Comscore Tracker

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil Sederhana

Jalankan kisah fantasi di abad pertengahan

Massively multiplayer online role-playing game atau MMORPG mungkin sudah cukup dikenal di kalangan gamer mobile dan PC. Banyak dari mereka yang hadir secara masif dan menawarkan hal-hal megah berkaitan dengan mekanisme permainannya. Kita bisa lihat judul-judul besar, macam World of WarCraft, Final Fantasy XIV, Star Wars: The Old Republic, dan DC Universe Online. Semuanya berjalan dalam skema MMORPG yang cukup megah.

Oke, beberapa judul di atas memang dikhususkan untuk platform Windows (PC) dan konsol. Lalu, bagaimana dengan versi mobile-nya? Tak kalah banyaknya! Tengok saja Genshin Impact, RAID: Shadow Legends, A3: Still Alive, Albion Online, dan Arcane Legends yang menjadi sederet game fenomenal untuk Android dan iOS. Nah, pada 16 November 2021 lalu, Android kembali kedatangan MMORPG baru berjudul Elysium Lost garapan 9SplayDeveloper yang konon punya mekanisme tak kalah menyenangkan.

Bagaimana kesan penulis dalam memainkan Elysium Lost? Inilah beberapa ulasan atau review Elysium Lost yang bisa penulis berikan untuk game ini. Yuk, langsung simak!

1. Kisah legenda keturunan dewa

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil SederhanaKisah fantasi dalam Elysium Lost lekat dengan jalan hidup keturunan dewa. (dok. 9SplayDeveloper/Elysium Lost)

Secara sederhana, game ini sebetulnya memiliki plot dan narasi yang cukup identik dengan MMORPG lainnya. Dalam kisahnya, karaktermu akan menjadi salah satu dari keturunan dewa yang bertugas menjaga keseimbangan dengan cara mencegah dan memerangi kejahatan. Well, apa kamu merasa sangat familier dengan premis tersebut? Ya, penulis sendiri merasa bahwa jalan cerita yang ditawarkan memang tidak luar biasa.

Berada di abad pertengahan atau era kegelapan, gamer akan bermain dalam peperangan dengan skala yang cukup masif. Ditambah lagi, kamu bakal ditemani dengan segudang aksi impresif yang cukup mengasyikkan. Memainkan Elysium Lost di HP rupanya bisa membuat kita terseret dengan konsep yang lekat dengan dunia kelam dan segala pernak-perniknya.

Menghantam dan melawan puluhan hingga ratusan musuh dalam satu adegan sudah barang tentu akan menjadi pengalaman epik yang menyenangkan. Bukan hanya bersaing dengan AI komputer, kamu pun dapat menjalankan game ini secara cross-server. Dunia persaingan akan makin nyata karena kehadiran banyak pemain untuk merebut hadiah yang sama.

Di mata penulis, kisah dan plot macam ini memang tidak bisa dikatakan istimewa. Developer sepertinya memang cukup menekankan nilai jual pada mekanisme permainan yang sebetulnya nyaris identik dengan banyak game sejenis. Namun, premis macam ini sepertinya masih menjadi cerita yang cukup diminati oleh banyak gamer mobile di dunia.

2. Menghabisi gerombolan musuh dengan cara yang mengasyikkan

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil SederhanaPohon skill dan level dalam Elysium Lost. (dok. 9SplayDeveloper/Elysium Lost)

Seperti biasa, kita akan berurusan dengan pemilihan karakter di awal permainan. Ada empat jenis karakter yang bisa dipilih, yakni Dragon Slayer, Sorcerer, Assassin, dan Summoner. Nah, keempat jenis karakter tersebut dibagi lagi ke dalam sublevel yang bakal merepresentasikan gaya permainan kita. Secara umum, semuanya hanya akan bermuara pada beberapa skill utama, yakni elemen alam, seperti api dan es.

Layaknya MMORPG lainnya, melawan dan menghabisi gerombolan musuh di sini bisa dilakukan dengan cara yang mengasyikkan. Yup, rupanya developer hanya memasukkan beberapa unsur atau mekanisme sederhana untuk menjalankannya. Makin mudah tatkala kita menyadari bahwa karakter yang kita mainkan justru terasa sangat kuat dan bahkan terlalu "dewa".

Tentu saja bagian tersulitnya adalah mengumpulkan berbagai item dan hadiah yang membutuhkan banyak perjuangan untuk mendapatkannya. Pasalnya, sistem online macam ini memang akan mengizinkan siapa saja untuk bersaing, bahkan menghabisi kita di dalam game. Bergaya ala koboi yang menunggangi kuda sambil memorakporandakan pasukan musuh juga bisa dilakukan dengan mudah dalam Elysium Lost.

Kenaikan level dan skill cukup ringkas untuk didapatkan. Apalagi, AI dari musuh-musuh kita juga terkesan bodoh dan noob. Namun, sayangnya, beberapa kali penulis merasakan mekanisme gameplay yang sangat membosankan dan terkesan begitu linear. Jika suka dengan MMORPG yang sangat mengikuti arus utama, jelas game ini akan sangat cocok buat kamu.

Baca Juga: [REVIEW] Football Manager 2022—Masih Jadi Game Simulasi Terbaik

3. Grafis tampak biasa saja

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil SederhanaElysium Lost punya tampilan visual yang standar. (dok. 9SplayDeveloper/Elysium Lost)

Untuk game Android yang dirilis pada 2021, Elysium Lost terlihat biasa saja di mata penulis. Bahkan, ada banyak adegan yang menampilkan detail lingkungan dengan sangat kabur. Beberapa gambar dari karakter dan musuh juga masih tampak terkesan kotak-kotak. Wajar saja, game ini sudah bisa dimainkan dengan cukup baik pada HP yang punya RAM 3 GB dan chipset kelas menengah.

Di luar dari itu semua, sebuah MMORPG memang seolah tidak wajib menghadirkan visual memesona layaknya RPG kelas atas. Cukup dengan makanisme gameplay ringan, asyik, dan plot yang terbilang megah, ia sudah bisa memuaskan hasrat dari penggemar. Jika disimpulkan, Elysium Lost termasuk MMORPG yang megah meskipun ditampilkan dengan cara dan visual yang sangat sederhana.

4. Untungnya, audio sudah terdengar cukup baik

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil SederhanaElysium Lost sudah memiliki kualitas audio yang lumayan. (dok. 9SplayDeveloper/Elysium Lost)

Mendengarkan game berjenis MMORPG tentunya sangat ramai dan mungkin akan sesekali memekakkan telinga, begitu juga dengan Elysium Lost yang audionya cukup ramai dan kaya dengan jenis suara. Meskipun demikian, audio dalam game ini masih tergolong baik dan bisa dinikmati dengan tenang. Ada beberapa suara yang berlebihan. Namun, sejauh ini, hal tersebut tidak sampai mengganggu pendengaran penulis.

Kalau HP Android kamu sudah memiliki speaker stereo, suara yang dihasilkan juga lebih baik dan tentunya terdengar cukup dahsyat. Secara umum, game buatan 9SplayDeveloper ini sudah bisa menampilkan kualitas audio dan suara yang terdengar apik meskipun masih jauh dari tingkatan memesona.

5. Buat pencinta MMORPG makin lupa waktu

[REVIEW] Elysium Lost—MMORPG Megah yang Tampil SederhanaElysium Lost akan disukai oleh pencinta MMORPG. (dok. 9SplayDeveloper/Elysium Lost)

Bagi pencinta MMORPG, game berjudul Elysium Lost ini sepertinya bakal membuat kalian tambah lupa waktu. Meskipun mekanisme permainan yang dihadirkan cukup repetitif di mata penulis, harus diakui bahwa game ini masih bisa bersaing dengan banyak game sejenis. Namun, sayangnya, kualitas grafis yang diusung oleh developer tidak bisa dikatakan bagus.

So, bagaimana kesimpulannya? Penulis memberikan skor 3/5 untuk Elysium Lost yang sudah sangat kental dengan MMORPG arus utama. Menjalankan karakter yang punya kekuatan dewa bisa menjadi salah satu keasyikan tersendiri dalam game ini. Nah, bagaimana denganmu? Apa kamu juga sudah mencoba memainkan game ini di HP Android kesayanganmu?

Baca Juga: [REVIEW] Sherlock Holmes Chapter One—Investigasi Dibalut dengan Aksi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya