Comscore Tracker

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!

Kamu sangat beruntung jika pernah memainkannya

Seorang gamer sejati pasti tidak pernah melupakan sejarah. Lho, apa maksudnya? Begini, jika memang betul-betul seorang gamer sejati, tentunya kamu juga pernah memainkan atau setidaknya mendengar judul-judul game legendaris yang pernah jaya pada masa lalu. Faktanya, keberadaan game-game jadul tersebut juga gak bisa lepas dari konsol yang menampungnya.

Mari lupakan sejenak tentang rumitnya banyak game modern saat ini. Pada zaman dulu, ada beberapa konsol legendaris yang sempat membawa banyak judul game keren. Nah, supaya gak lupa, kita nostalgia dengan mereka, yuk!

1. Nintendo Entertainment System (NES)

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!Nintendo Entertainment System (dok. Nintendo/NES)

Nah, ini adalah konsol pertama yang dulu sempat penulis mainkan. Yup, era 1980 hingga 1990 adalah zaman saat NES pernah menjadi legenda dengan banyak game besarnya. Menurut data dari laman Statista, konsol yang dirilis pada 1983 ini sudah terjual sebanyak 61,9 juta unit di seluruh dunia.

Lalu, game apa saja yang pernah berjaya di konsol NES? Well, sejauh yang penulis pernah mainkan, judul-judul macam Mario Bros., The Legend of Zelda, Contra, FINAL FANTASY, Duck Hunt, Mega Man, dan Castlevania III adalah sederet game legendaris yang bahkan beberapa masih diproduksi hingga sekarang.

2. Sega Genesis

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!Sega Genesis (dok. SEGA/Genesis)

Setelah era NES, muncul zaman keemasan Sega dengan konsol legendarisnya bernama Sega Genesis. Di beberapa negara, Sega juga merilis Sega Mega Drive dengan spesifikasi mirip dengan Genesis. Meskipun booming pada zamannya, konsol hitam ini masih belum melampaui kejayaan NES jika dilihat dari jumlah penjualannya.

Dilansir laman IGN, penjualan konsol Sega Genesis hanya menyentuh angka 29 juta unit di seluruh dunia. Meskipun angka ini masih cukup tinggi, tetap saja itu tidak melampaui penjualan NES yang berada di kisaran 60 juta unit. Uniknya, Sega Genesis sempat dijadikan wadah bagi judul besar, seperti Sonic, Golden Axe, Shinobi, Earthworm Jim, Mortal Kombat, dan Ecco the Dolphin.

Baca Juga: [REVIEW] Baldur's Gate: Dark Alliance—RPG Klasik yang Ditunggu-tunggu

3. Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!Super Nintendo Entertainment System (dok. Nintendo/SNES)

Kenapa SNES kala itu dianggap lebih unggul dari Sega Genesis? Ya, perlu diketahui bahwa SNES hadir pada 1990 dan itu berarti berusia 2 tahun lebih muda ketimbang pesaingnya tersebut. Namun, SNES dianggap memiliki beberapa kelebihan, seperti jumlah bit yang lebih tinggi dan game eksklusif yang melegenda. Padahal, faktanya, konsol putih ini juga memiliki kekuatan yang sama dengan Sega Genesis, yakni 16-bit.

Hanya saja, banyak developer game lebih cocok untuk membuat karyanya di SNES ketimbang Sega Genesis. Kala itu, Nintendo membebaskan mereka untuk berkreasi sebanyak dan sebagus mungkin. Itu sebabnya, SNES mampu terjual sebanyak 49 juta unit di seluruh dunia. Ia dianggap sebagai konsol yang mempertahankan judul-judul legendaris yang sebelumnya ada di NES.

4. PlayStation (PS1)

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!PlayStation atau PS1 (dok. Sony/Playstation)

Siapa yang pernah merasakan kejayaan konsol PlayStation pertama atau PS1? Well, penulis ingat bahwa kala itu, memainkan game PS1 bisa menjadi candu, bahkan sampai lupa waktu. Secara umum, PS1 menjadi tonggak sejarah peralihan dari game berbasis cartridge atau kaset ke CD. Teknologinya juga sudah jauh melampaui NES, Sega Genesis, dan SNES.

Sony Interactive Entertainment dalam lamannya mencatat bahwa penjualan konsol PS1 di seluruh dunia mencapai angka 102,4 juta unit dan ini menjadi buah manis Sony kala itu. Gak mengherankan, sih, dengan teknologi lebih mumpuni, ada banyak judul bagus yang diproduksi untuk PS1.

Resident Evil, FINAL FANTASY VII, FINAL FANTASY IX, Dino Crisis, Gran Turismo, Tekken, Chrono Cross, Silent Hill, Spyro, dan Crash Bandicoot adalah sederet game besar yang dulunya selalu menemani hari-hari penulis. Yang jelas, ada banyak gamer menganggap bahwa PS1 sudah menjadi konsol yang sangat patut untuk diapresiasi dan diingat sebagai nostalgia.

5. PlayStation 2 (PS2)

Tampung Banyak Game Keren, Nostalgia dengan 5 Konsol Jadul Ini, yuk!Konsol PS2 (dok. Sony/PlayStation 2)

Nah, kita sampai pada konsol jadul yang dianggap paling berpengaruh di dunia. Konsol PlayStation 2 atau PS2 menjadi konsol paling laris dengan rekor penjualan terbanyak di Bumi. Data di laman Statista menyebut bahwa konsol ini sudah terjual sebanyak 157,68 juta unit di seluruh dunia. Ini adalah rekor bagi Sony dan bagi dunia game digital.

Apa yang menjadikan konsol jadul tersebut dianggap produk tersukses Sony? Di mata penulis, hampir semua game yang ditampilkan dalam konsol PS2 memang jauh lebih bagus ketimbang PS1. Artinya, lompatan kualitas grafik terlihat jauh jika diibaratkan dari era Sega Genesis ke konsol PS1.

Judul-judul Shadow of the Colossus, FINAL FANTASY X, Resident Evil 4, GTA San Andreas, Gran Turismo 4, God of War, Guitar Hero, Virtua Fighter 4, dan Tekken 5 menjadi game berbobot yang saat itu bergrafis sangat apik. Oh, ya, jangan lupakan juga PES atau Pro Evolution Soccer yang sangat digandrungi oleh pencinta sepak bola.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga pernah memainkan game-game di konsol jadul tersebut? Jika ya, selamat, masa kecilmu adalah masa bahagia.

Baca Juga: [REVIEW] Motor Town: Behind The Wheel—Simulasi Berkendara Penuh Warna

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya