Comscore Tracker

5 Game Karya Shigeru Miyamoto yang Bisa Bangkitkan Nostalgia

Masih digandrungi hingga saat ini

Game pada masa lalu tidak perlu menampilkan grafik bombastis dengan visual realistis untuk jadi yang terbaik. Cukup sajikan plot cerita menawan dan kualitas gameplay yang mengasyikkan, itu sudah cukup untuk mengangkat sebuah judul game di mata para gamer. Berangkat dari sana, deretan game sederhana mampu tampil apik pada zamannya.

Salah satu perancang dan pencipta karya di dunia gaming adalah Shigeru Miyamoto. Namanya sudah menjadi legenda sejak era 1980-an karena mampu menciptakan beberapa judul apik untuk semua konsol buatan Nintendo.

So, sebagai gamer, gak ada salahnya kamu bernostalgia dengan beberapa judul game karya Shigeru Miyamoto yang masih mengasyikkan untuk dimainkan ini. Yuk, disimak!

1. The Legend of Zelda

https://www.youtube.com/embed/uyMKWJ5e1kg

Apa kamu pernah memainkan The Legend of Zelda bagian pertama? Jujur saja, penulis pernah memainkannya dan game ini sempat menghiasi masa kecil penulis dengan RPG berkualitas dari Nintendo. Game ini sebetulnya dirilis pada 1986, tapi baru dimainkan di luar Jepang pada 1 atau 2 tahun setelahnya.

The Legend of Zelda juga menjadi salah satu serial RPG terbaik yang pernah ada. Kualitas jalan cerita dan gameplay adaptif adalah kunci sukses Nintendo dalam memasarkan game yang didesain oleh Shigeru Miyamoto ini. Oh, ya, jangan bandingkan gaya visual Link dalam game ini dengan serial terbarunya. Pastinya, ada perbedaan sangat jauh.

2. Super Mario Bros.

https://www.youtube.com/embed/dhrLoM6UqGI

Tak ada yang menyangka kalau petualangan Mario akan menjadi salah satu waralaba termahal di dunia saat ini. Game Super Mario Bros. mengawali debutnya pada 1985 melalui petualangan epiknya pada mesin Nintendo 8 bit (NES). Plot cerita dan grafiknya kala itu tentu masih sangat sederhana.

Akan tetapi, Super Mario Bros. punya sesuatu yang gak bisa dikalahkan oleh game sejenis, yakni mekanisme gameplay atraktif sekaligus adaptif. Mekanisme permainan ini mudah disukai oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Saat ini, entah sudah berapa banyak game Super Mario Bros. yang dirilis ke pasaran.

Baca Juga: 8 Video Game Terbaik dengan Latar Perang Dunia II, Berasa Ikut Betulan

3. Donkey Kong

https://www.youtube.com/embed/qnf_XIZiNlQ

Karya Shigeru Miyamoto yang satu ini sangat terkenal dan sering dirilis di konsol Nintendo (NES) dan Super Nintendo (SNES). Donkey Kong sendiri merupakan permainan arcade yang sudah hadir sejak awal 1980-an. Dalam beberapa judulnya, game ini juga dikaitkan dengan kehadiran sosok Mario yang sebetulnya tidak memiliki korelasi penuh di dalamnya.

Sama seperti waralaba besar lainnya, Donkey Kong juga dibuat dalam banyak seri dan judul game. Dua judul terbarunya, Donkey Kong: Tropical Freeze dan Mario Vs. Donkey Kong: Tipping Stars, sudah dirilis beberapa tahun lalu untuk Nintendo Wii U, Nintendo Switch, dan Nintendo 3DS.

4. Wii Sports

https://www.youtube.com/embed/zqaPFAZS1K8

Apa kamu pernah memainkan Wii Sports pada 2006 lalu? Ya, harus diakui bahwa Shigeru Miyamoto cukup genius dalam merancang game olahraga yang bisa digabungkan dengan interaksi pemain secara langsung. Bahkan, game yang dirilis untuk konsol Nintendo Wii ini juga menyabet penghargaan British Academy Games Award untuk multiplayer.

Berbagai macam jenis olahraga sudah dimasukkan ke dalam game ini, seperti tenis, bulu tangkis, golf, boling, bisbol, dan sebagainya. Nah, apa yang menjadi keunggulan dari karya yang satu ini tentu bukan grafiknya, melainkan mekanisme gameplay seru yang melibatkan pemain secara langsung menggunakan pengontrol khusus.

5. Nintendogs

https://www.youtube.com/embed/xUBSCyFoWTw

Nintendogs adalah salah satu hasil karya yang diciptakan melalui proyek garapan Shigeru Miyamoto sejak ia dipercaya untuk mengembangkan banyak game besar di Wii U, Nintendo 3DS, dan Nintendo Switch. Nintendogs adalah salah satu simulasi dengan basis penggemar yang cukup banyak karena game ini bisa dimainkan siapa saja.

Pada 2006, Nintendogs juga mendapatkan penghargaan dari People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) sebagai game terbaik bertema hewan peliharaan. Sekuel berikutnya yang berjudul Nintendogs + Cats juga mendapatkan skor dan penilaian positif dari gamer di seluruh dunia.

Shigeru Miyamoto memang sudah menjadi salah satu tokoh penting di balik kesuksesan Nintendo dalam merilis banyak game besar yang bersahabat. Karya-karyanya seolah tak pudar oleh zaman meskipun berada di tengah gempuran banyak game Barat dengan grafik yang jauh lebih memesona.

Baca Juga: 7 Video Game Paling Tua dalam Sejarah Video Game

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya