Comscore Tracker

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!

Nomor 5 paling gila~

Teori konspirasi memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengambil persepsi duniawi dan menenunnya menjadi kisah besar yang penuh dengan hal-hal di luar nalar. Ini menjadi salah satu konsumsi yang menarik bagi banyak orang, yang bahkan beberapa di antaranya rela untuk menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk mencari tahu kebenarannya.

Teori konspirasi juga makin berkembang dan merambah ke banyak medium, termasuk video game. Terdapat beberapa teori konspirasi ‘gila’ yang sempat didengungkan dari video game, yang mana banyak gamer percaya dengan itu. Berikut 7 yang paling mencengangkan di antaranya!

1. EA lakukan pengaturan skor pada Super Bowl untuk promosi Madden NFL 15

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!businesswire.com

Pada tahun 2015, EA melakukan simulasi pada Madden NFL 15, untuk memprediksi skor akhir dari pertandingan Super Bowl XLIX antara England Patriots dan Seattle Seahawks. Prediksi itu berakhir dengan skor 28-24 untuk kemenangan Patriots, yang anehnya benar-benar menjadi skor akhir dari pertandingan sesungguhnya, yang baru dilangsungkan beberapa minggu kemudian.

Prediksi yang ‘keterlaluan tepatnya’ itu langsung melahirkan teori yang mengatakan bahwa EA melakukan pengaturan skor pada Super Bowl demi membuat promosi Madden NFL 15 menjadi lebih epik. Namun tentu, teori itu tidaklah benar.

2. The Bureau: XCOM Declassified adalah bagian dari konspirasi alien di dunia nyata

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!gameliner.com

Tiga tahun lalu, sebelum perilisan XCOM Declassified, teori gila mulai beredar. Teori ini menyebutkan bahwa game third-person shooter dari 2K itu sebenarnya merupakan ‘sepotong’ propaganda, yang diam-diam didanai oleh berbagai pemerintah di dunia.

https://www.youtube.com/embed/3GvfuBXzZh4

Bukan tanpa dasar, teori ini diambil dari fakta bahwa 2K mempekerjakan Nick Pope yang notabene merupakan mantan kepala divisi UFO untuk Kementrian Pertahanan Inggris. Tak sampai situ saja, teori ini terus berlanjut setelah perilisan XCOM Declassified, di mana pemerintah AS diketahui membeberkan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan Area 51.

https://www.youtube.com/embed/5TOwvDzONy4

3. Game Berzerk dikutuk oleh iblis

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!bagogames.com

Berzerk merupakan salah satu game arcade andalan pada masanya, yang sayangnya harus berakhir miris pasca kematian dua pemain terbaiknya. Pada tahun 1981, Jeff Daily masuk ke dalam daftar sepuluh besar pemain terbaik Berzerk dengan catatan skor 16,600 poin.

https://www.youtube.com/embed/RRutFCLnr24

Beberapa saat kemudian, ia meninggal karena serangan jantung. Setahun setelahnya, Peter Burkowski berhasil memecahkan daftar sepuluh besar Berzerk, sebelum akhirnya mati karena penyebab yang sama. Alhasil, teori mulai bermunculan dengan pendapat bahwa Berzerk dikutuk oleh iblis, dengan siapapun yang mencatatkan skor berisi angka ‘666’ akan mengalami nasib buruk.

https://www.youtube.com/embed/iFr-fdML15E

Baca Juga: 5 Hal yang Dianggap Teori Konspirasi Ini Ternyata Betulan Terjadi

4. Saddam Hussein menggunakan PS2 untuk menciptakan senjata pemusnah massal

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!pressatojump.com

Berdasarkan laporan (yang sekarang telah dihapus) yang diterbitkan oleh World Daily Net pada tahun 2000, Saddam Hussein disebutkan mengimpor lebih dari 4,000 Playstation 2 selama masa pemerintahannya, dengan tujuan untuk menggunakan komponennya untuk menciptakan senjata pemusnah massal.

https://www.youtube.com/embed/7VMLKqerUrc

Menurut laporan yang sama, penggabungan dari ribuan konsol PS2 itu dapat digunakan untuk mengalkulasi data balistik dan menghasilkan hingga 75 juta polygon – untuk 3D modeling dan pembuatan aplikasi militer. Ini terdengar dapat diterima dan memiliki landasan, namun tentu ini hanyalah teori khayalan semata.

5. Animal Crossing adalah game simulasi penculikan anak

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!redbull.com

Melalui fakta bahwa dunia yang diusungnya hanya berisi anak-anak dan hewan ramah nan menggemaskan, Animal Crossing disebut-sebut merupakan penggambaran ‘indah’ dari simulasi penculikan anak. Bukan tanpa alasan, konspirasi mencengangkan didasarkan pada fakta bahwa di awal permainan, hewan yang pertama kali menemui pemain adalah kura-kura bernama Kapp’n.

https://www.youtube.com/embed/vCSLXQ6hJds

Ini terdengar biasa saja, sampai akhirnya diketahui bahwa Kapp’n sebenarnya didasarkan pada cerita rakyat Jepang mengenai Kappa – monster kura-kura menyeramkan yang dikenal gemar menculik anak-anak. Cukup gila, bukan?

6. Semua game FPS adalah simulasi pembunuhan yang disponsori oleh pemerintah

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!rockpapershotgun.com

Agak berbeda dengan poin sebelumnya, ini bisa dikatakan didasarkan pada kenyataan atau semacamnya. America’s Army merupakan game FPS pertama yang secara langsung didanai dan dikembangkan oleh tentara AS yang berfungsi sebagai salah satu alat untuk perekrutan pasukan.

https://www.youtube.com/embed/NFc36ysBZ0A

Banyak yang berpendapat bahwa itu merupakan salah satu bentuk propaganda terselubung. Tak sampai situ saja, beberapa orang juga mengklaim bahwa semua game FPS, secara subliminal melatih para pemainnya untuk menjadi ‘senjata’ yang efisien, seandainya suatu hari nanti pemerintah membutuhkan pasukan militer secara tiba-tiba.

7. Kartrid misterius Majora Mask

7 Teori Konspirasi Mencengangkan yang Dipercaya Gamer dari Video Game!reddit.com

Merasa bosan dengan koleksi game Nintendo 64-nya, seorang pria bernama Alex Hall memutuskan untuk menghadiri acara obral game dan menemukan kartrid Majora Mask yang rusak, namun masih berfungsi. Setelah mencobanya, Hall menemukan save file bernama ‘BEN’ yang misterius.

https://www.youtube.com/embed/uWOnvuHI31U

Ia memutuskan untuk menyelidiki save file tersebut, namun yang terjadi adalah ia mendapati permainannya kacau dengan audio yang rusak dan gangguan visual yang aneh. Ketika Hall berusaha untuk menghapusnya, yang terjadi justru sebaliknya. Di samping ‘BEN’, tiba-tiba muncul save file lain bernama ‘DROWNED’.

Itulah tadi beberapa teori konspirasi yang banyak gamer percayai dari video game. Perlu dicatat bahwa ulasan di atas hanyalah sekadar teori. Tidak dapat disimpulkan sebagai sebuah fakta, yang mungkin hanyalah karangan fiktif belaka.

Baca Juga: 5 Teori Konspirasi Paling Terkenal Dibalik Video Game Favorit Gamer

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You