Comscore Tracker

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musik

Di zaman dulu, kalau mau dengarkan musik ya harus ke konser

Di mana pun dan kapan pun kita selalu mendengarkan musik. Entah itu ketika kita sedang berjalan-jalan di mal ataupun ketika sedang berada di rumah saja dan semua itu bisa terjadi berkat perkembangan teknologi yang semakin maju.

Setidaknya ada beberapa teknologi yang benar-benar mengubah cara kita memainkan dan mendengarkan musik. Berikut ini adalah teknologi-teknologi tersebut.

1. Phonograph

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikdigital.collections.slsa.sa.gov.au

Inovasi dari Thomas Edison yang membuat seseorang dapat mendengarkan musik berulang-ulang dan tanpa harus menuju ke lokasi acara musik itu sendiri.

2. Gitar elektrik

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikmusicradar.com

Les Paul adalah gitar pertama yang mengaplikasikan mekanisme listrik ke dalamnya. Butuh satu dekade untuk meyakinkan perusahaan untuk memproduksi gitar elektrik secara massal.

3. Rekaman multitrack

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikmusicradar.com

Metode rekaman ini membuat hasil rekaman sebuah lagu lebih baik. Yang dulunya rekaman harus dilakukan secara langsung dan berulang-ulang tanpa boleh membuat kesalahan, dengan adanya multitrack setiap komposisi bisa direkam secara terpisah dan digabung ketika editing.

4. Pedal efek

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikkeymusic.com

Efek instrumen di masa lalu membutuhkan lingkungan sekitar untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Dengan perusahaan menciptakan pedal efek, musisi pun bisa membuat suara yang mereka inginkan langsung di atas panggung.

5. Synthesizers

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikfactmag.com

Synthesizers pertama sangat besar dan mahal hingga dikatakan tidak mudah untuk dipindah-pindah. Barulah beberapa waktu kemudian, perusahaan instrumen mengenalkan Synthesizers modular yang lebih kecil, murah dan mudah dimainkan.

Baca Juga: 9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruh

6. Turntable

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikaudiogold.co.uk

Dikembangkan dari phonograph, turntable diciptakan sebagai alat pemutar musik. Namun di 1970an, DJ dan hip-hop menggunakan turntable dengan cara yang lebih unik, membuat turntable bisa menjadi instrumen yang unik.

7. Walkman

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musiktheverge.com

Pada tahun 1979, Sony mengenalkan produknya bernama Walkman, sebuah alat pemutar kases personal yang dapat dibawa ke mana-mana. Walkman mengubah kehidupan sosial dan interaksi orang-orang dalam dunia musik.

8. MIDI

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikebay.com

Atau Musical Instrument Digital Interface. MIDI adalah instrumen elektronik yang memungkinkan musisi memainkan beberapa instrumen sekaligus.

9. Auto-tune

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikallthingsgear.com

Pionir yang membawa inovasi ini adalah Kraftwerk, band elektronik asal Jerman pada 1970an. Auto-tune membuat musisi yang memiliki kepekaan nada yang jelek dapat menjadi musisi yang handal pula.

10. Personal Computer (PC)

10 Teknologi yang Mengubah Cara Kita Memainkan dan Mendengarkan Musikzyrex.com

Komputer mengubah semuanya. Musisi bisa mengedit lagu-lagunya lewat produk elektronik ini, penikmat pun bisa mendengarkan musik kesukaannya lewat barang ini.

Untuk sekarang, bagaimana kamu bermain dan mendengarkan musik? Apakah masih analog ataukah sudah digital? Ke depannya musik masih akan terus berkembang. Buktinya sekarang sudah muncul hologram, ya kan?

Baca Juga: 5 Aplikasi Karaoke Terbaik, Rekaman Cuma Perlu Smartphone dan Headset!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You