Comscore Tracker

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannya

Haduuuh, bisa-bisa aja deh orang-orang ini

Barusan tadi pagi ada kabar kalau Facebook dan Instagram down hingga tidak bisa digunakan. Orang-orang ramai banget membicarakannya sampai-sampai jadi trending topic di media sosial (baca: Twitter) lho.

Kenapa hanya karena Facebook dan Instagram itu tidak bisa digunakan, masyarakat jadi heboh begitu? Gampang saja. Itu semua karena ada alasannya. Apa alasannya nih? Ini dia jawabannya!

1. Facebook dan Instagram sudah menjadi alat komunikasi sehari-hari

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannyahiveminer.com

Antara sadar atau tidak sadar, kamu sudah menggunakan Facebook dan Instagram dalam keseharianmu dan itu menjadi sebuah kebiasaan. Layaknya rutinitas sehari-hari, walaupun itu tidak banyak berimbas kehidupanmu, kamu akan tetap merasa linglung hanya karena kamu tidak melakukannya.

Konsepnya sama seperti berbicara. Pernah gak sih kamu gak ngomong sama penghuni satu atap selama satu hari penuh? Gimana rasanya? Bingung dan gak enak pastinya. Bukti lainnya adalah dalam sehari rata-rata dari kita pastinya menghabiskan waktu kurang lebih selama 2-5 jam untuk menatap kedua aplikasi tersebut.

2. Facebook dan Instagram menjadi salah satu pemasukan terbesar perusahaan

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannyamyaccount.news.com.au

Kamu kira yang menggunakan Facebook dan Instagram cuman kamu, sebagai individu doang? No, guys. Perusahaan juga menggunakan ini. Dengan pengguna yang mencapai lebih dari satu juta orang di tiap negara, tiap iklan yang ditonton pastinya membawa pemasukan. Belum lagi jika mereka benar-benar tertarik dengan produk perusahaan tersebut.

Gak cuman perusahaan aja sih. Penjual individu juga terkena imbasnya. Kamu tahu kan sekarang ada grup atau postingan spesial khusus untuk berjualan saja, yang mana itu menjadi cara utama memasarkan barang mereka? Kalau Facebook dan Instagram sampai gagal fungsi, berarti mereka gak bisa cari duit buat makan dong.

3. Facebook dan Instagram adalah sumber hiburan utama kita

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannyahandsonotrehab.com

Di mana lagi kamu bisa melihat video lucu atau yang menghibur selain dari YouTube? Pastinya ya dari Instagram dan Facebook kan yang mana itu tersaji tiap detik, tiap menit dan tiap jam. Tanpa kehadiran Facebook dan Instagram, rasanya tuh kayak nggak ada minuman pelepas dahaga untuk mengatasi kehausan akibat sengatan stres sehari-hari.

Kasusnya mirip-mirip sama televisi di masa muda kita. Di mana lagi kamu bisa nonton kartun saat itu selain dari televisi? Masih ingat pastinya bagaimana orang tua kita sampai harus membatasi dan memberi jam-jam tertentu kapan kita boleh menontonnya.

Baca Juga: Facebook dan Instagram Down, Aplikasi Lain Ikut Terpengaruh

4. Facebook dan Instagram menjadi media kita untuk menyampaikan pikiran dan ekspresi kita

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannyadigitalartsonline.co.uk

Haloooo, sudah bukan zamannya kamu menggunakan buku diary untuk mencatat keseharianmu dan mengeluarkan keluh kesah yang ada di benakmu. Semuanya bisa tertuang di Facebook dan Instagram. Terlebih dengan opsi fitur private atau public-nya, kamu bisa membuat status yang berupa buah pikiranmu itu untuk tidak dapat dilihat orang dan hanya sekedar lewat saja atau menjadi sebuah media untuk berdiskusi.

Punya gambar yang ingin kamu pamerkan ke orang-orang? Facebook dan Instagram bisa jadi solusimu. Hasil fotomu, hasil gambarmu, hasil tulisanmu, semuanya bisa kamu bagi di dunia maya tersebut. Untung-untung kalau hal tersebut membuahkan uang. Benar bukan?

5. Facebook dan Instagram menjadi mata kita untuk melihat dunia luar

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannyascienceabc.com

Sekarang berita-berita terbaru sudah tidak lagi diperoleh dari televisi, melainkan dari dua layanan tersebut. Bahkan kecepatan penyampaiannya melebihi kecepatan penyampaian televisi yang malahan bisa-bisa sumber berita di televisi jadi datang dari Facebook dan Instagram. Dengan seperti itu, sudah pasti kamu bisa menjadi orang yang paling cepat tahu, cukup dengan melihat layar Facebook dan Instagram.

Selain itu, berkat Facebook dan Instagram kamu juga bisa tahu apa yang terjadi di luar negeri, yang bahkan tak pernah kamu kunjungi. Secara otomatis, wawasanmu juga bisa meluas dengan lebih mudah dan lebih cepat. Bukan hal yang mengagetkan kalau kamu bingung jika tiba-tiba saja Facebook dan Instagram tidak bisa digunakan.

6. Facebook dan Instagram, yang biasanya jadi bagian besar dalam hidup, seakan hilang secara mendadak

Facebook dan Instagram Down, Masyarakat kok Heboh? Ini Lho 6 Alasannya2ser.com

Ini sebenarnya kamu rasakan juga di hal-hal yang lain. Sebagai contoh kamu punya anak. Anakmu tiba-tiba hilang atau tidak bisa bergerak. Apa kamunya gak heboh? Atau diganti aja, gak usah anak deh. Handphone-mu kalau tiba-tiba mati atau hilang, kamu pasti bingung juga kan? Nah, kasusnya serupa dengan itu.

Orang-orang pada umumnya tidak bisa menerima sesuatu yang terjadi secara spontan dalam sekejap mata. Perlu adanya proses untuk bisa menerima kenyataan bahwa ada hal yang hilang dalam hidup. Jadi sebenarnya gak kaget juga kalau kamu bingung karena isu ini.

Baca Juga: Mark Zuckerberg, Inilah 8 Fakta Terunik Tentang Sisi Lain CEO Facebook

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You