Comscore Tracker

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1

Duh, berasa nostalgia banget, ya?

Sebelum ada smartphone game secanggih sekarang, bermain game lewat PC adalah hal yang biasa kita lakukan. Ada beberapa game developer yang terkenal saat itu, seperti PopCap Games, Gamelab, MumboJumbo, GameHouse dan lain sebagainya. Rata-rata game ini populer di akhir tahun 1990 dan awal tahun 2000.

Masih ingatkah kamu dengan game jadul yang pernah kamu mainkan dulu? Mari bernostalgia lewat artikel berikut ini. Dijamin bikin kangen dan pengin main lagi!

1. Iggle Pop!

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1games4win.com

Iggle Pop! adalah game yang dikembangkan oleh Sprout Games. Game ini sering disebut sebagai next generation dari PacMan. Ini karena konsep permainannya yang mirip. Di game ini, kamu harus membebaskan para Iggle yang terkurung dalam sebuah gelembung. Setelah berhasil dibebaskan, Iggle akan berjalan mengekor di belakang kita.

Namun, berhati-hatilah! Monster yang jahat akan muncul dan membuat para Iggle kembali terperangkap dalam gelembung! Kamu harus menghindar apabila berpapasan dengan monster tersebut. Selain itu, kamu harus menempatkan para Iggle dalam rumah sesuai dengan warnanya masing-masing. Terdengar mudah namun tetap menyenangkan!

2. Insaniquarium

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1steamcommunity.com

Insaniquarium adalah game yang dirilis oleh PopCap Games pada 2 Mei 2002, sementara versi Deluxe dirilis pada 1 September 2004. Di sini, pemain harus mengatur aquarium yang berisi ikan guppy dan berbagai makhluk air lainnya. Ikan guppy akan mengeluarkan koin dan permata yang bisa digunakan untuk membeli makanan, ikan baru, senjata dan telur untuk beranjak ke level berikutnya.

Guppy adalah ikan utama dalam game Insaniquarium. Ikan ini terdiri dari 5 bentuk, yaitu bayi, sedang, besar, bintang (badan berwarna transparan) dan raja guppy (badan berwarna biru). Berhati-hatilah, karena di tiap level selalu ada monster jahat yang akan membunuh seluruh ikan yang kita pelihara. Lawanlah monster itu dengan senjata yang disediakan.

3. Pizza Frenzy

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1steampowered.com

Masih ingat dengan Pizza Frenzy, arcade game yang dibuat oleh Sprout Games dan diterbitkan oleh PopCap Games? Game ini pertama dirilis pada 2 Februari 2005 silam. Cara bermainnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengantarkan pesanan pizza pada customer secara cepat dan tepat!

Di setiap level, ada goals yang harus kita raih, baik dalam wujud uang atau bintang. Semakin naik level kita, semakin banyak topping pizza yang kita peroleh. Kita pun bisa mendesain sendiri pizza buatan kita dan menjualnya ke customer. Yang membuatnya unik, kita akan berpindah-pindah lokasi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, berhati-hatilah, karena ada penjahat yang bisa mencuri uang dan menurunkan rating kita!

4. Diner Dash

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1softonic.com

Siapa sih yang gak pernah main Diner Dash? Game buatan Gamelab ini pertama kali diluncurkan pada 3 Desember 2004 untuk versi PC dan 13 Mei 2007 untuk versi Nintendo. Di sini, kamu akan berperan sebagai Flo, seorang pemilik restoran. Ia bekerja keras dan turun langsung menjadi pelayan (waitress) dan melayani langsung pelanggannya.

Pekerjaan ini tidak mudah, karena ia dituntut untuk melayani pelanggannya yang mudah kehilangan kesabaran. Sebagai pemain, kamu harus menempatkan pelanggan ke meja dan kursi yang telah tersedia, mencatat pesanan, mengantarkan makanan dan membereskan meja. Seru dan bikin lupa waktu!

5. Feeding Frenzy

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1softfamous.com

Satu lagi game PC jadul yang bikin lupa waktu: Feeding Frenzy! Game ini dibuat oleh Sprout Games dan dipublikasikan oleh PopCap Games. Feeding Frenzy pertama dirilis pada 11 Februari 2004 alias 15 tahun lalu! Di sini, kamu berperan sebagai ikan yang selalu lapar dan harus makan ikan lain agar ukuran tubuhnya jadi membesar.

Feeding Frenzy membutuhkan kelincahan dan kewaspadaan, sebab di dalam laut bertebaran ranjau yang bisa membunuh kita! Ada pula predator berukuran besar, ikan yang terpapar radiasi atau ubur-ubur penyengat yang perlu kita hindari. Jelajahi seluruh lautan dan menangkan permainan!

Baca Juga: 5 Game Jadul di HP Ini Dulu Sempat Bikin Ketagihan, Pernah Menang?

6. Zuma Deluxe

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 14techmix.com

Zuma Deluxe adalah game yang cocok dimainkan saat sedang gabut. Game ini dibuat oleh Oberon Media dan dipublikasikan oleh PopCap Games. Dirilis pada 12 Desember 2003, Zuma Deluxe adalah game yang sangat simpel. Pemain berperan sebagai seekor kodok dan harus menghilangkan semua bola yang bergulir di layar.

Hati-hati! Jangan sampai bola itu masuk ke dalam tengkorak atau nyawamu akan hilang satu. Pemain dibekali dengan tiga nyawa, namun kita bisa menyimpan nyawa yang tak terpakai untuk digunakan ke level berikutnya. Semakin naik level, maka permainan akan menjadi lebih sulit dan warna bola akan menjadi semakin beragam.

7. Big Kahuna Reef

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1macgamestore.com

Suka bermain game berbasis puzzle? Pasti kamu pernah bermain Big Kahuna Reef, game buatan Reflexive Entertainment.

Game ini pertama dirilis pada tahun 2004 untuk versi PC. Cara permainannya mudah, kamu hanya perlu menyamakan 3 puzzle, baik mendatar atau menurun dan meraih skor sebanyak-banyaknya.

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1mobygames.com

Terdengar membosankan? Tidak juga. Karena setiap kamu membuka level, kita akan membuka jenis ikan baru. Ikan ini bisa kita pelihara dan kita bebas melihatnya berenang ke sana kemari. Memandang laut, karang dan ikan-ikan akan membuat hati kita tenang! Apalagi, soundtrack-nya juga menenangkan.

8. Turtle Bay

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1turtle-bay.soft32.com

Masih banyak game PC jadul yang legendaris, salah satunya adalah Turtle Bay. Game ini dibuat oleh Snowstep Development serta bisa dimainkan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Game ini berjenis arcade dan memiliki ukuran yang kecil, yakni hanya 8,47 MB. Tak terlalu menyita ruang penyimpanan, kan?

Di game ini, kamu berperan sebagai seekor kura-kura. Tugasmu adalah menyelamatkan kura-kura lain yang terperangkap dalam es batu. Berhati-hatilah, karena ada banyak jebakan! Mulai dari gurita ganas, ranjau, kepiting dan lain sebagainya. Jangan sampai terkena atau nyawamu akan hilang!

9. Mad Caps

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1gamehouse.com

Berpacu dengan waktu adalah slogan untuk game ini. Namanya Mad Caps, ukurannya hanya 6 MB. Game dengan genre puzzle ini sangat ringan dan hanya memerlukan RAM berukuran 256 MB, CPU berkekuatan 800 Mhz serta hard drive berukuran 13 MB. Meski kecil, tapi dijamin bikin kamu ketagihan!

Pemain harus menyamakan tutup botol dengan warna yang sama. Selain itu, kamu perlu membuka kata misterius yang ada di bagian atas. Hurufnya berada di balik tutup botol yang berkilau. Serunya lagi, kamu bisa memakai bantuan senjata roket, alien dan lainnya untuk membuka tutup botol lebih cepat. Harus cepat karena waktunya singkat!

10. Platypus

Mari Bernostalgia, Ini 10 Game PC Jadul yang Sangat Legendaris Pt. 1gamehouse.com

Berbeda dengan game lain yang telah disebut, Platypus merupakan shooter game. Platypus pertama kali dirilis pada 14 Mei 2002 dan dibuat oleh Anthony Flack. Pemain akan menerbangkan pesawat antariksa kuno dan harus mempertahankan Mungola dari serangan Colossatropolis.

Mungola adalah negara yang damai sementara Colossatropolis adalah negara tetangganya. Akan tetapi, penduduk Colossatropolis sudah terlalu padat sehingga mereka berupaya merebut ruang dan sumber daya Mungola. Kamu harus menembakkan senjata dari pesawatmu untuk menyerang Colossatropolis.

Nah, itulah 10 game PC jadul yang paling legendaris dan perlu kamu ketahui. Mana yang dulu pernah kamu mainkan?

Baca Juga: Bikin Rindu, 5 Game Jadul Ini Pernah Bikin Kecanduan Anak 2000an

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You