Comscore Tracker

Mengerikan, 6 Game Terbaik Bertema Dystopia Ini Wajib Kamu Coba

Gameplay dan jalan ceritanya seru banget lho!

Pada zaman sekarang, game menjadi salah satu media hiburan yang paling banyak diminati. Dengan perkembangan game yang semakin meningkat dari tahun ketahuan, membuat para gamer selalu mencoba game dengan berbagai tema. Salah satu game yang wajib dicoba bagi kalian para gamer adalah game bertema dystopia.

Jika kalian belum paham dengan tema ini, dystopia merupakan sebuah konsep yang menggambar masa depan yang mengerikan atau lebih buruk dari masa sekarang. Dengan tampilan gameplay dan jalan cerita yang menarik, pastikan kalian tidak melewatkan tema game yang satu ini. Penasaran game apa saja yang bertema dystopia? Berikut daftarnya.

1. Half-Life 2

https://www.youtube.com/embed/GUw33CwqE_I

Half Life 2 merupakan game dystopia yang tidak hanya menyajikan peperangan, kekacauan sosial dan sebagainya namun lebih mengerikan.Dalam game ini kalian akan dibawa ke dalam dunia yang telah dikuasai oleh para alien multidimensi bernama Combine.

Alien tersebut melakukan berbagai hal kejam pada manusia seperti melakukan asimilasi biologis manusia dan hewan. Selain itu juga secara sengaja mencegah manusia untuk berkembang biak dengan cara tertentu.

Jika kalian memainkan game ini, kalian akan berperan sebagai seorang pria bernama Gordon. Gordon sendri bergabung dengan gerakan perlawanan dengan tujuan untuk mengambil alih kembali rumah mereka dan mengusir para alien kejam tersebut dari muka bumi.

2. Enslaved Odyssey To The West

https://www.youtube.com/embed/fmR-B4daY2w

Dalam game Enslaved Odyssey To The West kalian akan dibawa ke peradaban manusia yang membusuk dan suasana kota yang hancur akibat perang global. Game racikan Ninja Theory ini sukses menggambarkannya dengan baik.

Game ini diangkat dari kisah legendaris China yang bercerita tentang seorang wanita. Wanita tersebut berusaha bertahan hidup di dunia post-apocalyptic yang sangat mengerikan dengan meminta bantuan kepada seorang pejuang berjuluk Monkey.

Karakter dalam game ini sebagian besar memiliki kesamaan dengan cerita aslinya. Hanya saja desain karakter yang ditampilkan mengikuti dunia dystopia. Game Enslaved Odyssey To The West ini dirilis pada tahun 2010 pada konsol PS3, Xbox 360 dan juga PC.

3. Phantasy Star II

https://www.youtube.com/embed/DH0_EMr188A

Phantasy Star 2 adalah game yang bergenre PRG yang menawarkan konsep dystopia. Dalam game ini kalian akan menggerakkan sebuah kelompok untuk bertualang di planet Motavia yang sedang berada di ambang kehancuran. Hal itu terjadi karena kembalinya Dark Falz dan sistem komputer bernama Mother Brain yang dimanipulasi oleh seseorang yang sangat jahat demi keuntungannya sendiri.

Berbagai kejadian mengerikan pun mulai terjadi setelah kejadian tersebut. Mulai dari meningkatnya jumlah monster hingga ledakan yang menenggelamkan wilayah di planet tersebut. Selain itu, terjadi tabrakan satelit yang mengarah ke rencana Mother Brain untuk menghancurkan sistem bintang Algol, tempat di mana planet Motavia mengorbit.

Baca Juga: 8 Game dengan Grafis Tinggi, Bisa Bikin Komputer Spek Rendah Meleduk

4. BioShock

https://www.youtube.com/embed/T3uxNuHgrxA

BioShock merupakan salah satu game yang juga menawarkan unsur dystopia. Dalam game ini kalian akan dibawa ke dalam sebuah kota bawah air bernama Rapture. Di dalam kota tersebut, kalian akan bertemu dengan komunitas masyarakat maniak atau Splicer.

Di mana mental mereka sudah tidak waras dan senang sekali membunuh manusia-manusia lainnya yang masih waras. Dalam game ini kalian berperan sebagai karakter pendatang yang masih waras. Sehingga kalian harus bertahan hidup dengan menggunakan berbagai senjata dan cara apa pun.

5. Fire Emblem Awakening

https://www.youtube.com/embed/5tWgd6sKC_k

Sebagai salah satu sei dari Fire Emblem, Fire Emblem Awakening masih bercerita tentang dunia dystopia. Game ini menyajikan peristiwa di mana manusia berperang satu sama lain karena alasan tertentu.

Dipicu dari pertempuran masa lalu, yaitu antara kelompok Shepherd yang mewakili Ylisse melawan para bandit Plegia. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh Shepherd, membawa perdamaian ke dunia pun menjadi sia-sia setelah kaisar Walhart dari Valm melakukan invasi ke Ylisse.

Sehingga terjadi peperangan yang melibatkan pencuri, ahli sihir, para kesatria dan sebagainya. Hal tersebut demi memperebutkan kekuasaan dan sebuah sebuah benda yang disebut Fire Emblem.

6. Metro 2033

https://www.youtube.com/embed/Xc2hhef-Nzo

Metro 2033 menjadi salah satu game dengan dunia dystopia yang super mengerikan. Game ini bergenre FPS yang dikembangkan oleh 4A Games dan dirilis untuk berbagai platform seperti konsol dan PC. Metro 2033 ini berlatar di sebuah terowongan di kota Moscow, yaitu tempat persembunyian bagi orang-orang yang berhasil selamat dari perang nuklir.

Kegelapan, keputusasaan dan perasaan bahwa karakter kalian sedang diburu oleh makhluk mengerikan memicu adrenalin kalian selama bermain game ini. Bagi kalian yang memiliki klaustrofobia atau fobia terhadap tempat sempit, sebaiknya tidak bermain game ini.

Game bertema dystopia ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalian para gamer. Dari 6 game dystopia tersebut, mana yang sudah kalian coba? Pastikan kalian harus mencoba semuanya ya.

Baca Juga: 5 Game Kontroversial yang Sempat Membuat Heboh, Kamu Pernah Main?

Aswar Riki Photo Community Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You