Comscore Tracker

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman Dulu

Tiap karakter setia menemani masa kecil sebagian orang

Nintendo adalah perusahaan teknologi yang sudah menciptakan berbagai macam mesin gaming beserta karakter-karakter ikonik mereka. Dalam laman resminya, sejarah Nintendo sudah mulai dibangun sejak 1889, pada saat Fusajiro Yamauchi mendirikan Hanafuda, sebuah mekanisme permainan kartu remi Jepang.

Lalu, pada 1933, Yamauchi membesarkan perusahaan yang ia beri nama Yamauchi Nintendo & Co. Pendiri Nintendo tersebut juga menjadi orang Jepang pertama yang mengenalkan permainan kartu remi di Jepang. Well, kini Nintendo sudah menjadi salah satu perusahaan gaming raksasa yang bersaing dengan Sony dan Microsoft.

Nah, dalam sejarah populer Nintendo, ada sederet karakter buatan mereka yang dianggap ikonik dan melegenda. Jika masa kecil kalian sering memainkan game digital, tentunya kelima karakter di bawah ini bakal mengajak kalian untuk bernostalgia. 

Siapa saja karakternya? Yuk, simak lewat ulasan berikut ini!

1. Donkey Kong

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman DuluDonkey Kong merupakan karakter yang dibuat Nintendo pada awal 1980-an. (nintendo.com/Donkey Kong Country)

Donkey Kong mungkin belum menjadi karakter yang begitu digandrungi dalam dunia konsol modern atau PC. Namun, sejak 1981, karakter unik ini sudah menjadi salah satu sosok ikonik Nintendo yang bisa menghibur gamer di seluruh dunia. Yup, ia pertama kali hadir dalam game berjudul Donkey Kong yang dapat dijumpai di berbagai mesin arcade dan konsol NES 8 bit.

Saat itu, Donkey Kong diposisikan sebagai karakter antagonis yang menculik Putri Pauline. Nah, kalian sebagai Mario pun harus menyelamatkan sang putri dengan melewati berbagai macam rintangan yang ada. Uniknya lagi, Donkey Kong dikenal sebagai game bergulir pertama yang dirilis untuk konsol gaming.

2. Samus Aran

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman DuluSamus Aran dalam game Metroid Dread juga termasuk karakter legendaris dari Nintendo. (nintendo.co.uk/Metroid Dread)

Karakter ikonik dari Nintendo berikutnya adalah Samus Aran. Mungkin namanya memang tidak setenar Mario atau Link. Namun, ia tetap saja menjadi salah satu tokoh fiksi yang memiliki banyak penggemar. Game pertama yang melibatkan Samus Aran adalah Metroid yang dirilis Nintendo pada 1986.

Samus Aran sendiri merupakan karakter jagoan perempuan pertama di dunia game digital. Dengan kata lain, Samus Aran menjadi salah satu karakter ikonik yang menginspirasi banyak developer untuk membuat karakter jagoan perempuan. Sekadar informasi, di zaman dulu, karakter jagoan dalam game digital selalu identik dengan sosok laki-laki perkasa yang tak terkalahkan.

Baca Juga: 7 Karakter Terkenal Nintendo Ini Alami Perombakan Desain

3. Pikachu

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman DuluPikachu dalam Pokemon sudah dikenal di Jepang sejak 1980-an. (nintendo.com/Detective Pikachu)

Siapa yang tak kenal Pikachu? Bahkan, orang yang bukan gamer pun juga mengenalinya melalui film-film animasi di televisi. Nah, Pikachu merupakan karakter fiktif yang awalnya dibuat oleh Satoshi Tajiri dan Ken Sugimori. Meskipun sudah dibuat dan mulai dikenal pada 1980-an, game Pokemon baru bisa dibuat untuk konsol pada 1990-an.

Pada 1996, Pokemon dan Pikachu makin melejit berkat handheld Gameboy yang saat itu juga mulai booming di Jepang. Game tersebut akhirnya menjadi salah satu game Nintendo yang terjual sebanyak jutaan kopi di seluruh dunia, terutama di pasar Eropa dan Amerika. Oh, ya, nama asli dari game Pokemon adalah Pocket Monster. Buah dari penyingkatan nama ini rupanya membawa keuntungan tersendiri bagi Nintendo.

4. Link

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman DuluLink menjadi sosok sentral dalam seri The Legend of Zelda (zelda.com/The Legend of Zelda: Hyrule Warriors)

Dalam serial The Legend of Zelda, karakter bernama Link tentu sudah sangat lekat dan dikenal baik oleh penggemar. Karakter yang terinspirasi dari Peter Pan ini sudah diperkenalkan oleh Nintendo sejak 1986 pada game berjudul The Legend of Zelda. Premis dan plot yang ada saat itu tentu masih sangat sederhana.

Namun, kisah Link dan Putri Zelda makin berkembang dan dibuat kompleks dari waktu ke waktu. Zaman dulu, Link selalu digambarkan sebagai sosok kidal berbaju hijau. Namun, makin ke sini, Link digambarkan lebih kompleks sebagai karakter ambidextrous (mampu menggunakan kedua tangan sama baiknya) dengan balutan pakaian berwarna biru atau cokelat.

5. Mario

5 Karakter Nintendo Paling Ikonik, Legenda Game Zaman DuluMario sudah menjadi salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah game digital. (nintendo.com/Mario Golf: Super Rush)

Bukan tanpa sebab Mario dan Luigi dijadikan maskot atau karakter paling ikonis milik Nintendo. Yup, Mario sendiri sudah dikenal sejak 1985 melalui game pertamanya yang berjudul Super Mario Bros. Saat itu, untuk setiap pembelian konsol NES, pabrikan akan menyertakan kaset game ini sebagai pengenalan.

Well, cara pemasaran tersebut terbukti efektif dan membuat Mario menjadi karakter milik Nintendo paling ikonis sepanjang masa. Hingga saat ini, sudah sangat banyak game-game Mario yang diterbitkan oleh Nintendo. Bahkan, semua serial game Mario Bros. mampu menjadi permainan dengan penjualan tersukses di dunia.

Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu pernah memainkan sederet game dengan karakter legendaris Nintendo di atas? 

Baca Juga: 7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah Lisensi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya