Comscore Tracker

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!

Dua dunia berbeda bergabung menjadi satu

Kolaborasi satu game dengan media yang lain bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh. Biasanya, kolaborasi ini terjadi dalam game gacha atau game online yang selalu menambahkan konten baru sesuai dengan model bisnis.

Memang sih, kolaborasi sering kita temukan. Namun, hal ini tidak membosankan karena tim developer kerap menambahkan karakter-karakter unik dari seri yang tidak terduga. 

Nah, dalam list ini kita akan membahas sejumlah kolaborasi yang paling unik. Penasaran apa saja game dan karakternya? Check it out!

1. Super Smash Bros. Ultimate X Minecraft

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Super Smash Bros. Ultimate dan Minecraft (press-start.com.au)

Dari dulu, Steve dari Minecraft dan Jonesy dari Fortnite selalu menjadi lelucon di komunitas Super Smash Bros. Kalau disuruh memprediksi karakter baru di game tersebut, tidak sedikit gamer bercanda, mengatakan bahwa Steve dan Jonesy akan mendominasi arena pertarungan.

Lucunya, Steve berhasil menjadi karakter Super Smash Bros. Warganet kaget dan kata kunci 'Steve' langsung trending di Twitter. Di saat yang bersamaan, Twitter mengalami down sehingga banyak yang berpikir bahwa pengumuman Steve menjadi penyebab.

Kerja sama Nintendo dan Mojang tidak berhenti sampai di sini saja. Selain Steve, ada juga skin Alex, Zombie, dan Enderman yang ikut meramaikan duel di arena Minecraft World.

2. Dragon Egg X Tokyo Revengers

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Dragon Egg dan Tokyo Revengers (4gamer.net)

Sebagai manga dan anime yang sangat populer di Jepang, kolaborasi antara Tokyo Revengers dan game gacha rasanya hanya menjadi masalah waktu saja.

Dragon Egg merupakan game mobile RPG yang memberikan kamu kebebasan untuk merekrut karakter dan monster sebelum melawan musuh. Tentunya, tokoh dari Tokyo Revengers juga dapat direkrut.

Yup, para remaja yang biasanya tawuran dengan geng lain nantinya akan melawan makhluk seperti naga buas. Terbayang tidak?

Sejauh ini, kamu bisa mengajak Takemichi Hanagaki (Yuuki Shin), Manjirou Sano / Mikey (Yuu Hayashi), Ken Ryuuguuji / Draken (Tatsuhisa Suzuki), dan Hinata Tachibana (Azumi Waki) untuk melawan Tetta Kisaki (Shoutarou Morikubo).

3. Genshin Impact X Horizon Zero Dawn

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Genshin Impact dan Horizon Zero Dawn (guerrilla-games.com)

Oke, Genshin Impact memang pernah berkolaborasi dengan restoran KFC. Namun, Genshin Impact belum pernah menambahkan karakter baru dari seri lain.

Itulah mengapa para gamer mengira bahwa pengumuman kolaborasi dengan Horizon Zero Dawn dari akun Twitter Genshin Impact merupakan lelucon April Mop. Akan tetapi, cuitan kolaborasi ini jauh dari kata bercanda.

Faktanya, Aloy (Ayahi Takagaki) dan busur panahnya, Predator bisa didapatkan secara cuma-cuma. Pengguna PlayStation 4 dan PlayStation 5 mendapatkan Aloy pada update 2.1, sedangkan platform lainnya harus menunggu sampai update 2.2.

Kerja sama ini tentunya membuka jalan bagi kolaborasi lainnya di masa yang akan datang. Kira-kira, siapakah yang cocok menjadi karakter tamu di Genshin Impact?

Baca Juga: Dulu Eksklusif Konsol, 7 Game Ini Sudah Tersedia di PC

4. Puzzle & Dragons X Jujutsu Kaisen

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Puzzle & Dragons dan Jujutsu Kaisen (news.qoo-app.com)

Kalau bicara soal kolaborasi, Puzzle & Dragons menjadi juara. Seperti Fortnite, Puzzle & Dragons sudah menjalankan banyak kolaborasi, mulai dari Star Wars sampai Kimetsu no Yaiba.

Game dengan gaya permainan ala Candy Crush ini juga bekerja sama dengan Jujutsu Kaisen. Banyak karakter yang muncul dalam game puzzle tersebut, seperti trio Yuuji Itadori (Junya Enoki), Nobara Kugisaki (Asami Seto), Megumi Fushiguro (Yuuma Uchida), diikuti karakter keren lainnya seperti Satoru Gojo (Yuuichi Nakamura) dan Kento Nanami (Kenjirou Tsuda).

Tidak hanya muncul dalam kolaborasi, Jujutsu Kaisen mendapatkan game mobile action RPG dengan judul 'Jujutsu Kaisen: Phantom Parade'. Kamu tertarik?

5. Arknights X Tom Clancy's Rainbow Six Siege

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Arknights dan Tom Clancy's Rainbow Six Siege (siliconera.com)

Siapa yang sangka bahwa game FPS seperti Tom Clancy's Rainbow Six Siege hadir di game gacha seperti Arknights? Game gacha yang mengambil tempat di planet pasca-apokaliptik ini diramaikan oleh Ash, Blitz, Frost, dan sosok yang populer di komunitas Rainbow Six, Tachanka. Ya, kamu dapat melihat Lord Tachanka dalam kejayaannya.

Dalam event ini, gamer menonton cutscene dan bermain di arena khusus. Uang yang diperoleh dari penyelesaian misi dapat ditukarkan di event shop. Pikirkan baik-baik sebelum membeli, ya!

6. Disgaea 6 X Hololive Virtual Youtubers

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Disgaea 6 dan Hololive (otaquest.com)

Kepopuleran Virtual Youtubers tidak terbantahkan. Sampai-sampai, Vtubers sudah tersebar di berbagai tempat seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Hal ini menjadi kesempatan emas bagi berbagai produk untuk bekerja sama dengan para Vtubers. Contoh mudahnya adalah Kiara Takanashi dari Hololive EN yang menjadi brand ambassador untuk game Tales of Arise.

Selain Tales of Arise, salah satu kerja sama yang menarik perhatian warganet adalah kolaborasi Disgaea 6 dan Hololive. Dengan DLC Vtubers ini, kamu mendapatkan lima karakter berdasarkan desain Tsunomaki Watame, Uruha Rushia, Shirakami Fubuki, Shiranui Flare, dan Omaru Polka.

Setiap karakter disuarai oleh Vtubers yang bersangkutan. Mengikuti sistem leveling yang absurd di game Disgaea, Vtubers kesayangan kamu dapat mencapai level 99.999.999.

7. Higurashi no Naku Koro Ni Mei X Clannad

7 Kolaborasi Karakter Paling Unik dalam Game, Ada Vtuber!ilustrasi kolaborasi Higurashi no Naku Koro ni Mei dan Clannad (siliconera.com)

Clannad identik dengan kisah sedih yang menguras air mata. Higurashi identik dengan kisah misteri sadis yang membuat kamu selalu bertanya-tanya. Kalau keduanya digabung, jadinya seperti apa?

Pertanyaan kamu terjawab melalui game Higurashi no Naku Koro ni Mei. Game ini memiliki genre RPG yang dilengkapi dengan unsur Visual Novel. Artinya, kamu akan melawan berbagai jenis monster. Kamu juga bisa mengenal tokoh-tokoh game secara lebih dekat, baik karakter Higurashi maupun Clannad.

Itulah tujuh kolaborasi karakter paling unik dalam game. Tentunya, masih banyak daftar kolaborasi yang belum tercantum dalam list ini.

Sebagai contoh, kerja sama antara PUBG Mobile dan Jujutsu Kaisen. Sampai penulisan artikel ini, belum ada informasi lebih lengkap terkait kolaborasi tersebut sehingga tidak dapat dimasukkan dalam list.

Apakah ada kolaborasi karakter unik dalam game selain yang tercantum dalam list? Bagikan jawabanmu, ya!

Baca Juga: 7 Kolaborasi Produk dan Game yang Bikin Gak Nyangka

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya