Comscore Tracker

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Ini

Semuanya adalah teknologi yang berguna untuk masa depan

Kamu pasti mengenal Bill Gates, founder Microsoft. Kabar duka menyelimutinya dan keluarganya, karena ayahnya — William Henry Gates II, baru saja meninggal dunia karena Alzheimer pada hari Senin (14/9/2020) lalu di rumahnya, dekat pantai Hood Canal, Amerika Serikat. Ayah Bill Gates merupakan seorang veteran Angkatan Darat dan mitra founder di sebuah firma hukum di Seattle.

Pada tahun 2019 lalu, MIT Technology Review menawarkan Bill Gates untuk memilih dan mengurasi 10 inovasi teknologi yang paling canggih dan berguna untuk masyarakat. Hasilnya ada 10 teknologi kurasi Bill Gates. Berikut ini adalah teknologi yang dipilih oleh Bill Gates, yang sayangnya tak sempat dilihat hasil perkembangannya oleh ayahnya!

1. Ketangkasan robot

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Iniopenai.com

Nama proyeknya adalah Dactyl. Robot ini mampu belajar untuk memainkan balok di jarinya. Menurut Gates, sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mentransfer praktik visual ke dunia nyata dan itu berhasil dilakukan tim pengembangnya OpenAI.

2. Tenaga nuklir baru

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Inichinadaily.com.cn

Teknologi terbaru nuklir memungkinkannya untuk memproduksi tenaga lebih aman dan murah. Berukuran lebih kecil dari biasanya, teknologi tenaga nuklir baru ini diperkirakan muncul 2030 atau di atas itu.

3. Memprediksi premis

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Initime.com

Tes darah sederhana mampu memprediksi seorang wanita hamil jika kandungannya akan terlahir prematur. Lewat pengembangan lebih lanjut yang melihat lebih dalam DNA seseorang, diharapkan akan ditemukan obat yang mampu mengatasi hal tersebut sebelum terjadi.

4. Pemeriksaan usus dalam pil

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Iniwired.com

Ini adalah alat super kecil yang mampu menangkap gambar dalam lambung tanpa perlu pembiusan untuk memasukkannya. Teknologi ini mampu membantu peneliti untuk mendapatkan jawaban pengembangan EED, kasus adanya perubahan sel, sehingga bisa mendapatkan pencegahan dan penanganannya.

5. Vaksin kanker

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Ininypost.com

Teknologi ini memungkinkan tubuh membuat mekanisme pertahanan natural untuk membunuh mutasi sel kanker dalam tumor. Teknologi ini sudah dikembangkan sejak 2008 dan masih terus diteliti.

Baca Juga: 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Game dengan Inovasinya, Hebat! 

6. Burger non-sapi

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Inidiscoverlosangeles.com

Laboratorium mencoba mencari cara bagaimana mencari bahan yang serasa dan memiliki nilai nutrisi setara daging sapi sesungguhnya tanpa harus melakukan pengrusakan. Ada satu masalah inovasi ini, yaitu orang-orang dalam waktu dekat ini sepertinya masih belum berhenti makan daging sapi.

7. Penangkap karbon dioksida

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Inisciencemag.org

Karbon dioksida adalah salah satu racun paling berbahaya di udara. Sebuah startup Kanada, Carbon Engineering, mencoba menciptakan alat yang bisa menangkap udara itu. Dalam prosesnya karbon dioksida itu coba dipisahkan dan diubah menjadi molekul lain sehingga dapat dipergunakan hal lain.

8. ECG di lengan

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Inicnet.com

Hal ini sudah mulai tampak lewat pengembangan SmartWatch terus menerus. Diharapkan teknologi ini mampu melihat sinyal listrik dalam tubuh hingga ke level paling detail sehingga bisa menebak penyakit yang akan datang dan melakukan tindakan pencegahannya.

9. Sanitasi tanpa selokan

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Ininews-leader.com

Di inovasi ini, orang-orang mencoba membuat toilet yang bisa beroperasi tanpa sistem selokan. Inovasi ini didasari oleh banyaknya orang yang memiliki sanitasi tidak baik hingga menyebabkan banyak penyakit. Jika berhasil, teknologi ini akan sangat berguna bagi mereka yang tinggal di pedesaan.

10. Asisten AI yang lebih pintar berbicara

Ayah Bill Gates Meninggal, Tak Sempat Rasakan 10 Inovasi Teknologi Inijelvix.com

Alexa, Siri, itu adalah produk nyata dari asisten AI. Namun asisten tersebut dirasa masih kaku dan terasa seperti robot. Dengan pengembangan lebih lanjut diharapkan AI tersebut menjadi jauh lebih manusiawi dan bisa berbicara layaknya manusia biasa.

Itulah 10 teknologi yang tak bisa sempat dirasakan ayah Bill Gates, karena telah meninggal dunia. Beberapa teknologi tersebut masih dalam tahap konsep dan sedang dikembangkan sedemikian rupa, tetapi beberapa sudah terwujud seperti ECG itu. Bayangkan apa jadinya jika teknologi itu hadir di kehidupan kita. Kurang nyaman seperti apakah?

Baca Juga: 9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lama

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya