Comscore Tracker

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan Luas

Selain detail grafik, ada hal lain yang wajib diperhatikan

Tidak mudah bagi developer untuk membuat sebuah game open world berkualitas. Salah satu tantangan terbesarnya adalah kualitas map atau peta yang bakal dihadirkan dalam game sebagai elemen utama. Salah dalam membuat dan mengaplikasikan map, itu akan menjadi bencana karena bisa merusak keseluruhan karya yang sudah dibuat.

Membuat map atau peta yang berkualitas belum tentu melibatkan luas wilayah yang masif. Artinya, besar atau luasnya open world tidaklah menentukan sebagus apa game tersebut bisa dimainkan. Selain detail grafik, map yang bagus harus memiliki alur keharmonisan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Percuma saja map besar kalau interaksi di dalamnya membosankan.

Nah, ada begitu banyak game open world yang dirilis untuk PC dan konsol. Sayangnya, tidak semua karya tersebut memiliki kualitas bagus jika dikaitkan dengan map atau petanya. Well, di bawah ini ada rekomendasi game open world dengan map terbaik. Penasaran, kan? Yuk, disimak!

1. Forza Horizon 5

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasForza Horizon 5 dijejali dengan berbagai detail map kelas atas. (dok. Playground Games/Forza Horizon 5)

Apakah map dalam Forza Horizon 5 sangat luas? Tidak juga, ia hanya berukuran 50 persen lebih besar ketimbang Forza Horizon 4. Lalu, apa map dalam game ini sesuai gambaran di dunia nyata dengan akurasi sempurna? Sayangnya tidak. Lantas, apa yang membuat map dalam Forza Horizon 5 bisa masuk ke dalam daftar kali ini? Jawabannya justru berkaitan dengan balapan itu sendiri.

Jika mengikuti serial Forza Horizon sejak awal, kamu akan tahu kenapa Forza Horizon 5 masih menjadi salah satu game balap liar terbaik saat ini. Ya, selain detail grafik yang luar biasa, map dalam game ini juga memiliki mekanisme interaktif yang sangat mendukung segala aksi balapan liar yang ada.

Bahkan, hebatnya lagi, Playground Games selaku pengembang bisa membuat sebuah map yang terbagi ke dalam belasan ekosistem berbeda. Gurun pasir, hutan tropis, kota, perbukitan, pantai, ngarai, dan sebagainya, semua bisa digunakan untuk lintasan balap yang tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing.

2. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasMap dalam game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain menjadi salah satu yang terbaik. (dok. Kojima Productions/Metal Gear Solid V: The Phantom Pain)

Kojima Productions telah berhasil membuat sebuah game dengan basis penggemar kuat, macam Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang dirilis pada 2015 lalu. Di mata penulis, game ini memiliki gambaran kuat mengenai aksi stealth di tengah dunia terbuka yang tentu juga memiliki kualitas map jempolan.

Selain detail dan karakter dari map yang luar biasa, Hideo Kojima juga berhasil menghadirkan wilayah yang cukup luas. Menurut laman Game Rank, game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memiliki peta seluas 6,18 mil persegi atau sekitar 16 kilometer persegi. Memang, wilayah ini jauh di bawah map-map lainnya, seperti Grand Theft Auto V. Namun, detail yang solid dari Kojima mampu membawanya ke level berbeda.

3. Assassin's Creed Valhalla

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasMap dalam game Assassin's Creed Valhalla terlihat memanjakan mata. (dok. Ubisoft Montreal/Assassin's Creed Valhalla)

Jelas bahwa Ubisoft Montreal tak mau setengah-setengah dalam membuat dan mengembangkan Assassin's Creed Valhalla. Meskipun bukan menjadi serial Assassin's Creed terbaik di mata penulis, harus diakui bahwa pengalaman kita dalam menjelajahi tiap wilayah di dalamnya bisa begitu hidup dan memesona.

Game yang dirilis pada 2020 untuk Microsoft Windows (PC), PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X ini juga memiliki detail grafik kelas atas. Ukuran peta atau map dalam game ini pun termasuk luas, yakni sekitar 90 kilometer persegi. Ubisoft dapat membuat segala interaksi dalam map Assassin's Creed Valhalla terasa begitu intens dan solid.

4. The Elder Scrolls V: Skyrim

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasThe Elder Scrolls V: Skyrim masih layak disebut sebagai salah satu game dengan map terbaik. (dok. Bethesda Game Studios/The Elder Scrolls V: Skyrim)

Sebagai game lama, The Elder Scrolls V: Skyrim masih dapat dikatakan bagus untuk dimainkan saat ini. Ada banyak mod dan patch yang bisa didapatkan di internet untuk membuat game garapan Bethesda Game Studios ini menjadi lebih bagus, kompleks, dan makin kekinian.

Namun, ketika penulis memainkannya dulu, ada satu hal dalam game ini yang mampu jadi pemikat utama. Yup, ia adalah kualitas map atau peta. Dunia fantasi yang indah, detail tingkat tinggi, mekanisme alam yang interaktif, dan harmonisasi antarwilayah, semuanya dapat terkoneksi secara intens dan kuat. Itu sebabnya, pada masanya, gamer gak akan pernah bosan jika memainkan RPG ini meski berjam-jam menatap layar monitor.

Baca Juga: 5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob Lagi

5. Horizon Forbidden West

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasHorizon Forbidden West memiliki peta yang tak begitu luas, tapi indah dengan detail tinggi. (dok. Guerrilla Games/Horizon Forbidden West)

Sebagai salah satu game terbaik di mata penulis, Horizon Forbidden West jelas memiliki banyak kelebihan yang dapat kita eksplorasi. Nah, salah satunya adalah kualitas map yang hanya memiliki luas sekitar 24 kilometer persegi. Memainkan game ini di konsol PS5 akan membawa gamer pada petualangan megah dan epik di tengah dunia terbuka yang harmonis.

Map atau peta yang dihadirkan memiliki visualisasi dan detail grafik yang luar biasa bagus. Apalagi, dunia dalam game ini juga sangat interaktif dan bisa berubah sesuai dengan kondisi yang tengah terjadi. Guerrilla Games selaku pengembang dinilai berhasil membuat dan menampilkan berbagai elemen penting untuk menjadikan kualitas map dalam game ini mampu berada di level kelas atas.

6. Red Dead Redemption 2

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasPemandangan dari map game Red Dead Redemption 2 terbilang detail dan realistis. (dok. Rockstar Games/Red Dead Redemption 2)

Red Dead Redemption 2 dari Rockstar juga menjadi game dengan map atau peta terbaik. Apa yang membuatnya makin klimaks adalah begitu kuatnya keterikatan antara dunia open world dengan segala narasi yang dihadirkan. Itu artinya, interaksi dalam dunia game ini sudah begitu hidup dan enak untuk diikuti.

Kalau untuk urusan detail grafik, itu tak perlu ditanya lagi. Buktinya, untuk menjalankan Red Dead Redemption 2 dengan lancar, spesifikasi PC yang disyaratkan oleh developer termasuk tinggi. Map yang ada dibuat berdasarkan inspirasi wilayah di Amerika Serikat, mulai dari wilayah perkotaan, pegunungan bersalju, hutan belantara, dan perbukitan hijau yang memanjakan mata.

7. Grand Theft Auto V

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasTampilan kota dalam map Grand Theft Auto V terlihat besar dan kompleks. (dok. Rockstar GamesGrand Theft Auto V)

Dilansir Screen Rant, Kota Los Santos yang menjadi latar Grand Theft Auto V memiliki luas sekitar 80 kilometer persegi. Namun, bukan hanya itu saja yang menjadikan game ini dinilai sebagai salah satu open world terbaik. Rockstar Games sebagai pengembang dianggap sudah berhasil dalam membuat map dan detail kota yang realistis.

Meskipun sudah dirilis sejak 2013 lalu, game ini masih memiliki kualitas map apik berkat intensitas dari interaksi semua elemen di dalamnya. Memang, kamu tidak bisa serta-merta masuk begitu saja di semua bangunan yang ada. Namun, berbagai sudut kota, bahkan bangunan yang terlihat dari jauh, itu semua bisa didatangi dan dijelajahi tanpa batas.

8. The Witcher 3: Wild Hunt

8 Game Open World dengan Map Terbaik, Belum Tentu Besar dan LuasThe Witcher 3: Wild Hunt merupakan RPG terbaik dengan kualitas map jempolan. (dok. CD Projekt Red/The Witcher 3: Wild Hunt)

Kita sampai pada RPG dan game open world terbaik, yakni The Witcher 3: Wild Hunt. Ya, game garapan CD Projekt Red ini mampu menghadirkan map atau peta yang begitu intens, solid, dinamis, dan tentunya membawa tingkat detail grafik yang memanjakan mata. Satu lagi, developer juga berhasil memasukkan pencahayaan yang akurat jika dikaitkan dengan sinar Matahari pagi, siang, dan sore hari.

Ukuran map dalam game The Witcher 3: Wild Hunt juga cukup luas, yakni pada angka 142 kilometer persegi. Namun, jelas ukuran ini masih tergolong kecil karena ada banyak game open world lainnya yang memiliki peta jauh lebih luas. Well, untungnya, RPG rilisan 2015 ini memiliki segudang keunggulan jika dikaitkan dengan kualitasnya, baik itu map, ekosistem, NPC, gameplay, dan tentu narasi cerita yang begitu kuat.

So, itu tadi deretan judul game open world dengan kualitas map terbaik yang dapat kamu mainkan. Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal, ternyata tidak dibutuhkan map atau peta yang sangat luas, bukan?

Baca Juga: 5 Hal Teknis Terlarang ketika Bermain Game PC, Gamer Wajib Simak!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya