Comscore Tracker

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gaming

Ada fitur game modenya lho

Bermain game merupakan salah satu alternatif melepas penat dari berbagai rutinitas sehari-hari. Selain karna tidak merepotkan ketimbang mengurus tiket atau koper serta oleh-oleh, saat ini tersedia game dalam berbagai genre baik versi gratis maupun yang mewajibkan kamu merogoh kantong sebagai bentuk apresiasi kepada developer game tersebut.

Salah satu faktor yang membuat pengalaman gaming lebih menyenangkan tentu adalah sistem operasi. Saat ini, setidaknya 3 OS merajai pangsa PC yakni Windows buatan Microsoft, Mac OS atau OS X yang hanya tersedia bagi perangkat buatan Apple dan OS open source serta gratis yakni Linux.

Tentu ketiga OS tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Untuk urusan gaming sepertinya 9 alasan berikut membuat Windos adalah OS terbaik bagi gamers. Penasaran apa aja ? Yuk cek list selengkapnya di bawah ini.

1. Mendukung DirectX 12

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingforzamotorsport.net

Fitur ini membuat core yang ada di setiap prosesor perangkat pengguna dapat berhubungan dengan pengolah grafis. Dibandingkan dengan DirectX 11, kemampuan DirectX mengalami peningkatan kinerja sebesar 85% dan 300%. Tentunya hal ini membuat pengalaman bermain game terasa lebih baik. 

Karna memaksimalkan semua core yang terdapat di prosesor,  DirectX 12 mengomsumsi lebih sedikit daya dibandingkan pendahulunya serta pengguna tidak perlu lagi memaksa kinerja CPU dengan melakukan overclocking ekstrim. Memaksa kinerja prosesor (overclocking) malah dapat membuat CPU tambah panas dan kemungkinan terburuknya meledak atau terbakar.

2. Fitur Anti Cheat, True Play

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gaminganblife.com

Fitur ini ditanamkan Microsoft sejak perilisan Fall Creators update pada bulan Oktober 2017 kemarin. Fitur ini adalah anti-cheat engine yang didesain bagi developer game untuk memerangi aktivitas cheat oleh gamer seperti aimbots maupun wallhacks, sehingga efeknya bagi para gamer, kamu bakal semakin susah nge-cheat saat main game di Windows 10.

Jika developer game memanfaatkan API buatan Microsoft tersebut, maka game mereka akan diproteksi oleh True Play dari segala teknik yang biasa digunakan untuk melakukan cheat. Windows service akan memantau sesi gaming dan mendeteksi berbagai aktivitas mencurigakan seperti manipulasi game menggunakan cheat-engine.

Jika TruePlay mendeteksi adanya tindakan curang, maka sebuah pesan peringatan dikirim ke pihak developer game tersebut. Nah, pesan tersebut bakal menjadi modal bagi developer game untuk mengambil aksi lanjutan seperti memblokir cheat, merilis patch, dan sebagainya.

Untuk saat ini, fitur TruePlay hanya berlaku bagi game yang dirilis di Windows Store saja (UWP) dan berbagai game yang berada di market lain seperti Steam tidak akan terproteksi fitur ini. Namun, karna fitur ini bersifat menguntungkan bagi developer game maupun pengguna, tidak menutup kemungkinan jika nanti semakin banyak game yang diproteksi oleh TruePlay.

Bagi pengguna, kamu bisa mengaktifkannya lewat menu Setting > Gaming > TruePlay, lalu menggeser tombol ke posisi ON.

3. Game Mode, Untuk Peningkatan Kemampuan Prosesor Dan Pengolah Grafis

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingpcworld.com

Fitur ini sudah ada sejak perilisan Windows 10 Creator update pada bulan April 2017 kemarin. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan performa gaming dengan cara mengalokasikan sebagian besar resource PC milikmu untuk keperluan gaming. Dengan demikian, maka pengalaman gaming terasa lebih baik daripada sebelumnya.

Fitur ini akan membuat 80% core pada PC akan dialokasikan untuk game sementara bagian lainnya (sistem) akan menggunakan sisanya yang 20%. Hal ini membuat frame rate atau FPS yang didapatkan saat bermain game lebih tinggi ketimbang jika fitur Game Mode tidak diaktifkan. 

Tentunya fitur ini tidak dapat membuat perangkat lawas kamu menjadi lebih powerfull dalam menjalankan game. Hanya saja, fitur ini akan meningkatkan kemaampuan prosesor untuk pengalaman gaming yang lebih baik.

Kamu bisa mengecek apakah perangkat kamu mendukung Game Mode lewat menu Setting > Gaming > Game Mode.

4. Didukung Banyak Games, Bahkan Ada Game Ekslusif Untuk Windows

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingwindowscntral.com

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini lebih banyak game yang mendukung OS Windows baik di Microsoft Store maupun di Steam. Bahkan beberapa games hanya bisa dimainkan di perangkat berbasis Windows 10 dan Xbox seperti Forza Horizon, Gears of War 4, Quantum Break, Gigantic, Gears of War: Ultimate Edition dan lain-lain.

5. Mengatur Ukuran Jendela Game Sesuai Keinginan

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingtechradar.com

Jika kamu menginstal game yang berasal dari Microsoft Store, kamu bisa mengubah ukuran jendela game yang sedang kamu mainkan sesuai keinginanmu. Dengan demikian, sambil bermain game, kamu juga bisa membuka aplikasi lain dan menempatkannya di samping jendela game yang kamu mainkan.

Namun, kamu juga harus memerhatikan jika tidak semua game mendukung cara ini mengingat ada game yang hanya bisa dimainkan dalam mode Full Screen. Pastikan saja game yang kamu buka dapat berjalan dengan semestinya di ukuran jendela yang kamu gunakan. 

6. Screen Recorder Build In

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingpcworld.com

Tanpa repot-repot menginstal aplikasi tambahan, kamu bisa memanfaatkan fitur Game DVR, Game Bar dan Broadcasting untuk merekam audio maupun layar perangkatmu ketika bermain game. Kamu bisa melakukan konfigurasi shortcut untuk membantumu menggunakan mode tersebut ketika ingin merekam aktivitas gaming.

Terkhusus menu Broadcasting, kamu bisa melakukan streaming secara langsung. Jadi, kamu bisa bermain game secara live di YouTube hanya dengan memanfaatkan fitur ini.

 

7. Terintegrasi Dengan Konsol Game Xbox

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingyoutube.com

Mengingat Xbox juga adalah konsol game buatan Microsoft, maka di Windows 10 akan lebih teritegrasi dibandingkan Windows 8/8.1. Dengan koneksi wifi atau kabel, kamu bisa memainkan game Xbox di perangkat yang memakai OS Windows 10.

8. Lebih Terintegrasi Dengan Layar Monitor Beresolusi 4K

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingdigitaltrends.com

Jika kamu mempunyai monitor dengan layar beresolusi 4K tentunya sering terdapat berbagai permasalahan jika kamu masih menggunakan Windows versi lama. 

Kini, masalah tersebut sudah teratasi di Windows 10 berkat optimalisasi layar 4K yang diterapkan oleh Microsoft. Dengan demikian, bermain game di layar beresolusi 4K tentunya lebih menyenangkan baik dari segi grafis maupun gameplay-nya karena tidak akan ada lagi permasalahan ketidakcocokan antara versi Windows yang kamu gunakan dengan monitor 4K milikmu.

9. Kamu Bisa Membantu Microsoft Menyempurnakan OS Ini Lewat Program Windows Insider

9 Alasan Windows 10 Adalah OS Terbaik Buat Gamingsoftpedia.news

Di windows 10, kamu bisa bergabung lewat progam Windows Insider dimana segala bug dapat kamu laporkan secara langsung kepada Microsoft dan akan dijadikan acuan untuk update selanjutnya. Dengan demikian, kamu juga berperan penting dalam membantu menyempurnakan OS tersebut.

Bukan hanya itu, jika kamu bergabung ke Windows Insider, kamu akan mendapatkan update terlebih dahulu dibandingkan oleh pengguna non Windows Insider. 

Nah, itu dia alasan mengapa Windows 10 adalah OS terbaik untuk bermain game. Bagaimana menurutmu ? Yuk share pendapatmu di kolom komentar.

Line Ads

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You

I Want More !