Comscore Tracker

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakep

Menghadirkan GTA III, Vice City dan San Andreas

Tak lama ini, Rockstar Games merilis versi remaster dari trilogi game legendaris mereka yang dulu sempat menghiasi PS2. Trilogi tersebut adalah Grand Theft Auto: III, Grand Theft Auto: Vice City dan Grand Theft Auto: San Andreas.

Maka seperti game remaster pada umumnya, ketiganya mendapatkan peningkatan signifikan baik dari segi visual maupun gameplay yang mana beberapa mekanismenya dimodifikasi lebih modern lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai 7 peningkatan terbesar yang dimiliki Grand Theft Auto Trilogy Remastered dibanding pendahulunya.

1. Performa lebih mulus

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi GTA III Remastered dengan performa lebih mulus (gamesradar.com)

Rockstar Games mendulang pencapaian luar biasa ketiga berhasil membuat GTA III, Vice City dan San Andreas bisa berjalan di konsol seterbatas PS2 meski frame-rate atau fps harus dibatasi agar performanya stabil. Frame-rate yang terbatas itu sebenarnya bukan sesuatu yang menjadi masalah pada kala itu, namun untungnya Rockstar memberi peningkatan frame pada ketiganya di versi remaster masing.

Agar bisa lebih nyaman saat dimainkan, ketiganya kini bisa dinikmati dengan mulus di frame-rate lebih maksimal yaitu 60fps. Hal ini tentu jadi nilai tambah tersendiri terutama untuk mereka yang tertarik untuk menghabiskan banyak waktu di dunia ketiganya.

2. Visual berkualitas tinggi

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi visual lebih baik pada GTA SA Remastered (pitchfork.com)

Selain performa lebih mulus, salah satu peningkatan terbesar yang diusung Grand Theft Auto Trilogy Remastered tentu saja adalah visual. Ketiganya kini bisa dimainkan di resolusi 4K dan tekstur dari dunianya maupun karakter juga ditingkatkan menjadi detail lagi.

Namun perlu diketahui jika ketiganya hanya membawa detail lebih baik, sehingga desain karakter, dunia atau gaya visual masih sama dengan versi klasiknya. Meskipun begitu, ketiganya tetap tampak menawan terutama dengan efek seperti cahaya dibuat serealistis mungkin agar tidak kalah dengan berbagai game open world masa kini.

3. Cara memilih senjata dan radio yang baru

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi cara memilih senjata baru pada GTA SA Remastered (polygon.com)

Grand Theft Auto V memperkenalkan cara baru untuk memilih senjata maupun stasiun radio, dengan memunculkan menu tersendiri. Tidak hanya itu, ketika menu itu diaktifkan, waktu akan dibuat melambat sehingga pemain yang semisal sedang terjebak dalam aksi tembak menembak tidak tiba-tiba tewas ketika sibuk memilih senjata.

Cara ini juga digunakan oleh banyak open world lain dan Grand Theft Auto Trilogy Remastered jadi salah satunya. Namun khusus untuk pemilihan stasiun radio, sayangnya tidak semua lagu dari versi klasik tersedia di versi remaster. Diantara GTA Vice City dan San Andreas, GTA III jadi yang paling mempertahankan lagu dari versi klasik.

Baca Juga: Suka Main Grand Theft Auto? Ini 7 Game Alternatif yang Bisa Kamu Coba

4. Waktu loading lebih cepat

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi halaman loading pada GTA SA Remastered (wccftech.com)

Versi klasik dari ketiga game pada Grand Theft Auto Trilogy Remastered punya satu masalah yang sama yaitu waktu loading yang sangat lama. Kebiasaan buruk ini bahkan menjadi tradisi tersendiri bagi game-game Rockstar di mana game seperti GTA V dan Red Dead Redemption 2 juga punya waktu loading yang tak kalah lama.

Untungnya, masalah waktu loading yang memakan waktu itu dibenahi pada Grand Theft Auto Trilogy Remastered. Kini, pemain tidak perlu menunggu hingga bermenit-menit, karena dalam hitungan detik saja mereka bisa langsung masuk ke dalam game. 

5. Aim assist yang ditingkatkan

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi aim assist lebih baik pada GTA Vice City Remastered (theverge.com)

Peningkatan berikut paling berdampak pada GTA III dan Vice City. GTA III sendiri dikenal karena sistem aim assist-nya yang buruk. Masalah tersebut akhirnya diperbaiki di versi remaster-nya lewat dukungan free-aim dan opsi untuk mengatur auto-aim. Untuk GTA San Andreas, game legendaris itu sejatinya punya aim-assist yang sudah baik namun tetap mendapat peningkatan agar lebih baik dan nyaman lagi.

Namun perlu dicatat bahwa peningkatan aim assist pada ketiganya tidak membuat ketiganya punya aim sebagus game Rockstar lain seperti GTA V atau Max Payne 3. Kendati demikian, peningkatan ini tetap layak diapresiasi.

6. Dukungan checkpoint pada misi

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi ketika sedang menjalankan misi di GTA 3 Remastered (eurogamer.net)

Durasi tiap misi pada GTA III memang tidak lama, namun tetap terasa mengganggu ketika gagal di tengah misi. Sebab, ketika gagal saat menjalankan suatu misi di GTA III, pemain harus benar-benar mengulang dari awal, tak peduli seberapa dekat pemain dengan kata selesai dalam menjalankan misi itu.

Hal tersebut untungnya dibenahi di versi remaster di mana kini, ketika di tengah-tengah misi pemain gagal, pemain akan diberi pilihan untuk memilih checkpoint terdekat, sehingga tidak perlu mengulan sedari awal lagi. Hal ini menjadi perubahan kecil yang memberi dampak besar dan menguntungkan pada durasi bermain pemain.

7. Mekanisme kontrol lebih modern

7 Peningkatan Besar di GTA Trilogy Remastered, Makin Cakepilustrasi kontrol lebih modern pada GTA SA Remastered (windowscentral.com)

Salah satu hal yang ada pada game-game klasik namun kini sudah diubah mungkin adalah mekanisme kontrol. Dulu, game punya standar yang berbeda dan game open world terutama, memiliki mekanisme kontrol berbeda karena kebebasan melakukan aksi yang ditawarkannya.

Grand Theft Auto Trilogy Remastered untungnya hadir dengan mekanisme kontrol lebih modern yang disesuaikan agar lebih mendekati dengan GTA V. Contoh, jika dulu untuk menginjak pedal gas kendaraan menggunakan tombol X atau A, kini untuk melakukan hal yang sama, pemain harus menggunakan tombol R2 atau RT.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa peningkatan besar yang dibawa Grand Theft Auto Trilogy Remastered dibanding pendahulunya. Grand Theft Auto Trilogy Remastered saat ini sudah bisa dinikmati di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch dan juga PC. Versi mobile untuk Android dan iOS juga sedang dikembangkan, dengan jadwal peluncuran diperkirakan pada kuartal pertama atau kedua tahun depan.

Baca Juga: Rockstar Umumkan Versi Baru dari Trilogi Grand Theft Auto

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya