Comscore Tracker

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangi

Lensanya mampu memisahkan warna merah, hijau dan biru

Ada salah satu teknologi yang sedang ramai dibicarakan oleh orang-orang, yaitu kacamata buta warna. Kacamata tersebut memungkinkan seseorang penderita buta warna untuk mampu melihat warna sesungguhnya.

Sudah ada banyak video yang menunjukkan reaksi bagaimana penderita buta warna menggunakan kacamata ini. Menjadi pertanyaan adalah sebenarnya bagaimana kinerja kacamata ini bekerja? Berikut adalah penjelasannya.

1. Kacamata buta warna menggunakan lensa khusus

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangiwaff.com

Tidak seperti kacamata pada umumnya, kacamata buta warna menggunakan lensa khusus yang bisa meningkatkan warna yang pengguna lihat. Umumnya yang ditingkatkan adalah warna merah hijau karena kebanyakan penderita buta warna tidak mampu melihat warna tersebut.

2. Kacamata buta warna menyaring gelombang yang tidak teratur

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangisitn.hms.harvard.edu

Untuk seseorang bisa melihat warna, ada gelombang cahaya yang harus masuk ke dalam mata mereka: merah, hijau, dan biru. Kasus dalam penderita buta warna adalah gelombang cahaya tersebut saling tumpuk sehingga warna yang berbeda tampak sama. Kacamata buta warna menyaring hal tersebut dan memisahkan tiap warna.

3. Gelombang cahaya yang diatur akan berbeda tergantung tipe buta warnanya

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelanginewsweek.com

Terdapat beberapa macam buta warna. Mulai dari buta warna monokrom yang membuat penderitanya hanya melihat hitam putih, hingga buta warna merah. Untuk itu tiap lensa didesain berbeda-beda tergantung tipe buta warnanya.

Baca Juga: 9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruh

4. Itu membuat kacamata buta warna tidak berfungsi bagi sebagian orang

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelanginewstatesman.com

Diagnosis buta warna perlu benar-benar akurat sebelum membuat kacamata ini. Jika salah, bisa jadi ketika dipakai sang pengguna tidak akan merasakan perubahan apa-apa.

5. Kacamata buta warna tercipta akibat tidak sengaja

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangithehealthjournals.com

Penemunya bernama Don McPherson. Pertama McPherson mencoba mendesain kacamata pelindung untuk operasi laser. Hingga pada suatu ketika temannya yang buta warna mencoba kacamata tersebut dan mampu membuatnya melihat warna. Produknya diberikan nama EnChroma dan kacamata buta warna pertama ini dijual pada 2012.

6. Kacamata buta warna tidak menyembuhkan

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangiwspa.com

Secara jelas kacamata buta warna diterangkan tidak akan mampu menyembuhkan buta warna. Alat ini hanya membantu untuk membedakan warna saja. Menariknya, terdapat informasi jika ke depannya bukan tidak mungkin ditemukan obat untuk menyembuhkan buta warna.

7. Tidak juga membuat mereka melihat warna baru

Berguna, Kacamata Ini Membantu Penyandang Buta Warna Melihat Pelangiblogs.discovermagazine.com

Karena lensa kacamata ini hanya membantu memisahkan warna, penderita buta warna juga tidak akan menemukan warna baru alias warna yang dilihat masih sama dengan orang normal. Itu dikarenakan saraf penglihatan dan visual cortex tidak termodifikasi. Kesimpulannya kacamata buta warna membuat penderita buta warna lebih mudah melihat warna.

Inovasi ini sangat membantu penyandang buta warna mengingat gangguan kesehatan mampu mencelakakan mereka. Sebagai contoh mereka tidak bisa membedakan warna lampu lalu lintas. Karena itulah, bagi kamu yang ingin memberikan kado kepada kerabatmu yang buta warna, ada bagusnya menghadiahkan mereka dengan kacamata ini.

Baca Juga: 10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You