Comscore Tracker

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbang

Sudah kayak film-film fiksi sains ya

Manusia selalu bercita-cita ingin terbang layaknya burung. Dari impian tersebut, terciptalah pesawat terbang. Sayangnya, pesawat terbang juga tak cukup mampu untuk menekan hasrat tersebut.

Dari hasrat yang tak mampu dipendam itulah orang-orang terus menciptakan inovasi. Berikut ini adalah inovasi kendaraan terbang selain pesawat yang sudah ada di dunia.

1. Volocopter

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa TerbangYoutube Volocopter

Kendaraan ini menggunakan 18 mesin rotor sehingga menyerupai drone raksasa. Karena masih berupa konsep, volocopter masih rapuh dan perlu dikembangkan lebih lanjut dan sekiranya akan lama.

Volocopter dirancang untuk menggantikan helikopter yang mana memiliki kontrol lebih sederhana. Volocopter terbang pada 2013, namun hanya bisa bertahan 20 menit di udara.

2. Jetman

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangdecision.ch

Anggaplah ini adalah kostum Iron Man yang disederhanakan tanpa adanya senjata. Jetman dikembangkan oleh Yves Rossy dengan membuat inovasi alat terbang menggunakan konsep dasar ransel.

Alat ini memiliki sayap sebesar 2,4 meter dan dijalankan dengan empat mesin jet. Inovasi Jetman telah diakui oleh Amerika.

3. Hover bike

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangnewatlas.com

Pernah memainkan game PlayStation 1 bernama Jet Moto? Atau menonton film Star Wars? Kurang lebih kendaraan ini serupa dengan kendaraan pada game dan film tersebut.

Dengan menggunakan dua mesin rotor, hover bike akan bergerak mengarah ke arah yang diinginkan pilotnya. Inovasi ini sudah dicoba dan dijual pada 2017. Dikatakan hover bike mudah diterbangkan, tapi diberikan airbag sebagai pengaman.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Galileo Galilei, Bapak Sains Modern

4. Mobil terbang yang bisa berubah

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangnbcnews.com

Transformer sudah mulai muncul. Mobil (atau pesawat?) garapan Terrafugia ini memiliki sayap yang bisa dilipat.

Perubahan tersebut dapat dilakukan dalam waktu satu menit, terhitung cukup cepat untuk mencari momentum lepas landas. Jika dalam posisi terlipat, mobil ini bisa masuk dalam garasi rumah.

5. Skycar

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangtheverge.com

Penemunya, Dr Paul Moller, butuh waktu 50 tahun untuk menciptakan inovasi yang futuristis ini. Tak hanya itu, dia juga harus menghadapi tantangan berupa masalah finansial dan kritik. M400 Skycar muat untuk di jalanan, mampu membawa empat orang dan mampu terbang setelah diuji coba.

6. Parajet skycar

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangparajet.com

Deskripsi mudahnya adalah mobil ATV yang dipasangi turbo pada bagian belakang serta sayap parafoil. Ketika mendarat, kendaraan ini bisa langsung melaju dengan kecepatan maksimum dalam berbagai medan.

7. The Speeder

Bukan Cuma Pesawat, Ini 7 Inovasi Kendaraan yang Bisa Terbangjetpackaviation.com

Dikembangkan khusus oleh perusahaan yang berfokus pada penerbangan, Jetpack Aviation, The Speeder adalah motor yang digadang sebagai motor masa depan. The Speeder menggunakan turbin jet dan mampu terbang selama 20 menit.

Untuk masalah beban, sepeda motor ini mampu membawa beban manusia mencapai 109 kg. The Speeder sudah mulai diperjualbelikan.

Bisakah kamu membayangkan di tiap sudut kota hadir kendaraan ini di masa depan nanti? Sudah tidak ada lagi yang mengendarai mobil di jalanan. Semuanya berpindah ke lalu lintas udara seperti film-film sains fiksi. Sepertinya akan sangat menarik menunggu saat itu tiba.

Baca Juga: 7 Desain Sepeda Futuristis Ini Menunjukkan Kita Mendekati "Masa Depan"

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya