Comscore Tracker

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-ray

PlayStation 5 juga didukung audio 3D mirip Dolby Atmos

Sony mengawali 2020 dengan mengumumkan logo yang akan menjadi ikon untuk konsol game PlayStation 5 atau PS5. Logo baru itu diumumkan oleh Presiden dan CEO Sony Interavtive Entertainment (SIE) Jim Ryan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020.

Tak hanya meluncurkan logo baru PS5, Sony juga mengumumkan deretan fitur baru yang akan dihadirkan. Berikut daftar fitur PS5.

1. Teknologi output suara 3D

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-raybusinessinsider.sg

Audio imersif merupakan tren yang tengah berkembang dengan munculnya teknologi surround sound berbasis objek, seperti Dolby Atmos dan DTS: X di dunia film. Bagaimana audio imersif diterjemahkan ke dunia game?

Arsitek utama dari PlayStation 5, Mark Cerny menegaskan bahwa konsol generasi berikutnya atau PS5 akan mendukung apa yang disebutnya audio 3D, sesuatu yang katanya akan membuatmu merasa lebih tenggelam dalam permainan saat suara datang dari atas, belakang, dan samping.

Namun, Cerny tidak merinci bagaimana teknologi itu bekerja. Ia hanya menegaskan bahwa fitur ini tidak akan memerlukan perangkat keras eksternal.

2. Media penyimpanan SSD supercepat

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-raybusinessinsider.sg

Salah satu perbedaan paling penting antara konsol generasi sekarang dari Sony ialah PS5 akan dilengkapi dengan SSD yang sangat cepat. Mark Cerny, arsitek utama PS5, menyebut SSD sebagai kunci untuk generasi berikutnya. Keuntungan yang diberikan oleh SSD supercepat ini dapat mengubah dunia game.

SSD supercepat ini akan memberi pengalaman bermain game yang lebih cepat, misalnya Marvel's Spider-Man pada PS4 Pro dan devkit untuk PS5. Pergerakan perjalanan itu memakan waktu 15 detik di PS4 Pro dan 0,8 detik di PS5.

Waktu render juga lebih cepat saat data game disimpan pada SSD. Dengan kata lain, SSD memungkinkanmu membuat lebih banyak data dalam jumlah waktu singkat.

Baca Juga: 7 Keputusan Terburuk Nintendo, Salah Satunya Menciptakan PlayStation

3. Teknologi grafis ray tracing

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-rayyibada.com

Ray tracing merupakan teknologi rendering modern yang digunakan guna menciptakan gambar dengan cara mendeteksi lajur cahaya yang ada di dalam gambar dan menstimulasikan interaksi cahaya tersebut dengan objek virtual.

Ray tracing merupakan metode canggih untuk membuat game 3D menjadi sangat realistis. Perusahaan yang kini tengah mengembangkan teknologi ini yaitu Nvidia. Perusahaan ini juga disebut akan membuat grafis ray tracing bagi PS5.

Prosesnya berupa sumber cahaya akan mengeluarkan sinar linier yang kemudian memantul dari permukaan yang diterimanya ke permukaan lainnya hingga mencapai matamu.

4. Didukung 4K Blu-ray dengan resolusi Ultra HD

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-raytechinasia.com

PS5 disebut akan didukung oleh fitur 4K Blu-ray di dalam disk drive. Mengapa fitur ini hadir di PS5?

Produsen game konsol ini ingin memberi pengalaman baru kepada penggunanya berupa gambar dengan kualitas tinggi. Kamu saja kalau mau nonton film pasti akan menggunakan resolusi tinggi untuk mendapatkan gambar yang bagus. Game pun membutuhkan itu.

5. Didukung fitur haptic feedback dan adaptive triggers

5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-raydigitaltrends.com

Fitur haptic feedback dan adaptive triggers akan menambah pengalaman baru dalam bermain PS5. Fitur haptic feedback mampu menghadirkan efek getaran (vibration) lebih beragam dibandingkan teknologi yang ada pada generasi sebelumnya.

Fitur adaptive triggers disebut memiliki fungsi yang dapat memberikan tingkat resistansi yang cukup beragam guna menyesuaikan saat pengguna menekan tombol controller bermain game yang berbeda.

Sayangnya, Sony belum mengumumkan rincian tanggal peluncuran PS5. Namun, Sony memastikan PS5 akan hadir tahun ini. Sabar, ya!

Baca Juga: 7 Rahasia Game Playstation 1 yang Selama Ini Tersembunyi

R Malee Photo Verified Writer R Malee

Penulis lepas yang jarang berbuat baik. Silahkan baca, kalau suka silahkan like.....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya