Comscore Tracker

7 Game Puzzle Paling Bikin Pusing, Kamu Sudah Coba?

Ada catur lima dimensi

Puzzle merupakan salah satu genre game yang populer. Tidak perlu selalu penuh dengan aksi nonstop, puzzle justru menawarkan pengalaman yang santai. Namun, game puzzle tidak dapat diremehkan.

Dilihat dari segi kesulitan, jenis game ini bisa lebih sulit daripada game kompetitif. Akan tetapi, kesenangan dan kepuasan yang diperoleh setelah menyelesaikan puzzle yang susah merupakan perasaan yang tidak terkalahkan.

Dari banyaknya game puzzle yang ada di pasaran, berikut adalah tujuh contoh game puzzle yang bikin kamu pusing.

1. 5D Chess With Multiverse Time Travel

https://www.youtube.com/embed/EBzX1ybigmw

Bagi kamu para penggemar catur, kamu harus coba game puzzle yang satu ini. Melihat judul dan thumbnail video YouTube di atas, pusing menjadi perasaan yang normal.

Seperti namanya, 5D Chess With Multiverse Time Travel adalah game catur dengan gimiknya sendiri. 5D Chess menawarkan permainan catur dengan time travel dan dimensi paralel. Kamu bisa memindahkan buah catur kamu ke masa lalu untuk menciptakan garis waktu bercabang ala film science fiction. Tidak hanya itu, kamu harus melindungi buah catur kamu baik di masa depan maupun di masa lalu.

Tenang, setidaknya kamu tidak harus pusing sendiri. Ada fitur multiplayer bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman bermain catur lima dimensi bersama teman.

Lebih menariknya, game ini sudah pernah dimainkan oleh para pemain catur ternama di dunia seperti Hikaru Nakamura. Boleh dibilang, orang-orang berprestasi itu juga menggaruk-garuk kepala ketika bermain 5D Chess. Berani coba? Game ini tersedia di PC.

2. Baba Is You

https://www.youtube.com/embed/z3_yA4HTJfs

Impresi pertama yang mungkin muncul ketika melihat Baba is You adalah 'grafiknya simpel'. Well, kamu tidak salah sih. Akan tetapi, game dengan grafik bagus belum tentu bagus pula dari segi substansinya. Nah, selain memiliki grafik yang simpel, Baba is You juga memiliki gameplay yang sederhana. Namun, kamu harus berpikir keras untuk menyelesaikan setiap level dalam game indie ini.

Dalam game ini, ada sekumpulan block yang diisi dengan sebuah kata. Sebagai Baba, tugas kamu adalah mendorong block ini dan mengubah aturan dalam game ini. Contohnya, jika ada block 'Baba is You' dan 'Rock is Push', kamu bisa mendorong block 'Rock', kemudian mengganti block 'Baba is You' menjadi 'Rock is You'.

Apa yang terjadi? Kamu menjadi batu. Yup, karena logikanya 'Rock is You' atau 'Batu adalah Kamu', kamu tidak lagi mengontrol Baba. Kalau ingin mengontrol Baba, kamu harus mengubah aturannya kembali menjadi 'Baba is You'. Sekarang, bayangkan gameplay tersebut tetapi dengan skala yang lebih kompleks. Itulah esensi Baba is You. Game ini tersedia di PC dan Nintendo Switch.

3. Superliminal

https://www.youtube.com/embed/_SX8XMwMw6Y

Apabila Baba is You menggunakan permainan kata sebagai gimiknya, Superliminal justru menggunakan ilusi optik. Ketika kamu mengambil objek, ukuran objek itu bisa berbeda saat kamu melepaskan objek tersebut.

Misalnya, ketika kamu mengambil rumah miniatur dan melepaskannya, objek itu dapat berubah menjadi rumah besar tergantung jaraknya. Jika objek terlihat kecil di layar kamu, objek itu tetap kecil. Sebaliknya, jika objek semula kecil, tetapi kamu melempar objek itu ke atas, objek itu akan terlihat besar di layar kamu. Otomatis, rumah miniatur tersebut akan menjadi rumah besar. Nantinya, kamu akan terus-menerus memanipulasi objek berdasarkan ukuran dan perspektif.

Rumit? Itulah Superliminal.

Kamu benar-benar harus berpikir di luar kepala untuk dapat menyelesaikan setiap puzzle yang ditawarkan game buatan Pillow Castle ini. Kalau tertarik, kamu dapat membeli game ini di PC, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Baca Juga: Produk Lokal, Game Puzzle When The Past was Around Beredar di Steam

4. The Witness

https://www.youtube.com/embed/9ytwNUMdbcE

Berbeda dengan Superliminal, The Witness merupakan game puzzle di ruang yang terbuka (open world). Berarti, kamu tidak hanya menyelesaikan puzzle yang ada. Kamu harus mengeksplorasi pulau dalam game tersebut dan secara mandiri mencari puzzle yang ingin dikerjakan.

Pulau yang luas tentunya juga menawarkan puzzle yang banyak. Dengan lebih dari lima ratus puzzle, mulai dari yang sangat mudah sampai yang membuat kamu merenungkan solusi, kamu membutuhkan waktu sekitar tujuh belas jam untuk menyelesaikan game ini. Untuk game puzzle, durasi ini terbilang cukup panjang. Sebagai referensi, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan Superliminal mencapai dua jam.

Mekanisme puzzle game buatan Jonathan Blow ini cukup sederhana. Kamu menghubungkan titik awal dan titik akhir dengan 'menggambar' jalur yang tepat. Jadi, seperti menemukan jalan keluar dari sebuah labirin.

Ingin mencoba? Game ini dapat dibeli di PC, PS4, Xbox One, dan iOS.

5. Portal + Portal 2

https://www.youtube.com/embed/tax4e4hBBZc

Siapa yang tidak kenal seri Portal? Rasanya, Portal menjadi salah satu seri populer Valve selain Half-Life, Counter Strike, dan Left 4 Dead.

Para gamer tidak hanya disuguhkan jalan cerita yang ikonik, mereka juga mendapatkan tantangan untuk mengerjakan setiap puzzle yang diberikan. Kamu diberi alat Portal Gun dengan kemampuan membuat dua portal yang dapat ditempatkan pada permukaan yang datar dan putih. Kamu dapat keluar masuk portal sambil membawa objek yang diperlukan untuk menyelesaikan level.

Selain alur cerita utama yang dapat dimainkan seorang diri, terdapat pula mode cerita yang dapat dimainkan bersama teman. Jadi, tenang saja. Seperti 5D Chess, kamu tidak harus pusing sendiri. Eh, tapi kalau kamu ingin memainkan campaign singleplayer-nya, kamu wajib pusing sendiri karena jalur cerita antara mode tersebut berbeda.

Seri Portal dapat kamu mainkan di PC, Xbox 360, dan PS3. Bagi kamu yang merupakan sosok kompetitif tetapi juga punya ketertarikan pada Portal, kamu bisa mencoba Splitgate.

6. Manifold Garden

https://www.youtube.com/embed/vLt4ZXcDdIQ

Manifold Garden adalah game puzzle yang terasa cukup surreal. Dengan setting Escheresque, gaya visual yang terinspirasi oleh hasil karya seniman grafis Maurits Cornelis Escher, dunia Manifold Garden mengizinkan kamu untuk memanipulasi gravitasi. Kemampuan ini dibutuhkan agar kamu dapat melihat puzzle dengan perspektif berbeda yang berujung pada penemuan solusi yang dibutuhkan.

Game besutan William Chyr tersebut telah mendapatkan berbagai nominasi, seperti 'Best Debut' dari Game Developers Choice Awards dan BAFTA Game Awards. Manifold Garden tersedia di platform PC, iOS, PS4, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox Series X, Xbox Series S, dan PS5.

7. The Talos Principle

https://www.youtube.com/embed/iAVh4_wnOIw

Dari developer Croteam yang terkenal karena seri Serious Sam, hadirlah The Talos Principle. Berbeda genre, berbeda gaya, tapi inilah game Croteam yang mendapatkan respons paling positif baik dari kritikus maupun para gamer.

Sebagai robot yang bangun dari tidur di tempat yang sangat misterius, kamu diberi tugas oleh penciptamu untuk menyelesaikan serangkaian puzzle yang semakin sulit seiring progres kamu berjalan. Selain mengerjakan lebih dari 120 puzzle, kamu juga akan mengeksplorasi dunia misterius tersebut.

Game dengan 20 ribu ulasan positif di Steam ini tersedia di platform PC, Android, iOS, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Apakah kamu sudah mencoba deretan game puzzle dalam list? Kalau sudah, game apa sih yang benar-benar bikin pusing? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Buat yang Suka Mikir, Ini 7 Game Puzzle Tersulit Sepanjang Masa!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya