Comscore Tracker

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Web

Beragam informasi rahasia tersebar di sana

Internet adalah dunia misterius yang memiliki banyak rahasia. Apa yang kamu baca, lihat dan kunjungi hari ini hanyalah sebagian kecil darinya.

Banyak hal atau informasi yang lebih gila lagi tersembunyi di dunia maya tersebut yang sayangnya tidak kamu ketahui. Orang-orang menyebut bagian internet yang tidak diketahui itu sebagai dark web.

Dark web sudah ada sejak lama. Mungkin bisa dibilang semenjak kemunculan internet sendiri. Banyak orang menyimpan rahasianya di sana yang tidak ingin masyarakat ketahui dan sisi inilah yang memberikan adanya pandangan negatif terhadap dark web. Berikut ini adalah sejumlah fakta unik seputar dark web sendiri.

1. Bisa diakses menggunakan browser bernama The Onion Router

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webgeekboots.com

Bagi yang penasaran dengan dark web dan ingin mencoba menjelajahinya, maka cobalah browser The Onion Router (TOR). Sangat disarankan pula menggunakan VPN ketika menjelajah.

2. Situs-situs di sana menggunakan domain khusus

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Weblegit.ng

Di dark web, kebanyakan situs akan menggunakan .onion dan ini tidak bisa diakses sembarang browser. Situs tersebut juga lebih susah dilacak dan dilaporkan.

3. Tidak ilegal untuk mengakses dark web

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Weblorenzolawfirm.com

Dark web adalah sisi gelap internet, tetapi tidak pernah ada hukum yang mengatur hal itu. Itu menjadikan para pengakses terbebas dari jeratan hukum. Yang menjadi ilegal adalah ketika kamu membeli barang black market dari sana.

4. Tidak semua pengguna menggunakan dark web untuk kejahatan

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webimf.org

Beberapa orang malahan menggunakan dark web hanya sekedar untuk menghindari penyensoran dan memberikan pernyataan yang sekiranya melanggar hukum di negaranya. Karena banyak akun anonim, diskusi terbuka pun bisa menjadi lebih luas.

5. Situs terkenal di sana bernama silk road

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webobserver.com

Silk Road ditutup pada Oktober 2013, tapi sebelumnya situs ini merupakan situs jual beli barang. Kamu bisa menemukan banyak barang ilegal di sana, yang mana kebanyakan obat-obatan.

Baca Juga: Ini 7 Website Menarik yang Bisa Kamu Masuki di Dark Web, Berani Coba?

6. Kebanyakan situs di sana adalah penipuan

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webpetapixel.com

Jangan mudah percaya di dark web. Situs-situs bisa menipumu dengan barang-barang jualannya. Malahan sebagian besar situs di sana sengaja digunakan untuk penipuan.

7. Mata uang di sana rata-rata menggunakan bitcoin

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webinsidebitcoins.com

Ada alasan mengapa menggunakan bitcoin. Yang pertama, karena ini tidak dilarang pemerintah. Yang kedua, cukup terpercaya untuk menghindari penipuan. Selain itu bitcoin juga susah dilacak.

8. Organisasi rahasia pemerintah juga berkeliaran di Dark Web

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webthirdway.org

FBI, CIA, dan organisasi lainnya juga sering menjelajah dark web dan menggunakan situs-situs di sana. Malah dark web digunakan untuk melakukan operasi pemberantasan hal-hal ilegal.

9. Banyak yang menggunakan wiki rahasia untuk mencari link dark web

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webscmp.com

Situs-situs wiki yang tersembunyi banyak memberikan link situs .onion. Banyak orang mencari wiki-wiki tersebut untuk bisa masuk ke dark web.

10. Dark web dan deep web adalah dua hal yang berbeda

Menuju Sisi Gelap Internet, Ini 10 Fakta Unik Dark Webtechlog360.com

Ada dua macam website rahasia: dark web dan deep web. Yang berhubungan dengan hal-hal ilegal masuk dalam kategori dark web, sedangkan yang hanya menggunakan domain .onion masuk dalam golongan deep web.

Jika kamu penasaran dan berani, silakan saja telusuri dark web. Tetapi jangan kaget dengan apa yang kamu ketahui di sana. Jangan lupa untuk surfing dengan aman, seperti menggunakan VPN agar privasimu tidak dijebol oleh para hacker. Namun tetap tidak disarankan untuk melakukannya ya. Kamu sudah diperingatkan.

Baca Juga: Hacker Jual 530 Ribu Data Akun Zoom di Dark Web, Apakah Kamu Kena?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya