Comscore Tracker

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!

Saatnya developer game indie bangkit tanpa batasan!

Ada yang pernah datang ke event BEKRAF Game Prime? Di sana kalian bisa lihat segala macam pameran game game indie dan komunitasnya. Developer game indie lokal banyak yang membuat game berkualitas dan menarik, yang pastinya gak kalah dari pengembang game luar negeri. Terlebih, beberapa tahun belakangan ini minat masyarakat akan game dan pengembangannya cukup tinggi, apalagi dengan adanya platform youtube yang mampu membuat konten konten lebih dikenal masyarakat.

Banyak orang yang ingin menjajal game developing namun terbatas di saat pengaplikasiannya karena tidak bisa atau belum mahir coding. Meskipun demikian, jangan berkecil hati. Meskipun hanya bermodalkan konsep, kalian juga bisa membuat game yang berkualitas dengan minim coding atau bahkan tanpa coding sama sekali dengan game engine yang menggunakan drag and drop visual coding.

Berikut 5 game engine yang tidak memerlukan coding tapi tetap mampu membuat game game berkualitas.

1. Scirra Construct 2 & 3

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!Scirra

Game engine yang cukup populer ini merupakan salah satu drag and drop game engine yang cukup tua, pasalnya Construct 2 muncul tahun 2011 atau sekitar 7 tahun lalu. Memiliki visual interface yang mudah dimengerti serta banyak plugins yang memungkinkan kamu membuat game yang lebih kompleks. 

Kini Construct 3 tampil lebih menarik dan portable karena mengusung web based application, sehingga kamu bisa menjalankan aplikasinya melalui browser dengan mengunjungi construct.net. Construct memiliki banyak tutorial di Youtube yang memudahkan kamu untuk mempelajari dan menuntunmu membuat game.

2. Game Develop (Gdevelop)

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!Gdevelop

Gdevelop ini merupakan salah satu favorit para developer karena aplikasinya yang ringan. Gdevelop mudah sekali untuk digunakan berkat user interface yang sederhana dan templat yang cukup banyak dan bervariasi. 

Satu hal yang sangat disukai dari gdevelop adalah aplikasi ini 100% free alias gratis! Karena berada dibawah lisensi MIT, Gdevelop benar benar open source dan gratis. Salah satu kekurangannya adalah minimnya tutorial yang beredar di Youtube membuat pengguna yang awam sedikit kesulitan beradaptasi.

Baca Juga: 5 Hero Fighter Mobile Legends Ini Makin Kuat Saat Late Game!

3. RPG Maker MV

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!RPG MAKER MV

Ada yang tahu game To The Moon? Iya, game indie yang sempat viral di kalangan Youtubers itu dibuat menggunakan game engine yang satu ini, tentu dengan plugin tambahan tersendiri. 

Buat kamu yang suka memainkan game RPG seperti Pokemon, Zelda The Minish Cap, dan game rpg terkenal lainnya, engine ini patut banget kamu coba. Youtube memberikan ratusan bahkan ribuan tutorial yang membuat kamu bisa menguasainya dalam waktu singkat. Oh iya, engine ini gak cuma untuk platform PC lho. Kabarnya RPG Maker juga rilis di PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch!

4. Game Maker Studio 2

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!game maker studio 2

Ini juga nih, sesepuh game maker engine yang punya banyak hasil hasil game berkualitas. contohnya bisa kalian liat sendiri di yoyogames.com. Kalau disebutin di sini, pasti gak akan muat karena terlalu banyak. 

Banyak studio game profesional yang pakai engine ini karena kualitasnya bagus dan bisa di-export ke platform apa aja. Untuk tutorial, kalian gak perlu khawatir, ada banyak banget di Youtube dan forumnya. Satu hal yang cukup disayangin adalah harganya cukup mahal buat developer indie yang kere atau baru merintis dan sekedar belajar.

5. ClickTeam Fusion 2.5

Bikin Game Tapi Gak Bisa Coding? Gunakan 5 Engine Ini!ClickTeam Fusion 2.5

Last but not least, salah satu engine yang saya sendiri belum pernah coba tapi direkomendasikan oleh banyak developer indie di luar sana. Respon yang cukup positif juga bisa dilihat di Steam karena ini memiliki rating very positive

Engine ini sama seperti drag and drop coding lainnya, tapi kabarnya aplikasi ini lebih bagus dari Construct untuk membuat game 2D yang kompleks! Ada yang udah pernah coba?

Itu dia 5 rekomendasi game engine tanpa coding buat kalian pengembang game indie yang baru merintis. Sebenarnya kini banyak banget engine yang bisa visual coding. Bahkan unity saja punya plugins yang memungkinkan visual coding bernama Playmaker dan beberapa honorable mentions untuk game engine yang direkomendasikan oleh teman-teman game developer seperti Godot Engine dan Stencyl.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian khususnya game developer. Jangan pernah behenti berkreasi karena batasan. Ingat, "limitations breed creativity"!

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik untuk Para Gamer, Hindari Kematian Saat Main Game

Iqbal Sumantri Photo Community Writer Iqbal Sumantri

Marvelites, Game Addict, Retro stuff enthusiast, Pixel Art Army, Tech geek, Anime & Manga Lovers.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You