Comscore Tracker

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy Playtime

Harusnya menggemaskan tetapi malah menyeramkan!

Dari banyaknya subgenre film horor, mascot horror menjadi salah satu subgenre yang paling menarik. Pada dasarnya, mascot horror mengambil maskot anak-anak yang terlihat menggemaskan dan menjadikannya sebagai pembunuh yang haus darah, seperti Chucky.

Kalau kita bicara soal subgenre ini dalam perspektif game, tentunya Five Nights at Freddy's menjadi contoh yang paling populer. Selain game yang kerap dipanggil FNAF, masih banyak game mascot horror yang tidak kalah seram.

Penasaran apa saja game yang dimaksud? Simak list ini!

1. One Night at Flumpty's

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeOne Night at Flumpty's (dok. Jonochrome/One Night at Flumpty's)

Jangan tertipu dengan wujud Flumpty Bumpty yang menggemaskan! Faktanya, ketika memulai permainan One Night at Flumpty's, kamu akan mendapatkan panggilan telepon di game dari Flumpty. Bunyinya seperti ini,

"Halo! Nama aku Flumpty Bumpty. Aku adalah sebuah telur. Aku kebal terhadap alur cerita, aku juga bisa melampaui ruang dan waktu. Aku membawa kamu ke tempat spesial ini supaya kita bisa berteman. Semoga kamu pandai bersembunyi ya, soalnya aku akan mencari kamu. Selamat bersenang-senang!"

Mengingat parodi Five Nights at Freddy's ini merupakan game horor, sudah dapat dipastikan bahwa pencarian ini dapat berakhir dengan kematian. Good luck!

2. Duck Season

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeDuck Season (dok. Stress Level Zero/Duck Season)

Awalnya, Duck Season terasa seperti parodi game Duck Hunt yang sama sekali tidak menakutkan. Seiring berjalannya waktu, game garapan Stress Level Zero ini mampu membuat tidur kamu menjadi tidak nyenyak.

Permainan yang dirancang untuk perangkat Virtual Reality ini tidak menyeramkan karena jumpscare-nya. Walaupun demikian, suasana yang dibangun dalam Duck Season tidak ada duanya. Perlahan-lahan suasana yang membuat kamu nostalgia justru membuat bulu kuduk merinding. Lebih parahnya lagi, kamu harus mendapatkan tujuh ending untuk mengetahui keseluruhan cerita. Berani coba?

3. Five Nights at Freddy's

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeFive Nights at Freddy's (dok. Scott Cawthon/Five Nights at Freddy's)

Pencinta game horor pastinya mengenal Five Nights at Freddy's. Bahkan, game ini juga tidak asing lagi bagi mereka yang tidak menyukai game horor. Hal ini tidak mengherankan mengingat kepopuleran seri Five Nights at Freddy's yang mendunia.

Five Nights at Freddy's bercerita tentang Mike Schmidt, pria yang bekerja sebagai penjaga malam di restoran Freddy Fazbear's Pizza. Seramnya, robot animatronik di restoran ini bergerak pada malam hari. Tanpa diskriminasi, robot yang wujudnya mirip boneka akan membunuh siapa pun yang mereka lihat dengan memasukkannya ke dalam setelan animatronik cadangan.

Sampai penulisan artikel ini, Five Nights at Freddy's sudah memiliki banyak sekuel, spin-off, dan game buatan fans. Tahun 2021 pun tidak luput dari perilisan sekuel, kali ini dengan subjudul Security Breach.

4. Tattletail

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeTattletail (dok. Waygetter Electronics/Tattletail)

Bagi banyak anak, boneka elektronik dengan kemampuan berbicara merupakan sesuatu yang meluluhkan hati. Namun, boneka tersebut juga bisa menimbulkan perasaan ngeri, apalagi pada malam hari. Nah, Waygetter Electronics menjadikan boneka ini sebagai elemen penting dalam game horornya, Tattletail.

Kamu senang bukan main ketika mendapatkan hadiah Natal berupa boneka Baby Talking Tattletail. Masalahnya, kamu membuka hadiah sebelum hari Natal tiba. Agar tidak ketahuan, kamu menaruh boneka itu kembali ke dalam kotaknya. Akan tetapi, Tattletail selalu berpindah tempat dengan sendirinya. Pengembalian Tattletail ke tempatnya menjadi sulit karena kamu diburu oleh Mama Tattletail yang sedang mencari anaknya. Jangan sampai ketahuan!

5. Poppy Playtime

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimePoppy Playtime (dok. MOB Games/Poppy Playtime)

Tidak dapat dimungkiri bahwa Poppy Playtime menjadi salah satu game horor yang paling populer pada 2021. Ketenaran ini disebabkan oleh kombinasi cerita, suasana, dan grafiknya yang dianggap berkualitas.

Sebagai mantan karyawan Playtime Co., kamu mengunjungi pabrik mainan yang tidak ada tanda kehidupan setelah mendapatkan pesan misterius. Tidak lama kemudian, kamu menyadari bahwa kamu tidak sendiri. Yup, maskot Huggy Wuggy yang mendiami pabrik itu akan menjadi ancaman terbesar terhadap kelangsungan hidup kamu.

Saat ini, Poppy Playtime hanya mencakup satu chapter. Bab kedua segera hadir pada awal 2022. Kira-kira, apakah kepopuleran game ini akan menyaingi seri Five Nights at Freddy's?

Baca Juga: Bukan Genre Horor, 7 Game Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

6. Bendy and the Ink Machine

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeBendy and the Ink Machine (dok. Joey Drew Studios/Bendy and the Ink Machine)

Perbedaan paling mencolok antara Bendy and the Ink Machine dan game lainnya dalam list ini adalah visualnya. Grafik yang mengadopsi gaya kartun tahun 1930-an bukan tanpa alasan. Joey Drew Studios selaku developer memang ingin 'merusak' kenangan masa kecil kamu.

Henry Stein adalah pembuat animasi pensiunan yang kembali ke tempat kerjanya, Joey Drew Studios. Ia menemukan mesin yang mampu membuat karakter kartun menjadi hidup. Mereka akan berusaha membunuh kamu sehingga perlawanan menjadi suatu keharusan.

Selanjutnya, kamu perlu memecahkan teka-teki seputar Joey Drew Studios dan pada akhirnya melarikan diri. Namun, perjalanan kamu tidak berakhir sampai di sini saja karena kehadiran Bendy and the Dark Revival yang direncanakan rilis pada 2021.

7. Cartoon Cat

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeCartoon Cat (dok. M36Games/Cartoon Cat)

Lewat Duck Season, kita sadar bahwa anjing pun dapat dijadikan karakter dalam game horor. Kini, Cartoon Cat juga melakukan hal yang sama tetapi dengan karakter kucing.

Dalam game ini, kamu bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah gudang. Namanya juga game horor, pastinya kamu tidak sendirian saja. Cartoon Cat memburu kamu sehingga kamu harus menyelesaikan beragam puzzle dan melarikan diri. Kalau berhasil, langkah berikutnya adalah mengundurkan diri dari pekerjaan ini.

Lagi pula, siapa yang masih ingin bekerja begitu melihat wujud Cartoon Cat? Bayarannya tidak setimpal!

8. Dark Deception

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeDark Deception (dok. Glowstick Entertainment/Dark Deception)

Jika game Pac-Man digabung dengan game horor, hasilnya adalah Dark Deception. Artinya, game yang menyeramkan ini punya desain level berupa labirin yang mengharuskan kamu untuk terus berlari tanpa ada kesempatan untuk bersembunyi.

Dark Deception memiliki sistem XP dan kekuatan sehingga kamu dapat bertahan hidup lebih lama melawan sejumlah makhluk yang mengerikan. Sebagai contoh, terdapat skill Speed Boost yang meningkatkan kecepatan lari kamu. Selain itu, ada juga skill Teleportation yang mengizinkan kamu melakukan teleportasi melewati musuh dan jebakan. Siap mengikuti olahraga jantung?

9. Murder House

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeMurder House (dok. Puppet Combo/Murder House)

Salah satu keindahan game horor terletak pada fleksibilitasnya. Baik grafik modern maupun grafik jadul, keduanya tetap bisa membuat para gamer takut bukan main. Dalam konteks grafik lawas, Puppet Combo dikenal luas sebagai developer yang kerap menggunakan visual ala game PlayStation 1.

Cerita Murder House dimulai ketika sebuah tim reporter menerobos masuk ke rumah tua Anthony Smith, pembunuh berantai yang telah dieksekusi mati. Mereka berencana untuk membuat program tentang rumah berhantu.

Pertanyaannya, apakah pembunuh itu benar-benar sudah mati? Kamu akan mengetahui kebenarannya saat memainkan game ini.

10. Mr. Hopp's Playhouse

10 Game Mascot Horror Terseram, Termasuk Poppy PlaytimeMr. Hopp's Playhouse (dok. Moonbit/Mr. Hopp's Playhouse)

Selain Murder House, Mr. Hopp's Playhouse juga melibatkan kelinci sebagai ancaman utamanya. Bedanya, kamu bukanlah anggota kru berita, melainkan seorang anak perempuan bernama Ruby yang takut terhadap bonekanya. 

Ketakutan Ruby disebabkan oleh hilangnya boneka itu tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, Ruby berusaha untuk mencari jawaban seputar misteri boneka itu sambil bersembunyi dari Mr. Hopp. Sebagai Ruby, kamu perlu berhati-hati karena petak umpet ini menjadi penentu hidup dan mati.

Itulah sepuluh game mascot horror yang paling seram. Kalau ada game lainnya yang patut masuk dalam list, tambahkan lewat fitur komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Poppy Playtime, Bertahan Hidup dari Teror Mainan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya