Comscore Tracker

Seram Menantang, Ini 7 Game Zombie Terbaik untuk Dicoba

Rugi kalau sampai belum main!

Zombie merupakan salah satu karakter monster ikonik yang terus menghantui banyak media hiburan dalam bertahun-tahun terakhir, termasuk video game. Baik garapan developer AAA maupun indie, masing-masing punya caranya tersendiri untuk membawa zombie kedalam game mereka.

Meski terkadang satu dengan yang lainnya terasa sama, namun tiap game selalu punya identitas tersendiri untuk menghadirkan zombie sebagai makhluk yang menyeramkan namun di sisi lain, juga menantang. Berikut 7 rekomendasikan game zombie terbaik untuk dimainkan.

1. Dying Light 2

https://www.youtube.com/embed/UwJAAy7tPhE

Setelah waktu pengembangan yang memakan waktu hingga enam tahun, Techland akhirnya merilis sekuel dari salah satu game zombie terbaik mereka – Dying Light. Masih sama seperti pendahulunya, Dying Light 2 berlatar di kota penuh zombie bernama Harran, namun kini latar waktunya maju 20 tahun kemudian.

Pada Dying Light 2, pemain punya misi untuk membuat kota menjadi lebih stabil lagi dengan cara menyelesaikan perebutan kekuasaan diantara banyak faksi yang tumbuh diatas kota Harran. Bukan tanpa hal baru, Dying Light 2 punya dunia lebih besar dari pendahulunya serta variasi zombie yang beragam, terutama di malam hari.

2. Left 4 Dead 2

https://www.youtube.com/embed/E7zoQKaMX5o

Dikembangkan dan dirilis oleh Valve, Left 4 Dead 2 dianggap sebagai salah satu game terbaik pada masanya dan hingga kini, terutama untuk sebuah game yang terus menghajar pemain dengan segerombolan zombie tanpa henti. Bagi yang mungkin ketinggalan, Left 4 Dead 2 mengajak pemain dengan tiga teman mereka (atau bot) untuk menyelesaikan serangkaian misi di sejumlah lokasi yang terinfeksi di Amerika Serikat.

Dengan segudang senjata untuk dipilih mulai dari senjata api hingga melee dan juga beberapa musuh zombie “spesial”, Left 4 Dead 2 jadi game yang setidaknya wajib dicoba sekali seumur hidup.

3. Back 4 Blood

https://www.youtube.com/embed/8fpkwFpPyjA

Dengan Left 4 Dead 3 yang punya kemungkinan kecil untuk dirilis, penggemar seri Left 4 Dead bisa mengobati harapan itu dengan memainkan Back 4 Blood garapan Turtle Rock Studios. Game yang satu ini konsep yang sama dengan seri Left 4 Dead dan dikembangkan oleh tim pengembang yang sebelumnya juga membuat seri Left 4 Dead itu sendiri.

Back 4 Blood menempatkan empat pemain untuk saling bekerja sama melawan segerombolan zombie “biasa” tanpa henti, di samping zombie-zombie “berbeda” yang lebih mematikan dan sulit dibunuh. Bagi yang ingin Left 4 Dead namun lebih modern, wajib memainkan game yang satu ini.

Baca Juga: Gameplay Mulus, 7 Game PS5 Ini Bisa Berjalan di 4K 60fps

4. State of Decay 2

https://www.youtube.com/embed/fhj5phhsqC0

Terlepas dari fakta bahwa perilisan awalnya mengalami cukup banyak masalah, Undead Labs selaku developer melakukan tugas yang luar biasa untuk menyempurnakan State of Decay 2 sejak merilisnya pada 2018 silam. Setelah peningkatan visual dan mekanik gameplay besar-besaran, State of Decay 2 kini jadi game yang sesuai dengan ekspektasi pemain di awal.

State of Decay 2 sendiri mengusung konsep open-world di mana ada segudang aktivitas yang dapat menyibukkan pemain mulai dari membangun markas, mengelola kebutuhan komunitas, menyelamatkan para penyintas dan menghabisi segudang zombie.

5. Days Gone

https://www.youtube.com/embed/FKtaOY9lMvM

Dikembangkan oleh Bend Studio, Days Gone berlatar di sebuah wilayah di kawasan Oregon, dua tahun setelah pandemi yang mengubah sebagian besar populasi menjadi zombie kejam yang dikenal sebagai Freakers. Pada game ini, pemain berperan seperti Deacon St. John dalam misi untuk mencari istrinya.

Untuk mengeksplorasi dunianya yang cukup luas, pemain diberi kendaraan berupa sepeda motor sehingga proses menjelajah dari satu lokasi ke lokasi lain tidak memakan waktu yang lama dan membosankan. Zombie pada game ini juga mengerikan karena selalu menyerang beramai-ramai. Karenanya, game ini cocok untuk yang suka tantangan.

6. World War Z

https://www.youtube.com/embed/YZ3Dx4tfirE

World War Z berkisah mengenai serangkaian cerita dari berbagai karakter berbeda di seluruh penjuru dunia mengenai bagaimana masing-masing dari mereka bertahan hidup dari “kiamat zombie”. World War Z punya pendekatan co-op yang sama seperti seri Left 4 Dead, namun dengan zombie yang lebih bergerak cepat dan ganas seperti yang ada di adaptasi filmnya.

Pada game ini, pemain dibekali dengan opsi kustomisasi yang luas tidak hanya untuk karakter saja, namun juga senjata. Selain itu, pemain juga bisa melakukan perubahan di bagian statistik untuk membantu cara bertahan hidup terbaik dari tiap karakter yang mereka mainkan.

7. Dead Rising

https://www.youtube.com/embed/YzuTDSnfbeU

Dead Rising jadi salah satu game yang paling banyak dibicarakan ketika pertama kali dirilis pada 2006 silam. Game garapan Capcom ini mengajak pemain untuk menikmati gameplay membantai zombie yang kala itu begitu diidamkan oleh para pemain.

Dead Rising memiliki karakter utama bernama Frank West di mana ia merupakan jurnalis investigasi yang sedang mencari tahu informasi terkait wabah zombie misterius di sebuah kota kecil. Meski berlatar di sebuah kota, sebagian besar waktu pemain akan dihabiskan didalam mal perbelanjaan dengan beragam barang “tidak biasa” yang bisa digunakan untuk menghabisi para zombie.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa game zombie terbaik yang seram tapi menantang untuk dimainkan. Punya saran game zombie lain yang tidak kalah seru?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game RPG Terbaik Gratis untuk iOS, Seru Semua!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya