Comscore Tracker

7 Game Android Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan Gamepad

Lebih mudah serasa main konsol

Pasar untuk game dengan dukungan gamepad atau kontroler terus tumbuh dari tahun ke tahun. Ini tentu tak mengherankan mengingat gamepad membuat aktivitas bermain game – salah satunya di perangkat mobile – menjadi lebih mudah. Gamepad juga dapat membantu gamer konsol untuk cepat beradaptasi ketika mencoba game baru di perangkat mobile seperti HP Android.

Sebagai salah satu platform mobile paling populer, Android juga dengan tangan terbuka menawarkan cukup banyak game yang dapat dimainkan dengan gamepad. Berikut beberapa yang terbaik.

1. Bridge Constructor Portal

https://www.youtube.com/embed/TIX7-Gkw0D0

Bridge Constructor Portal merupakan game crossover yang mempertemukan seri Bridge Constructor dan franchise Portal. Mekanisme gameplay yang diusung pada dasarnya masih sama di mana pemain membangun jembatan menggunakan berbagai material yang disediakan.

Yang membuatnya unik adalah fakta bahwa pemain bisa membuat portal untuk mempermudah proses pembangunan jembatan. Lalu ada juga cameo dari karakter populer di seri Portal seperti GLaDOS. Ini telah mendukung gamepad dan cocok untuk mereka yang gemar memutar otak ketika bermain game.

2. GRID Autosport

https://www.youtube.com/embed/YLQsIQSrjIc

GRID Autosport merupakan salah satu game terbaru di daftar ini yang telah mendukung gamepad. Singkatnya, ini adalah versi mobile dari game balapan dengan judul sama yang sempat dirilis di PS3 dan Xbox 360. Ada lebih dari 100 mobil untuk dipilih, lebih dari 100 sirkuit sebagai arena berkompetisi, beragam tingkat kesulitan dan berbagai jenis balapan.

Ini juga bisa dimainkan secara offline bagi mereka ingin lebih hemat kuota. Salah satu kekurangan game ini adalah kontrol sentuhnya yang buruk dan itulah mengapa disarankan untuk menggunakan gamepad atau kontroler tambahan saja.

3. Oddmar

https://www.youtube.com/embed/t2mnD3RD-34

Oddmar merupakan game terbaru yang dikembangkan oleh Mobge Ltd. Ini menawarkan genre side-scrolling platformer dengan cerita berbasis narasi, visual menarik dan mekanisme gameplay sederhana. Pemain berperan sebagai viking dengan misi untuk mendapatkan kehormatannya kembali.

Game ini hadir dengan 24 level, beragam power-ups dan dukungan untuk dimainkan secara offline. Lalu ada juga dukungan penyimpanan cloud dan achievement di Google Play Games. Maka sama seperti dua game sebelumnya, Oddmart juga bisa dimainkan via gamepad.

Baca Juga: Suka Genshin Impact? Ini 7 Game Alternatifnya yang Terbaik

4. Portal Knights

https://www.youtube.com/embed/XixOLND5cE4

Portal Knights merupakan game petualangan yang dirilis pada tahun 2017. Game ini mengusung mekanisme action-adventure dengan berbagai bos untuk ditaklukkan, progress level karakter layaknya game RPG, sistem crafting, multiplayer lokal dan tentu saja, dukungan gamepad.

Portal Knights dieksekusi dengan sangat baik sehingga bisa disandingkan dengan beberapa game indie di PC maupun konsol. Game yang gratis untuk pelanggan Google Play Pass ini juga punya visual yang tergolong memukau namun tetap ramah untuk “HP kentang”.

5. Stardew Valley

https://www.youtube.com/embed/pHUqhYslji4

Sama seperti GRID Autosport, Stardew Valley awalnya dirilis di platform lebih besar dan jadi salah satu game teranyar dengan dukungan gamepad. Bagi yang masih asing, Stardew Valley merupakan game simulasi bertani yang juga membawa elemen RPG.

Pada game ini, pemain dapat membuat lahan pertanian, bercocok tanam dan menjalani berbagai aktivitas lain yang disediakan. Pemain juga bisa menjual berbagai hasil panen atau ternak hewan mereka. Yang membuat game ini menarik adalah fakta bahwa pemain bisa bersosialiasi dengan warga sekitar hingga mengikuti acara seperti pernikahan.

6. Levelhead

https://www.youtube.com/embed/A0WrHrDnNwE

Levelhead merupakan jenis game spesial yang hanya keluar tiap beberapa tahun sekali. Ini punya genre platformer dengan eksekusi luar biasa, mekanik gameplay bagus dan fitur untuk membangun level sendiri. Premis game ini sangat simpel di mana pemain punya tugas untuk mengirim paket melewati berbagai macam rintangan.

Selain mendukung gamepad, ini juga memiliki dukungan cross-platform dengan Nintendo Switch, Xbox One, PC dan iOS. Levelhead dikembangkan oleh developer yang juga membuat Crashlands dan sama seperti Portal Knights, gratis untuk pelanggan Google Play Pass.

7. Endurance

https://www.youtube.com/embed/m7yY0cg9nfo

Yang terakhir adalah Endurance, game action shooter bergaya retro dengan mekanisme roguelike dan dungeon crawler. Pada game ini, pemain pergi ke Endurance, kapal tempat virus menyebar dan menyebabkan banyak orang menjadi gila. Secara teknis, ini adalah prekuel dari Ailment yang juga dikembangkan oleh developer yang sama.

Game ini dilengkapi dengan segudang senjata, banyak scene aksi dan cerita yang cukup menarik. Game dengan dukungan gamepad ini bisa diunduh secara gratis dengan iklan, namun juga menyediakan opsi berbayar untuk menghilangkan itu.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game Android terbaik dengan dukungan gamepad. Untuk pengalaman yang lebih baik, kamu bisa memilih gamepad unggulan seperti Razer Kishi, SteelSeries Stratus Duo dan Xbox Series X Controller.

Baca Juga: 7 Game Open World Terbaik yang Bisa Dimainkan dengan VR

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya