Comscore Tracker

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lama

Kalau rawat kamera aja gak becus, apalagi rawat, ehem...

Makin banyak nih ya yang doyan main kamera. Kelihatan lho sekarang banyak millennials yang membawa kamera ke mana-mana. Tetapi situ tahu gak cara merawatnya? Jangan-jangan cuman bawa kamera doang buat gaya-gayaan. Sayang banget lho kalau seperti itu.

Selain membuang-buang uang, tidak merawat kamera juga membuktikan kalau kamu adalah anak yang tidak peduli akan barang. Tetapi bisa jadi tidak merawat kamera itu karena kamu tidak tahu cara merawatnya juga. Jadi ini nih beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pemula di dunia fotografi!

1. Menggunakan tas kamera

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/matt_j

Beberapa orang berpikiran memasukkan kamera ke dalam tas dapat merusak kamera itu sendiri dan mereka lebih memilih untuk menentengnya. Pandangan itu tidak salah jika tas yang digunakan juga tidak berkualitas baik.

Pilihlah tas yang sekiranya mampu menjaga kamera. Toh dengan menggunakan tas kamera, kamu tidak terlalu mencolok dan mengurangi risiko kameramu dicuri.

2. Menyentuh lembut layar LCD dan lensa kamera

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/pawelskor

Dua hal tersebut merupakan hal paling rawan dari seluruh bagian kamera, terlebih ketika posisi membersihkan kamera. Karena itu dibutuhkan peralatan khusus untuk membersihkan kamera.

Belilah peralatan spesial pembersih lensa dan LCD yang memang didesain khusus. Kameramu pasti akan berterima kasih.

3. Melepaskan baterai dari kamera

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/henmankk

Jangan pernah meninggalkan baterai di dalam kamera untuk jangka waktu yang lama. Baterai kamera mengeluarkan asam dan akan menyebabkan karat jika ditaruh di tempat lembap. Jadi jika kamu berencana untuk tidak menggunakan kameramu dalam waktu berbulan-bulan, sebaiknya kamu melepaskannya.

Baca Juga: Terbukti! Teknik Fotografi Ini Bikin “Like” di Sosmed Makin Banyak

4. Mematikan kamera ketika melepaskan bagian-bagiannya

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/we_are_rising

Perlu kamu ingat, ketika kamu membersihkan lensa dan LCD ataupun mengeluarkan baterai, matikan terlebih dahulu kameramu. Menyalakan kamera akan memberikan risiko lebih besar untuk menyebabkan data korup untuk memory card-mu serta debu yang masuk ke dalam sensor. Mematikan kamera juga akan membuatmu lebih menghemat baterai.

5. Gunakan sebaik-baiknya garansimu

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/alex_andrews

Bateraimu tiba-tiba mengeluarkan asam padahal kamu baru saja menggunakannya selama tiga bulan? Jangan membuangnya. Lebih baik kamu membawanya ke dealer atau tempat service resmi kameramu.

Perusahaan yang ternama macam Nikon dan Canon sangat menjaga nama produknya. Sehingga mereka berani untuk memperbaiki kameramu tanpa perlu membayar atau bahkan menggantinya dengan kamera yang baru.

6. Memilih memory card yang baik

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/tompumford

Kita sering kali berpikiran cukup dengan menggunakan memory card tidak akan merusak kamera. Padahal memory card yang bagus dapat meningkatkan kualitas gambar yang kamu ambil.

Adapun hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah memindah gambar menggunakan protective case, membersihkan memory card jika berdebu, meletakkannya di tempat sejuk, dan tidak meletakkannya dekat dengan sumber magnet. Adapun memory card yang baik yang bisa kamu coba adalah SanDisk 16 GB Class 2 SDHC Flash Memory Card dan Transcend 8 GB Class 10 SDHC Flash Memory Card.

7. Menggunakan filter lensa

7 Tips Merawat Kamera untuk Fotografer Pemula, agar Awet Sampai Lamaunsplash.com/chrisyangchrisfilm

Tampak kecil dan tidak penting memang, tetapi menggunakan filter mampu melindungi dan merawat kameramu. Untuk kasus terburuk seperti kameramu terjatuh, filter itu akan menjadi yang pertama untuk terluka. Selain itu filter juga melindungi lensamu dari UV. Oh iya, banyak plilihan untuk filter seperti polarizing filter, neutral density filter, dan color filter.

Untuk sementara itu dulu sih yang perlu kamu perhatikan. Masih banyak lagi yang sebenarnya yang perlu diperhatikan, seperti masalah jamur dan sebagainya, tetapi kalau kamu lakuin itu semua kameramu sudah aman kok.

Baca Juga: Ingin Belajar Menjadi Videografer? 5 Kamera Ini Cocok untuk Pemula

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya