Comscore Tracker

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video Game

Dibuat untuk menghukum gamer bajakan!

Pembajakan telah menjadi masalah pada industri video game sedari awal. Seiring berjalannya waktu, baik developer maupun publisher telah berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan berbagai tindakan anti-pembajakan. Nah, yang menarik di sini adalah tindakan pencegahan yang dilakukan tidak selalu ‘biasa’.

Beberapa developer berakhir memilih untuk menciptakan teknik anti-pembajakan mereka sendiri, yang apabila dilihat dari eksekusi atau cara kerjanya, bisa disebut ‘cerdas’. Baiklah tanpa perlu basa-basi lebih lama lagi, berikut 7 teknik anti-pembajakan paling cerdas pada video game.

1. Crysis Warhead

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameCrysis Warhead (dok. Steam)

Crysis Warhead merupakan entri lanjutan dari game Crysis pertama, yang menampilkan teknik anti-pembajakan yang terbilang lucu. Game ini memang memiliki versi SecuROM yang secara digital akan mengautentikasi apakah game tersebut asli atau bajakan – namun itu bukan yang membuat Warhead bisa ada di daftar ini.

Pada versi bajakannya, Crytek selaku developer, ‘menghukum’ pemain dengan membuat senjata mereka selalu menembaki ayam di sekitar. Tentu saja, hukuman semacam ini, secara tidak langsung membuat Warhead jadi mustahil untuk ditamatkan.

2. Batman: Arkham Asylum

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameBatman: Arkham Asylum (dok. Steam)

Batman: Arkham Asylum merupakan salah satu game terbaik dari seri Batman: Arkham garapan Rocksteady. Sebagai game open-world, Asylum menghadirkan sistem traversal berbasis ‘meluncur di udara’ yang secara efektif memudahkan pemain untuk berpindah dari satu gedung ke gedung lain.

Menariknya, sistem ini hanya ada di versi game asli atau berbayarnya dan dihapus di versi bajakannya. Jadi, alih-alih dapat ‘ meluncur lalu terbang’, Batman akan langsung jatuh ketika melompat dari atas gedung. Dan sama seperti Crysis Warhead, ini membuat Asylum jadi tidak dapat diselesaikan.

3. Mirror’s Edge

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameMirror’s Edge (dok. Steam)

EA yang dikenal dengan sistem online pada Origin untuk DRM (digital rights management), melangkah sedikit lebih jauh dengan menambahkan ‘fitur’ yang hanya muncul pada versi bajakan dari Mirror’s Edge. Mirror’s Edge sendiri merupakan game yang memanfaatkan parkour untuk berpindah dari titik A ke titik B.

Nah, pada versi bajakannya, alih-alih menjadi lebih cepat, karakter pemain dibuat melambat ketika berlari. Hal ini membuat Mirror’s Edge jadi game yang sangat sulit karena aksi parkour seperti melompat jauh dari atas gedung ke gedung lain berakhir mustahil. 

Baca Juga: Anti-Mainstream, 7 Game Ini Buat Pemain Berperan Sebagai Orang Jahat!

4. Sims 4

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameThe Sims 4 (dok. Steam)

Setiap gamer Sims pasti paham akan ‘penyensoran’ yang terjadi ketika karakter atau avatar pemain sedang melakukan hal atau aktivitas yang bersifat pribadi. Nah, untuk menghukum para pemain yang memainkan Sims 4 versi bajakan, EA dan Maxis selaku developer memutuskan untuk membawa ‘penyensoran’ ini ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Bukannya menghilang, efek sensor yang dihadirkan akan tetap muncul, meski aktivitas pribadi yang dilakukan sudah selesai. Dan perlahan tapi pasti, efek sensor ini akan memenuhi layar dan membuat Sims 4 tidak dapat dimainkan.

5. Serious Sam 3

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameSerious Sam 3 (dok. Steam)

Setiap game dari seri Serious Sam selalu menampilkan pertempuran penuh kekacauan di area yang luas melawan segudang musuh. Seri game dari Croteam ini juga dikenal karena sisipan humornya, yang kemudian juga diterapkan pada ‘jebakan’ untuk versi bajakan game ketiganya – Serious Sam 3.

Pemain yang bermain versi bajakan Serious Sam 3 akan dihukum dengan dihadirkannya Arachnoid – salah satu jenis musuh yang kini, kebal terhadap serangan, punya kecepatan di atas rata-rata dan dapat menyerang dari jarak dekat maupun jarak jauh.

6. Arma II

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameArma 2 (dok. Steam)

Arma II merupakan salah satu game FPS dunia terbuka terbaik. Ini memiliki area pertempuran yang luas, segudang senjata untuk dicoba dan lebih dari seratus kendaraan untuk dikendarai. Tidak hanya itu saja, Bohemian Interactive juga menyematkan paket anti-pembajakan bernama DEGRADE.

Singkatnya, hal tersebut membuat Arma II perlahan-lahan jadi game yang tidak dapat dimainkan. Perubahan pertama adalah akurasi senjata akan memburuk. Kemudian itu akan diikuti dengan layar bergelombang dan terakhir, keseluruhan layar akan dipenuhi dengan logo Arma II.

7. Game Dev Tycoon

7 Teknik Anti-Pembajakan Paling Cerdas pada Video GameGame Dev Tycoon (dok. Steam)

Game Dev Tycoon merupakan game di mana pemain berusaha untuk menjalankan studio pengembangan game yang sukses. Jadi, ketika Greenheart Games selaku developer memutuskan metode anti-pembajakan apa yang akan digunakan, mereka memilih opsi yang penuh ironi.

Pemain yang bermain versi bajakan masih dapat berkembang hingga sukses, namun ketika sudah terlalu sukses, hal buruk akan terjadi. Seorang karyawan akan memberi tahu pemain bahwa game baru mereka sedang dibajak dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan keuangan studio game mereka.

 

Demikian tadi ulasan menarik mengenai teknik anti-pembajakan paling cerdas pada video game. Untuk kamu sendiri, pernah terkena ’hukuman’ salah satu game di atas?

Baca Juga: 7 Developer Game yang Telah "Tutup" dengan Katalog Game Luar Biasa!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya