Comscore Tracker

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabar

Teriak ramai-ramai lebih seru daripada teriak sendiri

Satu orang bermain, yang lainnya berteriak. Seperti itu bukan sih pengalaman ketika kamu dan teman-teman kamu berkumpul dan main game horor singleplayer? Orang yang bermain biasanya bukan penakut, sedangkan teman-teman yang menonton malah heboh sendiri.

Nah, adakah game horor dengan vibe yang lebih 'pecah'? Ada, dong. Catatannya, teman-teman pasif yang sebelumnya hanya menonton harus ikut berpartisipasi dalam game sebagai pemain. Kalau penasaran, langsung saja simak tujuh game horor yang seru buat mabar.

1. Phasmophobia

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi Phasmophobia (dok. Kinetic Games/Phasmophobia)

List ini dimulai dari salah satu game horor yang memiliki sistem yang kreatif dan inovatif, Phasmophobia. Game buatan Kinetic Games ini menugaskan kamu dan ketiga temanmu untuk melakukan investigasi di tempat yang angker. Setiap match dalam permainan akan menghadirkan hantu yang berbeda-beda dengan tingkat keseramannya sendiri.

Dengan perlengkapan ala kadarnya, kamu membagi tugas kepada teman-temanmu sesuai dengan peralatan yang ada. Kemenangan akan kamu peroleh apabila dapat menebak jenis hantu berdasarkan karakteristik yang ditunjukkan selama investigasi.

Lantas, apa sih sistem kreatifnya? Phasmophobia punya sistem perintah suara (voice commands). Artinya, kamu mampu menggunakan mikrofon untuk berbicara dengan hantu.

"Let us know you are here."

Kutipan ini merupakan satu contoh kalimat yang dapat kamu ucapkan lewat mikrofon. Seramnya, hantu dapat memberikan respons dengan memberi pertanda seperti menyalakan dan mematikan lampu secara cepat.

Oh ya, ada hantu yang hanya memberi respons kalau kamu sendirian. Yup, berarti kamu dan teman-temanmu harus saling menunjuk, menentukan siapa yang harus menghadapi hantu itu sendirian.

Jika tertarik, kamu dapat memainkan Phasmophobia di Steam.

2. Dead by Daylight

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi Dead by Daylight (dok. Behaviour Interactive/Dead by Daylight)

Ingin game horor yang memiliki aspek kompetitif? Dead by Daylight adalah jawabannya.

Dengan sistem 1 lawan 4, kamu dan ketiga temanmu harus bekerja sama untuk melarikan diri dari pembunuh. Kalau kamu bermain mode custom game, kamu dapat mengajak satu teman lagi untuk memainkan peran pembunuh. Di sisi lain, kalau kamu hanya main berempat, kamu dapat bermain mode Play as a Survivor.  Kamu akan bekerja sama untuk melawan pemain yang mendapat peran pembunuh.

Keunikan game yang digarap Behaviour Interactive ini adalah banyaknya karakter dengan jenis skill-nya sendiri. Tak hanya itu, kolaborasi tanpa henti dengan film dan game horor lainnya membuat Dead by Daylight tidak pernah mati, meski namanya mengandung kata 'dead'.

Kamu dapat menikmati Dead By Daylight di Steam, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Google Stadia, PlayStation 5, dan Xbox Series X/S. Versi gratis dapat kamu unduh di App Store dan Google Play.

Mau game mirip Dead by Daylight yang lebih ramah dalam konteks spesifikasi gadget? Kamu dapat mencoba Identity V secara cuma-cuma di App Store, Google Play, dan PC.

3. Dying Light

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi Dying Light (dok. Techland/Dying Light)

Dua game sebelumnya merupakan game multiplayer berbasis match. Jadi, gamenya cukup pendek meskipun punya replayability yang sangat tinggi. Berbeda dengan kedua game itu, Dying Light butuh dedikasi dari kamu dan ketiga temanmu. Sebab, mode utama game zombie karya Techland ini adalah campaign penuh cerita yang dapat dimainkan oleh empat orang.

Kamu bermain sebagai Kyle Crane, agen Global Relief Effort, organisasi yang membantu para penyintas di kota fiksi Harran yang penuh dengan zombie. Tugas kamu adalah menyusup ke zona karantina untuk menemukan Kadir 'Rais' Suleiman, tokoh politik dengan dokumen yang mampu merusak reputasi GRE.

Dunia Dying Light semakin seram pada malam hari. Zombie yang awalnya pasif pada pagi hari semakin kuat, liar, dan agresif. Di tengah kegelapan, kamu harus sangat berhati-hati. Kalau ketahuan, kamu akan dikejar kumpulan zombie. Maka dari itu, solusinya adalah menggunakan kemampuanmu untuk parkour dari gedung ke gedung, memastikan tidak ada zombie yang mengikuti.

Tertarik? Kamu dapat memainkan game ini di Steam, PlayStation 4, dan Xbox One.

Baca Juga: 7 Game Horor Android Terbaik di Tahun 2021, Berani Main?

4. GTFO

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi GTFO (dok. 10 Chambers/GTFO)

Punya senapan membuat game menjadi tidak seram? Belum tentu! Dying Light menjadi bukti pertama dan GTFO menjadi bukti berikutnya.

Kamu dan tiga temanmu merupakan tahanan yang dipaksa untuk menjelajahi kompleks bawah tanah yang luas dan dipenuhi oleh monster yang menakutkan. Tugas kamu? Mengambil artefak yang berharga.

Meskipun terlihat seperti game tembak-menembak mirip FPS lainnya, kenyataannya tidak seperti itu. Bahkan, developernya sendiri mengatakan bahwa menembak terus-terusan tanpa alasan bukanlah strategi yang baik. Menurutnya, kamu membutuhkan dedikasi dan komunikasi yang baik dalam GTFO. Game ini sulit, sehingga kekalahan dapat dikatakan sebagai makanan sehari-hari.

Aspek yang membuat game ini seram adalah atmosfernya yang bikin merinding dilengkapi kumpulan monster yang akan membuat kamu panik. Sudah susah, seram lagi, itulah GTFO. Kamu dapat memainkan game buatan 10 Chambers ini di Steam.

5. Pacify

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi Pacify (dok. Shawn Hitchcock/Pacify)

Sebelum Phasmophobia rilis di pasaran, Pacify menjadi pilihan banyak gamer apabila ingin bermain game horor bersama-sama.

Sebagai anggota baru dari organisasi PAH Inc. Paranormal Activity Helpers Incorporated,  kamu diharuskan untuk menelusuri rumah tua yang 'katanya' berhantu. Well, berhubung list ini membicarakan game horor, sudah pasti ada hantu, dong. Di rumah itu, terdapat gadis kecil yang misterius. Gadis ini dapat berubah dari baik ke jahat dan sebaliknya. Seperti namanya, 'pacify', tugas kamu adalah menenangkan anak perempuan itu.

Ketika gadis tersebut marah, kamu dan ketiga temanmu harus siap-siap berlari sekuat tenaga. Maka dari itu, kerjakan tugasmu sesuai dengan petunjuk yang ada. Setelah tugas diselesaikan, kamu dapat melarikan diri dan menyelesaikan match tersebut.

Game besutan Shawn Hitchcock ini siap dimainkan di platform Steam. 

6. Ghost Hunter Corp

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi Ghost Hunters Corp (dok. StudioGoupil/Ghost Hunters Corp)

Sepertinya Phasmophobia menjadi trendsetter untuk game horor multiplayer dengan fitur pengenalan suara (speech recognition)Ghost Hunter Corp adalah salah satu contohnya.

Perbedaan yang mendasar antara Phasmophobia dan Ghost Hunter Corp adalah gaya bermainnya. Di Phasmophobia, kamu mengumpulkan informasi dan menebak nama hantu tersebut. Di Ghost Hunter Corp, kamu juga mencari informasi. Akan tetapi, proses ini bukan diikuti dengan penebakan nama, tetapi pengusiran setan. Itulah mengapa judul game ini memiliki unsur hunt atau berburu.

Selain itu, game StudioGoupil ini memiliki laju permainan yang lebih cepat. Begitu kamu dan tiga teman kamu masuk ke rumah angker, hantu tersebut dapat langsung memburu kamu. Ironis, bukan? Ghost hunter malah diburu oleh hantu yang menjadi target buruan.

Seperti gambar di atas, kamu dapat menakuti hantu yang mengejar dengan membacakan ayat-ayat dari kitab suci. Membaca artinya kamu benar-benar menggunakan mikrofon kamu. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan patung Saint Mary dan salib.

Ghost Hunter Corp dapat kamu mainkan di platform Steam.

7. DEVOUR

Awas Jumpscare! Ini 7 Game Horor Terbaik untuk Mabarilustrasi DEVOUR (dok. Joe Fender, Luke Fanning/DEVOUR)

Game terakhir dalam list ini adalah DEVOUR. Di game ini, kamu dan tiga temanmu menjadi anggota sekte yang harus bekerja sama untuk menghentikan Anna, pemimpin sekte yang kerasukan Azazel. Untuk mengusir Azazel, kamu perlu menemukan bensin, lubang api, dan kambing ritual untuk dibakar.

Aspek menarik dalam game buatan Joe Fender dan Luke Fanning ini adalah faktanya kamu cuma punya senter UV untuk melindungi diri dari Azazel. DEVOUR juga memiliki mode nightmare yang membuat permainan menjadi jauh lebih sulit. Ingin memainkan game ini? Kamu dapat memainkannya di platform Steam.

Itulah daftar game horor yang sekarang sudah dapat kamu mainkan bersama teman-teman. Kalau ternyata kamu sudah memainkan tujuh game dalam list, mungkin kamu harus menunggu perilisan Dying Light 2 Stay Human dan The Outlast Trials. Nah, selagi menunggu, kamu boleh membagikan rekomendasi game horor multiplayer di kolom komentar.

Baca Juga: Jijik dan Seram, 8 Momen Game yang Bikin Trauma

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya