Comscore Tracker

5 "Mantan" Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!

Ternyata ini alasannya!

Setiap hero di Mobile Legends memiliki kemampuannya masing-masing, kamu tidak bisa menyamakan antara hero Mage dengan hero Fighter. Begitupula dengan kekuatan atau power, ada sebagian hero yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan dengan hero lainnya. Hero yang memiliki kekuatan lebih besar itu dinamakan hero overpowered atau terlalu kuat, akibatnya banyak sekali orang yang berebut untuk menggunakannya dan kerap di-ban.

Di bawah ini ada 5 mantan hero yang sangat overpowered di Mobile Legends. Kok mantan sih? Dikarenakan 5 hero overpowered ini sudah jarang banget dipakai, kira-kira apa ya alasannya? Yuk disimak baik-baik.

1. Harith (Mage)

5 Mantan Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Harith adalah hero Mage yang dulu sangat overpowered di Mobile Legends. Di zamannya Harith selalu menjadi rebutan bahkan kerap kali di-ban di rank Epic ke atas. Sejak awal dirilisnya Harith pada 6 November 2018 hero ini sudah menjadi rebutan oleh para pemain Mobile Legends, hingga pada akhirnya season 16 atau awal season 17 hero ini mendapatkan nerf yang sangat besar yang membuatnya tidak dipakai lagi. Berikut ini adalah nerf didapatkan Harith.

Harith mendapatkan dua poin nerf sekaligus yaitu pada skill pasif dan juga skill satunya. Skill pasif yaitu (Key Insight) pengurangan efek resilience sebesar 10% menjadi 60%, pengurangan ini akan membuat Harith lebih sensitif terhadap efek crowd control apalagi stun yang berakibat pada kelincahannya. Yang kedua pada skill satunya yaitu (Syncro Fission) mengurangi jangkauan dari skill satunya sebanyak 10%, hal ini membuatnya sangat kesulitan men-lock terget yang jauh darinya dan akibatnya Ia tidak semematikan dulu. Mengetahui 2 nerf besar pada Harith apakah kamu masih tertarik untuk menggunakannya?

2. Lunox

5 Mantan Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Lunox juga termasuk hero yang pernah overpowered banget di Mobile Legends, sekarang hal tersebut hanya tinggal kenangan setelah Lunox mendapatkan nerf yang cukup besar di patch 1.3.92. Kejayaannya berawal dari season 9, kala itu Lunox sangat diperebutkan di Turnamen MPL, di mode Ranked bahkan seringkali di-ban dikarenakan memiliki damage yang besar. Hal tersebut sekarang hanya menjadi kenangan setelah rilis update patch 1.3.92. berikut ini adalah nerf yang diberikan kepada Lunox.

Nerf pada Lunox sebenarnya tidak banyak akan tetapi sangat berpengaruh pada kemampuannya dalam membunuh target maupun memberikan brust damage dari skill ultimate-nya, berikut ini adalah nerf yang diberikan kepada Lunox. Movement Speed-nya Lunox dikurangi 10 poin menjadi 240 yang mulanya adalah 250, Movement Speed dari skill ultimate-nya yaitu (Power of Chaos) pun dikurangi. Hal tersebut membuat Lunox sangat kesulitan dalam membunuh targetnya. Masih tertarik untuk menggunakannya?

3. Kimmy 

5 Mantan Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Kimmy adalah hero Marksman/Mage yang dahulu sempat overpowered banget di Mobile Legends. Berbeda dengan kebanyakan hero Marksman, Kimmy mampu menembak targetnya sambil berjalan. Kimmy sangat overpowered dikarenakan Ia mampu meng-hit lawannya dari jarak yang cukup jauh, hal tersebut membuatnya sangat sulit untuk dikejar apalagi di-lock. Selanjutnya hero ini memiliki damage yang sangat besar di early maupun late game dikarenakan Kimmy juga termasuk hero Mage sekaligus Marksman dan yang terakhir Kimmy mampu melakukan farming dengan sangat cepat. Sayangnya Kimmy yang sekarang tidak seperti yang dulu, hero ini sudah di-nerf yang berakibat sudah mulai jarang dipakai.

Nerf terbesar hero ini terjadi pada update patch 1.4.94, inilah nerf yang membuat Kimmy tak lagi overpowered. Pertama yaitu pengurangan jarak dari skill satunya yaitu (Energy Transformation) sebesar 10%, hal tersebut memaksa Kimmy untuk war dalam jarak yang lebih dekat. Poin kedua masih di skill satunya yaitu penyesuaian pada bonus Physical Damage yang mulanya 42% kini menjadi 34%-44% dan bonus Magica Damage yang mulanya 48% kini menjadi 40%-50%. Lalu nerf yang terakhir pada skill ultimate yaitu (Maximum Charge) Cooldown dari skill ini menjadi lebih lama yang awalnya 16-25 detik kini menjadi 20-28 detik. Melihat nerf yang diberikan, memang cukup wajar kalo Kimmy tidak overpowered lagi. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: 5 Hero Ini Jadi Langganan Ban di Rank Mythic, Overpowered Banget!

4. Kagura

5 Mantan Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Kagura adalah hero Mage yang pernah overpowered banget di Mobile Legends, hero ini bisa membunuh lawannya dengan sangat cepat karena Ia memiliki damage yang sangat besar. Kagura memilih 3 jenis skill, berikut penjelasan singkatnya. Skill satu yaitu (Seimei Umbrella open) skill ini digunakan untuk menggerakkan payung, memberikan efek slow sebesar 60% kepada lawan. Skill dua yaitu (Rasho umbrella flee) skill ini digunakan untuk bergerak secara cepat kearah yang diinginkan dan yang terakhir skill 3 yaitu (Yin Yang Overturn) ini adalah skill ultimate-nya Kagura, skill ini dapat memberikan damage yang sangat besar dan juga efek stun kepada lawan.

Berikut ini adalah beberapa nerf yang pernah diterima Kagura sehingga membuatnya tidak overpowered lagi. Pada Patch 1.2.64 Kagura mendapatkan nerf yaitu mengurangi jarak skill sebesar 10%, hal ini memaksanya bermain lebih dekat dengan lawan. Selain semakin rentan terbunuh, hal ini juga mengurangi mobilitasnya.

5. Gusion 

5 Mantan Hero Overpowered di Mobile Legends, Gak Terpakai Lagi!Dok.Pribadi/Sumahir Hidayanto

Mantan hero overpowered yang terakhir adalah Gusion, hero ini adalah memiliki dua role sekaligus yaitu Mage dan Assassin. Yang membuat Gusion sangat overpowered adalah hero ini sangatlah lincah dan memiliki damage yang sangat besar di early game. Gusion juga bisa banget diandalkan untuk meng-carry tim sebab hero ini memiliki kemampuan membunuh lawan dengan sangat cepat bahkan yang didalam turret sekalipun. Pada masa jayanya dulu, Gusion adalah hero yang paling jadi rebutan di mode Rank.

Gusion menjadi terlupakan gara-gara nerf yang diberikan kepadanya yaitu penggunaan kembali skill satunya untuk mengejar lawan diberikan batasan jarak, jika target terlalu jauh maka player akan diberi tahu "Target tidak ditemukan". Hal ini membuat Gusion tidak semematikan dulu dan memberikan kesempatan lolos kepada lawan. Bagaimana menurutmu?

Itulah 5 mantan hero overpowered di Mobile Legends. Meskipun mendapatkan banyak sekali nerf dan penyesuaian, 5 hero masih tetap bagus kok digunakan di mode Rank.

Baca Juga: 5 Fusion Paling Overpowered dalam Anime Dragon Ball

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya