Comscore Tracker

5 Epic Comeback yang Berhasil Dilakukan Game Cyberpunk 2077

Salah satu epic comeback paling monumental di dunia game

Tahun 2020 menjadi momen perilisan game Cyberpunk 2077. Ekspektasi para fans pada CD Project Red sebagai pihak pengembang pun sangat tinggi karena mereka sudah sangat terkenal dan memiliki reputasi sangat merakyat dengan para gamer.

Namun, realita terkadang tidak seindah ekspektasi. Harapan fans seketika hancur atas kualitas yang dibawa oleh game yang sudah mereka tunggu selama bertahun-tahun itu. Cyberpunk 2077 dinilai jauh dari kata matang. Berbagai bug yang sangat mengganggu, tekstur game yang blurry,  fitur-fitur yang sudah dijanjikan tetapi hilang pada final produk, hingga rendahnya performa game pada last gen konsol, seperti Playstation 4 dan Xbox One.

Mendapat kritikan dari berbagai pihak dan kehilangan kepercayaan dari para gamer menjadi hukuman berat bagi CDPR. Namun, bukannya menyerah, CDPR masih percaya dengan potensi Cyberpunk 2077 serta mencoba berbagai cara agar bisa memerbaiki gamenya untuk kembali memenangkan hati para gamer.

Berikut ini merupakan sederet langkah yang dilakukan CDPR untuk meningkatkan kualitas game Cyberpunk 2077 sehigga layak dimainkan kembali!

1. Update patch berkala

5 Epic Comeback yang Berhasil Dilakukan Game Cyberpunk 2077update patch berkala diberikan CDPR pada gamenya (dok. CD Project Red/Cyberpunk 2077)

Kualitas base game yang sangat buruk merupakan salah satu sumber permasalahan utama dari game ini yang dianggap sangat tidak layak rilis. Maka, hal pertama yang dilakukan oleh CDPR dalam upaya mengembalikkan Cyberpunk 2077 adalah melalui dirilisnya update patch berkala yang dirilis dan diumumkan beberapa bulan sekali.

Terhitung sampai Oktober 2022, Cyberpunk 2077 sudah merilis lima update patch besar-besaran untuk memerbaiki semua aspek dari gamenya, mulai dari bug, tekstur, hingga performanya. Selain memperbaiki masalah pada game, setiap patch juga menambahkan beberapa fitur atau konten secara gratis agar player makin betah.

Langkah tersebut pun bisa dibilang sukses karena kualitas Cyberpunk 2077 makin bertambah baik. Dirilisnya setiap patch-patch baru selalu berhasil bikin player kembali antusias memainkan Cyberpunk 2077.

2. Dirilisnya anime Cyberpunk: Edgerunner

5 Epic Comeback yang Berhasil Dilakukan Game Cyberpunk 2077adaptasi anime berjudul Cyberpunk: Edgerunner (cyberpunk.net)

CD Projekt Red sudah merencanakan ekspansi franchise Cyberpunk pertama mereka melalui adaptasi anime yang rilis September 2022 di platform streaming Netflix. Dalam pengerjaan proyek ini, CDPR menggaet studio animasi ternama Jepang, Studio TRIGGER, yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Benar saja, saat dirilis anime ini berhasil membuat banyak audience jatuh hati baik itu kalangan gamer maupun nongamer. Anime ini pun mendapatkan banyak pujian, tidak hanya dari visual, namun, dari segi cerita beserta para karakter. Bahkan, Cyberpunk: Edgerunner didapuk sebagai salah satu anime terbaik di tahun 2022 ini. Berkat kesuksesan itu, Cyberpunk 2077 sebagai pondasi animenya pun ikut meraup sukses juga lantaran anime Cyberpunk: Edgerunner dirilis bebarengan dengan patch terbaru dari game Cyberpunk 2077. 

Baca Juga: 10 Game Bertema Cyberpunk Terbaik, Ada Final Fantasy VII

3. Menjadi Most Played Games di Steam

5 Epic Comeback yang Berhasil Dilakukan Game Cyberpunk 2077Cyberpunk berhasil masuk most played game di steam (steamdb.info)

Meski gagal di awal perilisannya, Cyberpunk 2077 tetaplah game yang penuh potensi. Para fans pun percaya akan hal itu. Maka, ketika CDPR mulai mengambil langkah positif, dukungan segera bermunculan dari berbagai pihak.

Terbaru seputar dirilisnya adaptasi anime Cyberpunk: Edgerunner dan update patch yang membuat gamenya makin enjoyable. Akhirnya, pada bulan September 2022 silam, Cyberpunk 2077 berhasil meraih milestone terbaru mereka, yaitu menjadi Most Played Games pada platform Steam yang didominasi oleh game live service, seperti DOTA 2 dan PUBG. Menilik fakta bahwa Cyberpunk 2077 merupakan single player game menjadi sebuah prestasi yang sangat besar untuk gamenya sendiri.

4. Ekspansi Phantom Liberty coming soon

https://www.youtube.com/embed/PbVKBoDuhZ0

Karena sekarang Cyberpunk 2077 telah menjadi game yang kualitasnya makin baik, maka masih ada satu lagi permintaan para fans yang muncul ke permukaan, yaitu DLC atau ekspansi game. Seperti kita tahu, CDPR berhasil menyajikan ekspansi atau DLC dengan kualitas yang sangat baik di seri The Witcher 3. Bahkan, DLC tersebut bisa kita sebut sebagai sekuel dari gamenya sendiri.

Faktor itu yang menjadi landasan para fans mulai meminta CDPR segera memberi kepastian tentang kehadiran DLC dari Cyberpunk 2077. Kabar baik itu pun hadir karena pihak pengembang telah menampilkan sebuah teaser trailer tentang ekspansi game terbaru mereka yang berjudul Cyberpunk 2077: Phantom Liberty. Sampai saat ini, belum ada detail lebih lanjut tentang DLC tersebut. Namun, pihak pengembang sebisa mungkin bakal menyajikan konten-konten baru pada ekspansinya yang dijamin tidak akan mengecewakan para fans.

5. Project Orion

5 Epic Comeback yang Berhasil Dilakukan Game Cyberpunk 2077nama project terbaru CDPR untuk Franchise Cyberpunk (twitter/CDPROJEKTRED)

Satu lagi kabar baik diumumkan oleh CD Projekt Red setelah melihat banyak respon dan feedback positif dari para gamer. Selain diumumkannya DLC Phantom Liberty, CDPR juga memberi pengumuman tentang proyek mereka di masa depan bernama proyek Orion yang akan meneruskan dan semakin melebarkan potensi dari franchise Cyberpunk 2077.

Selain dari franchise Cyberpunk 2077, CDPR juga mengumumkan beberapa proyek baru dengan nama Polaris yang direncanakan bakal jadi trilogi game The Witcher berikutnya. Kemudian ada juga proyek Canis Majoris dan Sirius yang juga berasal dari dunia The Witcher, namun, bakal memiliki cerita terpisah dari projek Polaris.  

Di balik buruknya game Cyberpunk 2077 pada saat perilisan pihak CD Projekt Red sedang berusaha semaksimal mungkin untuk membuat game mereka layak diberi kesempatan kedua oleh para gamer. Apakah kamu kembali tertarik memainkan game ini setelah berbagai perbaikan yang dilakukan oleh pihak pengembang?

Baca Juga: 5 Game Besar yang Mengalami Kerugian, Ada Cyberpunk 2077!

Izzan Adialami Photo Writer Izzan Adialami

Trying to typing something entertaining

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya