Comscore Tracker

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!

Para penggemar anime merapat

Keinginan agar sebuah manga mendapatkan adaptasi anime, game, film, dan bentuk media lainnya merupakan perasaan yang normal bagi pecinta animanga. Siapa yang tidak ingin melihat manga favoritnya diadaptasi dalam format lain sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang?

Setiap manga dalam list ini sudah punya anime. Sebagian sudah punya game dan mendapatkan game baru, tetapi ada juga yang sebelumnya tidak memiliki adaptasi game. Penasaran? Yuk, simak delapan anime yang akan mendapatkan adaptasi game baru. 

1. Jujutsu Kaisen

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Jujutsu Kaisen: Phantom Parade (twitter.com/animejujutsu)

Kepopuleran anime battle shonen ini meledak saat penayangannya. Sebab, Jujutsu Kaisen dilengkapi oleh cerita yang menarik, karakter yang memikat, diikuti animasi yang epik dan musik yang membuat hype. Bagi pemenang Crunchyroll Anime Awards 2021 ini, mendapatkan adaptasi game hanya menjadi persoalan 'kapan?'.

Pertanyaan itu pun terjawab. Pada 14 Juni lalu, akun Twitter anime Jujutsu Kaisen mengumumkan proyek game untuk smartphone iOS dan Android yang berjudul 'Jujutsu Kaisen: Phantom Parade'. Game ini dikembangkan oleh Sumzap.

Adaptasi karya Gege Akutami ini punya genre berupa RPG dan dapat dimainkan secara cuma-cuma. Namun, seperti mobile game pada umumnya, akan ada in app purchases (IAP) atau pembelian dalam game.

Seperti yang kamu lihat, terdapat tiga karakter protagonis yaitu Yuji Itadori (Junya Enoki), Megumi Fushiguro (Yuuma Uchida), dan Nobara Kugisaki (Asami Seto). Di sisi lain, terdapat tiga karakter antagonis yaitu Mahito (Nobunaga Shimazaki), Hanami (Atsuko Tanaka), dan Jogo (Shigeru Chiba).

Kira-kira, bagaimana ya, gameplay-nya? Nantikan saat game ini rilis di Jepang.

2. Haikyuu!!

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Haikyuu!! (twitter.com/Haikyu_EN)

Salah satu anime kesayangan banyak penikmat anime juga mendapatkan adaptasi game baru, nihTanggal 14 Mei lalu, G Holdings mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak untuk mengembangkan game smartphone berdasarkan seri Haikyuu!!

Kabarnya, gameplay adaptasi karya Haruichi Furudate ini akan melingkupi permainan bola voli layaknya Haikyuu!! Menariknya, game ini punya story mode yang mengikuti alur cerita anime. Tampaknya, karakter-karakter game ini akan tampil dengan gaya chibi.

Informasi terkait game tersebut masih terbatas. Mengingat banyaknya karakter dalam seri Haikyuu!! yang dicintai oleh penggemarnya, tidak heran apabila game ini mengandung unsur gacha.

Kalau memang begitu, kamu tertarik dengan yang mana? SSR Tooru Oikawa (Daisuke Namikawa), SSR Tetsuro Kuroo (Yuichi Nakamura), atau SSR Atsumu Miya (Mamoru Miyano)?

3. Made in Abyss

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Made in Abyss: Binary Star Falling into Darkness (spike-chunsoft.com)

Saat penayangannya, tidak sedikit penonton yang merasa bahwa Made in Abyss memiliki suasana layaknya game RPG. Well, perasaan ini menjadi kenyataan.

Pada 4 Mei, Spike Chunsoft mengumumkan game Made in Abyss: Binary Star Falling into Darkness. Dalam game 3D Action RPG ini, kamu dapat menjalani kembali pengalaman dalam anime melalui story mode. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjelajahi cerita orisinal yang diawasi oleh mangaka-nya, Akihito Tsukushi.

Nantinya, banyak karakter dari anime yang akan muncul di game, lengkap dengan akting suara. Melihat gambar di atas, kamu dapat mengenali Reg (Mariya Ise), Riko (Miyu Tomita), dan Nanachi (Shiori Izawa).

Selain tiga tokoh penting tersebut, ada dua karakter yang tampaknya tidak pernah terlihat dalam anime Made in Abyss. Untuk mengetahui identitas mereka, kamu perlu menunggu perilisannya di PC (Steam), Nintendo Switch, dan PlayStation 4 pada tahun 2022 mendatang.

4. One Piece

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi One Piece: Project Fighter (sea.ign.com)

Sebagai raksasa anime dan manga, karya Eiichiro Oda ini sudah mendapat banyak game dan film. Kini, More Fun Studio dari Tencent dan Bandai Namco bekerja sama untuk mengembangkan One Piece: Project Fighter, game smartphone dengan gaya 2.5D.

Pertama kali diumumkan pada 16 Mei lalu, cuplikan One Piece: Project Fighter menunjukkan bagian cerita awal dalam manga. Bahkan, gambar di atas menunjukkan desain awal Monkey D. Luffy (Mayumi Tanaka), Roronoa Zoro (Kazuya Nakai), dan Nami (Akemi Okamura).

Jadi, bagi kamu yang sudah mencapai bagian cerita Wano, game dengan unsur beat em up ini mengajak kamu untuk bernostalgia. Game ini akan tersedia di China.

Baca Juga: 7 Fakta Kimetsu no Yaiba: Hinokami Keppuutan, Mirip Ninja Storm!

5. Shingeki no Kyojin

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Shingeki no Kyojin: Brave Order (prtimes.jp)

Kabar baik bagi para penggemar Shingeki no Kyojin! Seri buatan Hajime Isayama dengan nama Bahasa Inggris 'Attack on Titan' ini akan mendapatkan game mobile baru untuk iOS dan Android.

Enish mengumumkan bahwa Attack on Titan: Brave Order merupakan game massively multiplayer cooperative RPG. Sebagai anggota Survey Corps, kamu membantu Eren Yeager (Yuki Kaji) dan Mikasa Ackerman (Yui Ishikawa) melawan titan.

Game ini mempunyai pendekatan massively multiplayer, sehingga kamu akan dibantu sejumlah besar pemain lain. Game yang diumumkan pada 9 September ini akan dilengkapi akting suara. 

6. Yuru Camp

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Yuru Camp: Have a nice day! (dok. MAGES/Yuru Camp: Have a nice day!)

Siapa sangka bahwa anime yang mengangkat tema kamping mampu diadaptasi menjadi game? Yuru Camp yang sebelumnya sudah mendapatkan game Virtual Reality kini mendapatkan game baru dengan kemasan Visual Novel.

Dengan judul 'Yuru Camp: Have a nice day!', game yang diumumkan pada 27 Maret ini mengajak kamu berperan sebagai Nadeshiko Kagamihara (Yumiri Hanamori) dan Rin Shima (Nao Touyama). Kamu mampu membuat pilihan yang akan berpengaruh pada isi perkemahan.

Tidak hanya itu, ada skenario 'What if?' yang membuat visual novel ini semakin menarik bagi penggemar seri buatan Afro ini. Contohnya, di anime Rin berkemah sendirian di Dataran Tinggi Takabocchi.

Namun, apa yang terjadi apabila teman-teman Rin ikut berkemah? Nah, kamu bisa menemukan jawabannya saat game oleh MAGES ini rilis di PlayStation 4 dan Nintendo Switch untuk Jepang pada 11 November 2021.

7.Tensei shitara Slime Datta Ken

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi That Time I Got Reincarnated as a Slime: ISEKAI Memories (gematsu.com)

Ketika bicara soal isekai dengan kualitas tinggi, Tensei shitara Slime Datta Ken adalah salah satu anime yang memenuhi kriteria tersebut. Rupanya, anime dengan nama Bahasa Inggris That Time I Got Reincarnated as a Slime akan mendapatkan adaptasi game baru.

Seperti Yuru Camp, game ini juga diumumkan pada 27 Maret. Game yang bertajuk 'SLIME - ISEKAI Memories' ini merupakan battle RPG dengan gaya 3D. Kamu akan menikmati momen dari musim pertama anime dan cerita baru yang diawasi oleh Fuse, penulis seri light novel tersebut.

Kalau menonton anime-nya, kamu pasti tahu bahwa Tempest adalah nama negara yang didirikan oleh Rimuru Tempest (Miho Okasaki). Nah, dalam SLIME - ISEKAI Memories, kamu dapat membangun Tempest sesuai dengan keinginanmu. Keren, ya!

Sudah tidak sabar? Tenang, game ini akan rilis di Jepang dan Barat melalui platform iOS dan Android tahun 2021.

8. Fullmetal Alchemist

Termasuk Haikyuu, 8 Anime Akan Dapat Adaptasi Game Baru!ilustrasi Fullmetal Alchemist Mobile (dok. Square Enix/Fullmetal Alchemist Mobile)

Dalam rangka merayakan hari jadi ke-20, Fullmetal Alchemist mengumumkan berbagai proyek baru, salah satunya adalah game.

Yup, anime epik yang masih menduduki peringkat pertama secara rating di MyAnimeList akan mendapatkan game mobile bertajuk 'Fullmetal Alchemist Mobile'. Square Enix membagikan informasi bahwa adaptasi karya Hiromu Arakawa ini akan tersedia di iOS dan Android. Namun, sayangnya informasi terkait game ini masih sangat terbatas.

Kamu harus sabar menunggu informasi terbaru. Semoga, kita dapat melihat aksi Edward Elric (Romi Park) dan Roy Mustang (Shinichiro Miki) lagi ya! Setuju?

Itulah delapan anime yang akan mendapatkan adaptasi game baru. Kalau kamu perhatikan dengan saksama, ternyata banyak game yang belum memiliki tanggal rilis.

Kebanyakan game tersedia di mobile, tetapi hanya di daerah tertentu seperti China dan Jepang. Meskipun begitu, kepopuleran setiap anime  tidak menutup kemungkinan perilisan game tersebut di Barat, sehingga kamu dapat menikmati game dengan teks Bahasa Inggris.

Kamu sedang menunggu yang mana? Atau mungkin, anime favorit kamu belum mendapatkan adaptasi game?

Melihat dari segi kepopulerannya, sih, sepertinya Tokyo Revengers adalah anime berikutnya yang akan mendapatkan adaptasi game. Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Game Adaptasi Anime Terbaik, Tak Kalah Seru dari Serinya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya