Comscore Tracker

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob Lagi

Tentu saja kamu bisa memilih memainkannya dengan santai

Role-playing game atau RPG merupakan permainan yang dibuat dengan melibatkan peran dan interaksi mendalam pada semua karakter di dalamnya. Pada umumnya, RPG memang memiliki narasi dan plot cerita yang dalam. Selain itu, hubungan antarkarakter di dalamnya juga dibuat secara intens, solid, dan kompleks.

Nah, di sini penulis punya beberapa tips bermain RPG layaknya pro dan bisa kamu lakukan secara bertahap. Yuk, disimak!

1. Rutin lakukan grinding

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob LagiDragon Age: Origins adalah sebuah RPG yang lekat dengan peningkatan level. (dok. BioWare/Dragon Age: Origins)

Grinding adalah kegiatan yang dilakukan gamer secara terus-menerus, bahkan berulang-ulang, untuk mendapatkan target tertentu. Target di sini mengacu pada kenaikan level, skill, uang atau emas, dan mendapatkan item baru. Nah, RPG konvensional masih harus mewajibkanmu melakukan grinding untuk mencapai level tertentu.

Kamu bisa berkeliling benua atau dungeon hanya untuk mencari musuh-musuh yang siap kamu kalahkan. Pilihlah musuh yang seimbang dengan levelmu, jangan terlalu lemah dan jangan pula terlalu kuat. Lawan yang seimbang akan lebih mudah membawamu pada jalur peningkatan level yang kamu harapkan.

2. Pahami plot ceritanya dengan detail

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob LagiSerial RPG The Elder Scrolls menjadi salah satu game terbaik jika dikaitkan dengan narasi cerita. (Bethesda Game Studios/The Elder Scrolls: Skyrim)

Memang tidak mudah mendalami dan memahami sebuah narasi besar yang ada dalam game berbasis RPG. Biasanya, alur cerita dan premis yang dihadirkan oleh developer terbilang rumit, ruwet, dan hanya bisa dipahami jika kita mengikutinya dari seri awal. Akan tetapi, gamer masih bisa memahami kerangka dari cerita keseluruhan.

Membaca preview, misalnya, bisa jadi gambaran umum tentang game RPG yang akan kamu mainkan. Lalu, kamu juga bisa mengikuti alur cerita dari judul-judul sebelumnya dengan cara menontonnya di YouTube atau membaca di blog khusus gaming. Nah, dengan memahami plot cerita sebuah RPG, kamu bisa memainkan game ini dengan arah jelas.

Baca Juga: 5 Game Apik yang Rilis Desember 2022, Temani Liburan Akhir Tahun

3. Fokus dan asah satu skill tertentu

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob LagiFokus pada satu skill tertentu akan dirasa lebih efektif dalam permainan RPG. (dok. BioWare/Dragon Age: Inquisition)

Kamu bisa menjadi apa pun dalam game berbasis RPG. Kamu juga bisa memilih kelas atau skill potensial tertentu untuk menggambarkan detail karakter utama. Di saat yang sama, kita pun juga bisa menjalankan dan menerapkan semua kelas atau skill yang ada. Namun, perlu diingat bahwa fokus pada banyak skill hanya akan membuat karaktermu lemah.

Yup, nyatanya dengan fokus pada banyak skill, kita justru dituntut untuk menerapkannya sama baiknya. Jadi, supaya lebih efektif, coba fokus pada satu atau dua skill saja. Entah itu kesatria, pemanah, penyihir, rogue, atau tanker, sebaiknya latihlah satu skill yang membuatmu sangat spesialis pada bidang tersebut.

4. Dalami interaksi dengan NPC

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob LagiThe Witcher 3: Wild Hunt adalah salah satu RPG dengan NPC dan misi sampingan terbanyak. (dok. CD Projekt Red/The Witcher 3: Wild Hunt)

Mungkin sebagian orang yang memainkan RPG cukup malas untuk menjalin interaksi yang dalam dengan para non-player character (NPC). Namun, justru hanya dengan interaksi tersebutlah sebuah RPG bisa tergambar dengan jelas dan terang benderang. Lewat NPC, kita dapat mengerti akan sejarah sebuah kota atau cerita utama dalam game tersebut.

Bahkan, lewat NPC, kita bisa mendapatkan banyak misi sampingan yang akan membuka rahasia baru. Tak menutup kemungkinan banyak item langka hanya akan kamu dapatkan ketika kita menyelesaikan misi yang diberikan oleh NPC. Well, hanya saja, melakukan ini semua secara keseluruhan jelas akan menghabiskan waktu yang tak sebentar.

5. Jangan putus asa ketika dikalahkan dengan mudah

5 Tips Memainkan Game Berbasis RPG Layaknya Pro, Gak Noob LagiSebagai RPG dengan tingkat kesulitan tinggi, ELDEN RING justru sangat digandrungi oleh gamer. (FromSoftware/ELDEN RING)

Kalah dalam game berbasis RPG itu sudah biasa. Jangan mudah putus asa jika menghadapi lawan-lawan tangguh di beberapa RPG terbaik, macam ELDEN RING, Dark Souls, Nioh, dan Demon's Souls. Sebagai gamer, kamu wajib mengetahui dan memahami berbagai pola yang ada dalam game tersebut.

Jika dikalahkan dengan mudah, coba lakukan grinding yang akan menaikkan levelmu. Biasanya, musuh-musuh sulit dalam game RPG memiliki pola khusus yang lama-lama bisa kita tebak meski membutuhkan waktu. Jadi, jangan bosan ketika kamu dikalahkan begitu mudahnya pada awal-awal permainan.

Well, itu tadi beberapa tips dari penulis untuk kamu yang doyan memainkan game berbasis RPG. Jangan lupa waktu ketika memainkan RPG dan semoga artikel ini bisa berguna, ya.

Baca Juga: 5 Hal Teknis Terlarang ketika Bermain Game PC, Gamer Wajib Simak!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya