Comscore Tracker

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanya

Super canggih di zamannya, kemunculan mereka mengubah semua

Kamu harus tahu kalau laptop yang kamu miliki sekarang, laptop yang super ringan dan populer karena dapat dibawa-bawa ke mana-mana itu adalah hasil dari pengembangan inovasi zaman dulu. Teknologi portable itu melalui proses yang cukup panjang hingga dapat menjadi sekarang.

Tentu saja membuat inovasi itu tidaklah mudah. Diperlukan trial and error, bahkan kegagalan di pasar untuk baru bisa membuahkan produk yang benar-benar inovatif.

Ini adalah enam laptop, atau tepatnya portable PC, pertama yang hadir ke dunia dan menjadi awal mula semuanya. Lihat bagaimana mereka membawa pengaruh besar ke dunia.

1. Osborne 1, mobile computer pertama di dunia (1991)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanyaclassiccmp.org

Banyak yang mengatakan ini adalah kakek buyut dari semua laptop. Komputer ini memiliki layar 7 inci, dua floppy drive, baterai dan keyboard yang sudah terpasang dengan penutupnya.

Terlihat kecil namun komputer ini memiliki berat 11 kg atau setara berat lima MacBook Pro. Produk ini tidak populer di zamannya, namun ia menjadi inspirasi akan potensialnya portable PC.

2. Grid Compass 1101, laptop pertama dengan pelindung luar (1983)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanyacomplex.com

Komputer bergerak yang baru benar-benar tampak seperti laptop adalah Grid Compass 1101. Dirilis pada 1983, laptop ini didesain dengan memiliki clampshell atau pelindung luar di mana layarnya dapat dilipat menghadap keyboard jika ditutup.

Desain laptop ini sukses dan terus diwariskan ke laptop-laptop di zaman sekarang. Walaupun sebenarnya laptop ini tidak menjual di zamannya karena harganya yang terlampau mahal, yaitu US$ 10 ribu atau sekitar Rp144 juta.

3. Compaq LTE dan Compaq LTE 286, notebook PC pertama (1989)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanyatheverge.com

Sampai dua generasi sebelumnya, laptop masih dianggap sebagai barang yang merepotkan dikarenakan beratnya yang tidak nyaman untuk dibawa-bawa dan juga tergolong besar. Namun itu semua berubah dengan kehadiran Compaq LTE dan Compaq LTE 286.

Ukuran portable PC itu dikurangi sedemikian rupa sehingga hanya memberikan beban sebesar tiga kilogram. Belum lagi keduanya adalah laptop pertama dengan built-in hard drive dan floppy disk drive. Berkat itu, LTE dapat sukses di pasaran.

Baca Juga: Sejarah Video Game: 10 Tahap Perkembangan dari Era Awal hingga Terkini

4. Macintosh Portable, laptop pertama Apple (1989)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanya68kmla.org

Pada 1989, persaingan komputer sudah mulai memanas. Hal itu ditunjukkan dengan hadirnya laptop pertama Apple, Macintosh Portable.

Perusahaan yang identik dengan nama Steve Jobs itu memiliki daya baterai serta layar yang bagus. Laptop ini masih kalah dengan LTE lantaran berat dan ukurannya, namun jika bukan karena hal ini Apple tidak akan bisa menciptakan Mac.

5. Apple PowerBook 100 series, laptop revolusioner di era awal (1991)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanyaflickr.com

Kesalahan Apple coba diperbaiki melalui Apple PowerBook. Ada banyak seri Powerbook. Mulai dari PowerBook 100, PowerBook 140, PowerBook 170 dan lain-lainnya.

Pada laptop ini, Apple mencoba berinovasi dengan memberikan ruang lewat menaruh layar ke bagian terbelakang laptop sehingga memberikan telapak untuk beristirahat dan tempat untuk trackball serta trackpad. Hingga 1994, PowerBook 500 menjadi laptop pertama yang benar-benar menggunakan touchpad dan sekaligus built-in Ethernet network adapter.

6. IBM ThinkPad 700, laptop kuat serta ikonik (1992)

Ketahui 6 'Nenek Moyang' Laptop yang Mengawali Segalanyapcworld.com

Laptop ini menjadi saingan kuat dari PowerBook milik Apple karena desainnya yang sangat modern hingga digadang-gadang sebagai landasan laptop modern zaman sekarang. Desain ThinkPad sangatlah stylish dan fungsional.

Dengan layar berwarna 10,4 inci, 120MB hard drive, dan prosesor IBM 486 SLC yang kuat, ThinkPad digunakan ke mana-mana. Mulai arkeologis yang ke mesir hingga astronot NASA yang ke luar angkasa.

Jika bukan karena kehadiran laptop-laptop ini, kita tidak akan pernah merasakan modernitas yang dihadirkan oleh laptop-laptop zaman sekarang. Jika bukan karena kehadiran laptop-laptop ini, kita tidak akan pernah bisa menenteng komputer yang ringan dan kecil. Jadi berterimakasihlah kepada produk-produk jadul ini.

Baca Juga: Yuk, Mari Mengenal 10 Handphone Jadul yang Mengawali Segalanya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya