Comscore Tracker

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor Dunia

Salah satunya pernah digunakan agen intelijen Inggris lho

Kalian pasti sudah tahu permainan monopoli. Ya, monopoli adalah salah satu permainan papan paling populer yang merupakan simulasi sederhana dunia properti.

Tujuan permainan ini adalah menguasai sebanyak mungkin petak dengan cara membeli, menyewa, dan menukarkan properti dan aset. Permainan ini telah berumur puluhan tahun sejak pertama kali dibuat. Eksistensi monopoli pun diwarnai sejarahnya sendiri yang unik dan bahkan kontroversial.

Apa saja fakta permainan monopoli yang pernah terekam dalam sejarah? Simak poin-poin berikut.

1. Ide permainan monopoli dicuri dan penemunya sendiri hanya mendapatkan royalti yang sangat kecil

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor Duniaranker.com

Charles Darrow adalah seorang penjual alat pemanas rumah tangga, terlepas dari kepopulerannya yang sering disebut-sebut sebagai penemu monopoli. Faktanya, ide monopoli awalnya datang dari seorang perempuan bernama Elizabeth Magie. 

Pada 1903, Elizabeth menamakan permainan monopolinya sebagai Landlord's Game. Monopoli yang dibuat Elizabeth merupakan sebuah upaya protes terhadap monopoli ekonomi yang dilakukan oleh John D. Rockefeller dan Andrew Carnegie.  

Melihat hal tersebut, Charles lalu mengklaim versi permainan Elizabeth sebagai miliknya untuk tujuan komersil dan menjualnya ke Parker Brothers pada 1933. 

Dari situ, Charles mendapatkan royalti jutaan dolar dari banyaknya penjualan, sementara Elizabeth hanya mendapatkan 500 dolar dari kesepakatan pembelian hak paten permainan yang ia gagas.

2. Monopoli buatan tangan Charles Darrow adalah versi tertua

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor DuniaListverse.com

Sebelum sukses, Parker Brothers awalnya menolak tawaran Charles untuk membeli permainan monopolinya. Penolakan ini membuat Charles memutuskan untuk memproduksi sendiri dalam versi buatan tangan sebanyak 5.000 eksemplar. 

Ternyata monopoli versi buatan tangan ini populer di pasaran, sehingga Parker Brothers berubah pikiran dan membuat penawaran kembali dengan Charles Darrow. 

Seperti apa monopoli pertama yang dibuat? Papan monopoli awal didesain melingkar dengan bahan sepotong kain minyak. Versi inilah yang kemudian menjadi versi monopoli paling tua dan merupakan salah satu versi asli yang pernah dibeli dengan harga $146.500 oleh Strong National Museum of Play di New York.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Permainan Scrabble beserta Sejarahnya, Jangan Asal Main

3. Maskot monopoli terinspirasi dari seorang taipan di dunia nyata

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor Duniakpcw.org

Monopoly Man atau Rich Uncle Penny Bags, julukan untuk maskot permainan monopoli, dikabarkan diinspirasi dari J. P. Morgan.

Morgan adalah salah satu orang paling berpengaruh di Amerika Serikat sebelum permainan monopoli diciptakan. Ia adalah seorang bankir dan pemodal yang mengawasi perusahaan keuangan yang sekarang dikenal dengan J.P. Morgan and Company.

Maskot monopoli dan J.P. Morgan memang sangat menyerupai, dengan setelan jas rapi, topper hat atau topi yang identik dengan pesulap, dan kumis putih tebal yang mencolok. 

4. Monopoli telah mencatatkan lebih dari 10 rekor dunia 

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor Duniacbslocal.com

Ada lebih dari 10 rekor dunia yang berkaitan dengan permainan monopoli. Beberapa rekor tersebut meliputi: Banyaknya orang yang bermain monopoli di satu tempat, kolektor monopoli terbanyak, dan papan permainan monopoli terbesar di dunia. Papan monopoli terbesar dibuat pada 2016 di Belanda dengan ukuran 9.689,97 kaki (lebih dari 2.926,08 meter persegi). 

Namun, papan monopoli yang permanen dan terbesar di dunia berlokasi di San Jose, Kalifornia. Daerah ini disebut Monopoly in the Park dan dibuka untuk umum sejak Juli 2002. Besarnya 930 kaki persegi atau sekitar 86,3 meter persegi, lengkap dengan dadu jumbo, token raksasa, dan pakaian penjara untuk mereka yang "mendapat denda" dalam permainan.

5. Sarana hiburan untuk tahanan Perang Dunia II dan dimanfaatkan agen intelijen Inggris

5 Fakta Permainan Monopoli, dari Kontroversi sampai Rekor Duniamarchmatron.com

Monopoli sangat populer pada saat Perang Dunia II berlangsung dan merupakan salah satu sarana hiburan di penjara bagi para tahanan perang.

Selain mengizinkan para tahanan perang untuk menerima surat dan paket, Jerman juga mengizinkan adanya monopoli untuk para tahanan sebagai sarana pelepas stres.

Upaya tersebut dilihat agen intelijen Inggris sebagai peluang untuk meloloskan warga negaranya yang ditahan. Bekerja sama dengan produsen monopoli, agen intelijen Inggris menyisipkan sesuatu yang membantu para tahanan untuk merencanakan aksi melarikan diri.

Sesuatu tersebut di antaranya adalah kompas dan peta yang mengarahkan tahanan melalui rute paling aman untuk pelarian. Selain itu, para agen intelijen Inggris juga menyelundupkan uang asli yang serupa dengan uang monopoli. 

Nah, itulah beberapa fakta permainan monopoli yang sekarang sudah kalian ketahui. Keren, 'kan? 

Baca Juga: 6 Game Monopoli Terbaik Ini Bikin Betah Lama-lama Memainkannya

Noor Adha Satrio Photo Writer Noor Adha Satrio

Pekerja di bidang komunikasi. Gemar menikmati karya sinematik dan beragam jenis literatur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya