung membuat Gabe Newell – CEO Valve, marah.

Merasa bersalah dengan insiden itu, Axel akhirnya memutuskan untuk mengirim email permintaan maaf sekaligus lamaran pekerjaan. Newell menerima lamaran itu, namun Axel berakhir ditangkap, karena diketahui jika penerimaan itu hanyalah sebuah jebakan.

3. Dishonored 2

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyadailygamer.it

Bethesda secara tidak sengaja membocorkan detail mengenai Dishonored 2, beberapa hari sebelumnya pengumumannya di E3 2016 dimulai. Insiden memalukan ini terjadi ketika dua orang penting di proyek Dishonored 2 yaitu Harvey Smith dan Raph Colantonio sedang berdiskusi mengenai pidato di acara konferensi.

Namun entah bagaimana, percakapan keduanya tersiar secara langsung di channel Twitch Bethesda. Salah satu anggota tim sempat sadar dengan hal tersebut namun nasi telah menjadi bubur, dan orang-orang telah tahu apa yang akan diumumkan Bethesda beberapa hari setelahnya.

Baca Juga: Heboh, 7 Kontroversi Terbesar dari Industri Video Game di Tahun 2019

4. Call Of Duty: Modern Warfare 3

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyastarmodz.com

Empat bulan sebelum pengumuman, Kotaku dilaporkan menerima bocoran informasi mengenai Call Of Duty: Modern Warfare 3. Pada Mei 2011, Kotaku membagikan bocoran yang berisi deskripsi cerita, concept art karakter dan klip audio terkait latar waktu itu ke internet.

Menariknya, Activision menanggapi insiden ini dengan santai. Alih-alih panik, Activision malah menggoda penggemar dengan lebih banyak info atau clue terkait MW3. Alhasil, apa yang seharusnya menjadi kegagalan pemasaran, berakhir sebagai taktik pemasaran jenius yang memberikan MW3 lebih banyak hype sebelum dirilis.

5. Ultimate Marvel Vs. Capcom 3

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyamicrosoft.com

Pada tahun 2011, Capcom mengumumkan bahwa mereka akan merilis Ultimate Marvel Vs. Capcom 3 pada bulan November tahun itu juga. Awalnya, hanya beberapa empat karakter yang diumumkan (Hawkeye, Ghost Rider, Firebrand dan Strider), dengan sisanya direncanakan untuk menyusul hingga tanggal perilisannya.

Naasnya, apa yang direncanakan tidak berjalan mulus, setelah penggemar menemukan tautan ke server Capcom yang berisi concept art dari karakter-karakter yang belum dirilis. Capcom mengakui jika itu kebocoran benar dan memutuskan untuk merilis semua karakter beberapa hari setelahnya.

6. God Of War Ascension

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyagamecrate.com

Sebelum Amazon membocorkannya lewat halaman pre-order, tidak ada yang mengetahui bahwa seri selanjutnya dari God Of War akan bernama Ascension. Tidak hanya membocorkan judulnya saja, Amazon juga membocorkan box art dan teaser trailer yang mengungkap sejumlah detail seperti posisi Ascension sebagai sebuah prekuel.

Kebocoran ini terjadi sehari sebelum Sony berencana untuk mengumumkannya ke publik. Amazon sendiri bukanlah satu-satunya ‘pihak’ yang membocorkan Ascension. Di saat yang bersamaan, komposer Ascension juga ‘melemparkan’ bocoran mengenai judulnya.

7. The Last Guardian

7 Kebocoran Game Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Industrinyaplaystation.com

Setelah menyelesaikan Shadow Of Colossus, Team ICO menggoda penggemar dengan gambar misterius dari rantai yang tergantung di sumur. Tiba-tiba pada bulan Mei 2009, blog Playstation Lifestyle memposting trailer game yang menampilkan rantai yang sama, dan seorang anak kecil yang terlihat bekerja sama dengan makhluk raksasa.

Cuplikan itu pada akhirnya diketahui berasal dari game The Last Guardian, yang Sony umumkan di E3 2009 beberapa minggu setelah bocor. Kala itu, Sony merencanakan The Last Guardian untuk rilis pada tahun 2011, namun berakhir diundur hingga Desember 2016.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai insiden-insiden kebocoran video game paling memalukan. Semoga saja, hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas, tidak kembali terulang untuk game lain di masa depan.

Baca Juga: 7 Video Game Ini "Gagal" tapi Raih Pendapatan Fantastis, Kok Bisa?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You