Comscore Tracker

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyata

Cuma ganti nama dan sedikit detail

Grand Theft Auto V atau yang biasa disingkat GTA V merupakan salah satu game terlaris sepanjang masa yang Rockstar klaim kesuksesannya melampaui harapan mereka. Sama seperti seri-seri GTA sebelumnya, GTA V diisi dengan lokasi yang didasarkan pada tempat yang benar-benar ada di dunia nyata.

Menariknya, sebagian besar di antaranya bahkan memiliki kemiripan sehingga sulit untuk dibedakan mana yang asli dan mana benar. Mulai dari observatorium ikonik hingga gunung terkenal, berikut 7 tempat atau lokasi di GTA V yang juga ada di dunia nyata.

1. Galileo Observatory (Griffith Observatory)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatagta5-mods.com

Para gamer mungkin mengunjungi banyak tempat di GTA V, namun tidak mengetahui bahwa terdapat sebuah observatorium. Observatorium ini merupakan bangunan yang tidak dapat dimasuki pemain, namun di sekitarnya terdapat teleskop yang bisa pemain gunakan untuk melihat kota Los Santos dari atas bukit. Bagi yang belum tahu, observatorium bernama Galileo Observatory ini didasarkan pada Griffith Observatory, yang notabene merupakan salah satu landmark paling populer di Los Angeles, California.

2. Vinewood Sign (Hollywood Sign)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatathegamer.com

Berbeda dengan yang pertama, yang kedua ini bisa hampir pasti dikenali oleh para pemain GTA V dan diketahui didasarkan dari tempat apa. Yap, Vinewood yang bisa terlihat jelas jika berkendara di Vinewood Hills, didasarkan pada Hollywood Sign, yang berlokasi di Hollywood, Los Angeles.

Vinewood Sign sendiri berfungsi sebagai ‘spanduk’ untuk distrik Vinewood, yang merupakan bagian integral dari kota Los Santos. Dalam kehidupan nyata, Hollywood adalah tempat wisata dan salah satu lokasi paling terkenal di Amerika Serikat.

3. Dermaga Del Perro (Dermaga Santa Monica)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatafandom.com

Bagi mereka yang pernah mengunjungi Amerika Serikat, mungkin tidak asing rupa dari dermaga Del Perro di GTA V. Ini merupakan tempat fiksi di GTA V, yang lokasinya terinspirasi dari dermaga Santa Monica.

Sama seperti Galileo Observatory, dermaga Santa Monica juga terletak di California. Menariknya lagi, Rockstar selaku developer, juga menempatkan sebuah wahana rollercoaster di atas dermaga Del Perro, yang lagi-lagi terinspirasi dari wahana rollercoaster serupa yang juga ada di dermaga Santa Monica di dunia nyata.

Baca Juga: 8 Game Paling Kontroversial dalam Sejarah, Menuai Banyak Protes!

4. Pantai Vespucci (Pantai Venice)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatahighsnobiety.com

Tidak hanya bangunan atau landmark populer, tempat geologis seperti pantai juga tak luput di GTA V. Salah satu pantai terbesar di GTA V yaitu pantai Vespucci, terletak sisi barat kota Los Santos dan menjadi tempat di mana para hipsters dan masyarakat umum sering berkumpul.

Pantai ini bukanlah pantai karangan Rockstar, karena didasarkan pada pantai asli yaitu pantai Venice. Tidak jauh berbeda dengan dermaga Del Perro, pantai Vespucci dan pantai Venice juga memiliki kemiripan yang cukup besar.

5. Marlowe Vineyard (Malibu Rocky Oaks Estate Vineyard)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatagta5mod.com

Marlowe Vineyard atau kebun anggur Marlowe bisa ditemukan di bagian utara Los Santos. Ini merupakan lokasi yang berisi beberapa pemandangan paling indah di GTA V.

Tidak ada konfirmasi atau detail resmi dari Rockstar, namun berdasarkan bentuk dan tingkat kesamaan yang tinggi, nampaknya Marlowe Vineyard terinspirasi dari Malibu Rocky Oaks Estate Vineyard. Yang membuatnya semakin meyakinkan adalah keberadaan sebuah rumah di puncak bukit, persis seperti yang ada di Malibu Rocky Oaks Estate Vineyard.

6. Gunung Chiliad (Gunung San Jacinto)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyataredbull.com

Gunung Chiliad merupakan gunung tertinggi di GTA V, sekaligus tempat yang sering dikaitkan dengan teori konspirasi oleh para pemain. Mulai dari keberadaan bigfoot hingga penampakan UFO, ada banyak konspirasi yang menyelimuti gunung Chiliad.

Sama seperti Marlowe Vineyard, tidak ada pernyataan resmi, namun besar kemungkinan jika gunung Chiliad didasarkan pada gunung San Jacinto. Selain itu, ada kemungkinan juga jika gunung Chiliad terinspirasi dari gunung San Antonio atau gunung San Gorgonio.

7. Rancho Towers (Watts Towers)

7 Tempat di Grand Theft Auto V yang Juga Ada di Dunia Nyatawikia.com

Salah satu tempat di GTA V yang kurang dikenal dan didasarkan pada tempat yang ada di dunia nyata adalah Rancho Towers. Ini bisa ditemukan di daerah selatan kota Los Santos dan menurut beberapa sumber, didasarkan pada Watts Towers yang berada di Los Angeles.

Uniknya, baik Rancho Towers maupun Watts Towers, sama-sama hanyalah dekorasi. Watts Towers sendiri dirancang oleh Sabato Rodia. Pada laman discoverlosangeles.com, disebutkan bahwa pada tahun 1921, dengan bantuan saudara laki-lakinya, Rodia membeli tanah berbentuk segitiga di jalan 1765 E. 107th Street.

Itulah tadi sedikit info menarik mengenai lokasi atau tempat di GTA V yang juga ada di dunia nyata. Bagaimana dengan kamu, baru tahu sekarang atau sudah mengetahuinya dari dulu?

Baca Juga: Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You