Comscore Tracker

5 Misteri Tak Terpecahkan dalam Video Game, Apa Saja?

Kalau dipikir-pikir lagi, memang terasa janggal

Untuk menarik penggemar ke dalam pusaran narasi sebuah judul game, tak jarang developer memasukkan berbagai macam misteri yang sulit dijawab. Bahkan, pemain atau penggemar hanya dibiarkan berspekulasi mengenai hal-hal misterius tersebut. Selain dijadikan plot twist layaknya sebuah film, kadang pengembang sengaja menyuntikkan premis yang mengundang segudang pertanyaan.

So, ada beberapa misteri besar dalam game digital yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Apa saja, ya? Yuk, langsung simak!

1. File yang eror pada game berjudul Killswitch

https://www.youtube.com/embed/UuLRPqEaVW0

Killswitch adalah sebuah game sederhana yang dibuat untuk PC pada 1989. Game ini dibuat dan dirilis oleh Karvina Corporation dengan segudang hal "aneh" di dalamnya. Pertama, narasi dan plot dalam game ini dinilai agak bias dan memuat unsur dark tersembunyi. Kedua, adanya eror atau bug pada file yang sulit diperbaiki. Berikutnya, ada isu mengenai betapa misteriusnya game ini.

Untuk hal pertama dan kedua masih dirasa cukup wajar. Game horor mana, sih, yang gak memasukkan unsur dark dalam setiap narasinya? Selain itu, game digital mana di dunia ini yang bisa terbebas dari eror? Nah, hal paling aneh justru ada pada isu yang menyebutkan bahwa eror dalam game ini membuat gamer hanya bisa memainkannya sekali saja. Setelah tamat, file game akan terhapus otomatis dari PC kita.

Well, entah ini hanya mitos ataukah memang disengaja oleh developer, game ini memang pernah ada pada masanya. Anehnya lagi, developer hanya membuat Killswitch sebanyak 5 ribu kopi dan tentu mereka sudah mendapat cukup keuntungan dari sana. So, mitos ini pun masih menjadi salah satu misteri yang membingungkan bagi gamer di dunia.

2. Ramalan dalam Fallout 3

https://www.youtube.com/embed/iYZpR51XgW0

Dirilis oleh Bethesda Softworks pada 2008, game berjudul Fallout 3 telah menjadi salah satu game terbaik di mata penggemar. Bahkan, Fallout 3 masuk ke dalam daftar RPG terbaik pada tahun tersebut dan ia juga mengantongi beberapa penghargaan lainnya. Nah, selain narasi dan grafik yang tergolong apik pada zamannya, game ini punya beberapa hal unik yang menjadi pembicaraan di forum-forum luar negeri.

Yup, salah satunya adalah ramalan yang konon katanya sudah dilakukan dengan tepat oleh Three Dog, seorang penyiar radio Galaxy News dalam game tersebut. Katanya, sih, ia tidak sengaja mengutarakan sebuah kejadian yang bakal terjadi pada masa depan. Kasus yang terbukti adalah perkataannya tentang bencana tumpahan oli dengan angka 4-20-2010. Dua tahun setelah game ini dirilis, pada 20 April 2010, kebocoran minyak British Petroleum betul-betul terjadi di Teluk Meksiko.

Selain itu, ada beberapa prediksi yang juga dianggap valid dalam Fallout 3. Tunggu dulu, lalu apa pendapat penulis? Bagi penulis, itu mungkin file MOD yang ditambahkan pada 2012 atau 2014. Faktanya, selama penulis memainkannya, Three Dog tidak benar-benar mengucapkan kode-kode tersebut untuk 2010. MOD dalam game PC sudah sangat liar dan ada begitu banyak modifikasi gak masuk akal yang dimasukkan oleh pihak ketiga.

Baca Juga: 10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuan

3. Seorang putri yang mengidap sindrom Stockholm?

https://www.youtube.com/embed/0LbHBMtHUw0

Selain misteri kematian Luigi, sindrom atau kelainan pada Putri Peach juga menjadi misteri yang belum terpecahkan. Oke, penulis sengaja memberikan tanda tanya pada subjudul di atas karena ini masih berupa dugaan. Faktanya, sudah puluhan tahun game Mario Bros. ada, tetapi narasi yang dibangun tetaplah sama, yakni penculikan Putri Peach yang dilakukan oleh antagonis bernama Koopa, Bowser, Bowser Junior, atau siapa pun penjahatnya.

Penulis jadi curiga, apa jangan-jangan Putri Peach sebetulnya memang menyukai dengan penculikan tersebut? Mungkin saja Putri Peach memiliki sindrom Stockholm, yakni sebuah kondisi mental atau psikologis saat korban penculikan membuat ikatan emosional yang sangat kuat dengan penculiknya. Mereka bisa saja merasa menyayangi, bahkan mencintai penculiknya, alih-alih ingin lepas dari penculikan tersebut.

Bayangkan saja, Putri Peach adalah putri dari Kerajaan Jamur yang punya pasukan penjaga. Namun, nyaris setiap perilisan game, plot hanya berkutat pada penculikan putri dan ujung-ujungnya Mariolah yang harus bersusah payah untuk menyelamatkannya. Jika penulis menjadi Mario, mungkin penulis tidak akan mau terus-terusan menyelamatkannya.

4. Misteri hantu Woodcutter's Wife dalam game The Elder Scrolls V: Skyrim

https://www.youtube.com/embed/JSRtYpNRoN0

Di mata penulis, The Elder Scrolls V: Skyrim jelas sudah menjadi salah satu RPG terbaik sepanjang masa. Plot yang kompleks, gameplay intens, dan grafik ciamik pada masanya membuat game garapan Bethesda ini layak dijadikan tolok ukur bagi banyak RPG terbaru. Anehnya, selama memainkannya, penulis tidak pernah menemukan keberadaan karakter Woodcutter's Wife.

Ya, ia merupakan sosok hantu paling dicari dalam game ini. Seharusnya, keberadaan hantu tersebut betul-betul ada di wilayah Falkreath. Buku berjudul The Woodcutter's Wife juga sudah mengonfirmasi keberadaannya. Kendati demikian, sudah berjam-jam penulis mencari hantu tersebut di berbagai pelosok Falkreath, tapi hasilnya nihil.

Uniknya, beberapa gamer menyatakan bahwa mereka sempat mendengar suara hantu yang bergentayangan di dalam hutan Falkreath. Oh, ya, kenapa hantu ini sangat diburu oleh gamer? Itu karena konon katanya, senjata kapak yang digunakan hantu tersebut bisa menjadi senjata terkuat dalam Skyrim. Namun, sepertinya, buku fiksi tersebut memang sengaja dimasukkan oleh developer untuk sekadar bacaan.

5. Apakah Ethan Winters masih hidup?

https://www.youtube.com/embed/QKocYiRHYlI

Resident Evil memang bisa dikatakan terasa mirip telenovela, alih-alih cerita pakem yang menekankan pada sisi horornya. Bagaimana tidak? Keberadaan karakter penting dalam game ini seolah dibuat agak menyimpang dan sedikit dipaksakan, misalnya Albert Wesker yang sulit dibasmi. Setelah tewas pun, ia bahkan diisukan masih hidup dalam alur waktu Resident Evil 5.

Lalu, cerita berkembang sampai Resident Evil 7 dan Resident Evil Village. Nah, kali ini, giliran Ethan Winters yang sanggup merebut hati banyak penggemar. Ya, dengan keberadaannya, kita diingatkan betapa seorang ayah sanggup melakukan apa pun demi keselamatan anaknya. Namun, pertanyaannya, apakah Ethan Winters betul-betul sudah tewas dalam Resident Evil Village?

Jika dilihat dari ledakan dahsyat di akhir Resident Evil Village, rasanya mustahil Ethan selamat dari hal tersebut. Mengingat ia merupakan mold atau orang yang menerima mutasi dari organisme super, sepertinya kemungkinan hidupnya masih ada. Ingat, bahkan ia mampu melakukan regenerasi pada organ-organ tubuhnya. So, keberadaan Ethan Winters masih diperdebatkan hingga kini. Bisa jadi, jangan-jangan ia bakal tampil di Resident Evil 9?

Nah, bagaimana menurutmu? Apa kamu juga pernah memainkan daftar game di atas? Kalau memiliki jawabannya secara gamblang, coba tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] MotoGP 22—Sudah Lebih Baik Dibandingkan Seri Sebelumnya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya