10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!

Mulai dari Rp500 ribuan

Kebersihan udara menjadi suatu kebutuhan dasar penting. Pasalnya, udara yang bersih bisa membuat kesehatan tetap terjaga. Sayangnya, polusi udara kini makin menjadi. Terlebih di area di perkotaan. Mencari lingkungan udara yang bersih tidaklah mudah.

Demi mendapat udara tetap bersih, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat pembersih udara, air purifier. Buat kamu yang ingin membeli, berikut adalah rekomendasi air purifier terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi merek air purifier terbaik

Sebelum membeli pembersih udara, ada baiknya mengetahui tujuan penggunaan terlebih dahulu. Setidaknya kenali ukuran ruangan di mana air purifier diletakkan serta sesuaikan dengan kapasitas perangkat yang hendak dibeli. Selain itu, perhatikan juga jenis filter yang digunakan.

Di antara banyaknya pilihan, produk-produk berikut bisa jadi referensi untuk membeli air purifier. Filternya lengkap, coverage luas, dengan harga cukup terjangkau. 

1. Xiaomi Mi Air Purifier 3C – Rp1,8 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!ilustrasi Xiaomi Mi Air Purifier 3C (dok. Mi Indonesia)

Mi Air Purifier 3C menjadi salah satu produk penjernih udara yang paling banyak dicari. Air purifier ini sudah dilengkapi True HEPA filter yang memberikan jaminan udara  lebih bersih dengan menyaring hingga 90 persen. Perangkat ini juga terintegrasi dengan Google Assistant membuat produk ini lebih mudah diatur.

Efisiensi cakupan penggunaannya pun cukup luas, mencapai 106 m2/jam. Perangkat ini dapat menyaring bakteri dan virus, asap dapur dan bau makanan, serbuk sari, hingga asap rokok. Selain itu, bisa juga menangkap gas berbahaya dari furnitur, seperti formaldehida, toluena, serta bulu hewan peliharaan.

2. Samsung Air Purifier AX60R – Rp3,3 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!Samsung Air Purifier AX60R (news.samsung.com)

AX60R punya bentuk desain yang cukup hemat ruang dan sederhana. Hal tersebut membuat air purifier ini cocok diletakkan di mana saja. Sistem HEPA filter-nya memastikan udara yang sudah disaring dan dihasilkan terbebas dari polusi. AX60R pun dibekali panel indikasi yang mampu menunjukkan kualitas udara secara real-time.

Fitur utama perangkat ini adalah 3 Way Air Flow yang memungkinkan jangkauan pembersihan udara lebih luas dan cepat. AX60R jadi salah satu rekomendasi air purifier terbaik lengkap dengan indikatoruntuk memantau kualitas udara. Selain debu dan alergen, perangkat ini juga dapat menghilangkan aroma tidak sedap.

3. Philips Air Purifier AC1215/20 – Rp3,3 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!Philips Air Purifier AC1215/20 (philips.co.id)

Bila tempat tinggalmu membutuhkan air purifier untuk ruang besar, maka inilah jawabannya. Philips AC1215/20 mampu menjangkau udara di ruangan sebesar 60 m2 dan itu semua dilakukan tanpa adanya suara bising. Ada pula panel indikasi udara untuk mengetahui kondisi udara ruangan yang sedang kamu hirup.

Mengaktifkan perangkat ini pun cukup mudah. Dilansir situs resminya, cukup tekan satu tombol dan air purifier ini mampu memfilter virus, alergen, dan polutan rumah. Laju penyaluran bersih alias CADR-nya pun besar hingga 270 m3/jam.

4. LG PuriCare™ Wearable Air Purifier AP300AWFA – Rp2,5 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!ilustrasi LG PuriCare™ Wearable Air Purifier (dok. LG)

Air purifier tidak selalu ditinggal di rumah atau ruangan, lho. Rekomendasi air purifier terbaik berikutnya merupakan penjernih udara wearable yang bisa kamu kenakan di mana-mana. Filternya menggunakan H13 (2EA) yang diklaim mampu menyaring PM2.5 alias partikel super kecil di udara.

Tak perlu khawatir sesak saat digunakan, perangkat ini tetap membuatmu bernapas dengan leluasa. Dual inverter motor dan kipasnya membantu tetap segar. Built-in Li-on recheargable battery-nya pun tahan lama hingga 4-8 jam penggunaan.

5. Sharp FP-JM40Y-B Air Purifier Mosquito Catcher – Rp3 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!Sharp FP-JM40Y-B Air Purifier Mosquito Catcher (id.sharp)

Dilihat dari namanya yang menyebut mosquito atau bahasa Inggris-nya nyamuk, maka kamu bisa tahu air purifier ini bakal punya fungsi sampingan. Selain membersihkan udara, Sharp FP-JM40Y-B juga memiliki fungsi sampingan yaitu perangkap nyamuk.

HEPA filter dan ion plasmacluster menjadi senjata utama perangkat dalam membersihkan udara. Applicable coverage area mencapai 30m2 dengan aiflow 20 derajat angle yang memungkinkan gerakan penjernihan udara semakin menyeluruh.

Baca Juga: Apakah Air Purifier Mengurangi Polusi Udara Secara Efektif?

6. Sharp Car Air Purifier IG-GC2Y – Rp1,3 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!Sharp Car Air Purifier IG-GC2Y (id.sharp)

Bukan hanya rumah, mobil pun butuh pembersih udara. Rekomendasi air purifier terbaik  berikutnya adalah Sharp Car Air Purifier IG-GC2Y yang merupakan penjernih udara untuk kendaraan. Filter PM10 akan menjadi senjata utama barang ini dalam membasmi kuman-kuman yang beterbangan di udara.

Ada pula fungsi deodorisasi demi menghilangkan bau tak sedap dalam mobilmu. Bentuknya yang ramping seperti gambar, membuat air purifier ini bisa diletakkan di cup holder. Meski ukurannya cukup kecil, coverage-nya cukup luas hingga 3,6m 2.

7. Levoit Desk Air Purifier LV-H128 – Rp1,1 jutaan

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!ilustrasi Levoit Air Purifier Core P350 Pet Care (dok. Levoit)

Levoit Air Purifier Core P350 Pet Care merupakan satu dari sekian rekomendasi air purifier terbaik. Pasalnya, perangkat ini punya sejumlah fitur lengkap guna membersihkan udara tempatmu tinggal. Mulai dari menyaring virus dan bakteri, partikel kecil, hingga bulu hewan peliharaan.

Formula ARC filter karbon aktif menyerap bau dan mengurainya. Teknologi VortexAir menciptakan aliran udara yang lebih kuat hingga 40m2. Ada 3 stage filtration yang daapt mengubah udara kotor hingga 99,7 persen bahkan untuk partikel ukuran 0,3 mikron.

8. Notale Air Purifier Disney Series - Rp2,2 juta

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!ilustrasi Notale Air Purifier Disney Series (dok. Nota)

Mencari rekomendasi air purifier terbaik dengan desain yang anti-mainstream? Notale Air Purifier Disney Series ini cocok buat dipinang. Desainnya mengusung gambar Mickey Mouse yang jadi tokoh kenangan bagi sebagian besar anak-anak.

Dari segi fitur, perangkat ini oke juga, lho. CADR atau laju penyaluran udaranya cukup luas hingga 400m3 per jam. Coverage areanya mencapai 50m2. Ada dukungan child lock, WiFi, UV sterilizer yang membuat udara bersih menyeluruh.  

9. LEKA AP7808 Desk Air Purifier - Rp1,2 jutaan

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!ilustrasi LEKA AP7808 Desk Air Purifier (dok. GEA RSA)

LEKA AP7808 Desk Air Purifier merupakan penjernih udara berukuran kecil yang cocok diletakkan di atas meja. Meski ukurannya lebih mungil, fungsinya tak kalah jauh, lho. Ada pre filter charcoal, filter HEPA13, sinar UV-C, dan ion negatif. Perangkat ini juga heavy duty yang bisa nyala hingga 24 jam nonstop.

Untuk CADR-nya menjangkau hingga 85m3 per jam dengan jangkauan area 10m2. Tak perlu takut berisik, ada silent mode operation yang membuat mesin dapat bekerja tanpa suara bising.

10. GEA UV-C Air Purifier - Rp1 jutaan

10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik, Xiaomi Hingga Samsung!

Rekomendasi air purifier terbaik yang terakhir adalah GEA UV-C Air Purifier. Sesuai namanya, perangkat ini memiliki UV Sterilizer dan 3in1 HEPA Filter. Fungsinya yakni membunuh virus, bakteri, dan polusi. Ada Pre-Filter, UV light, HEPA13, activated carbon, ionizer.

Coverage areanya cukup luas yakni 30m2. Ada sensor touch button dan touch control dan fan speed yang bisa diatur high, middle, low, hingga sleep. Serta ada 1-12 jam timer yang bisa di-set sesuai kebutuhan.

Masing-masing produk dari rekomendasi air purifier terbaik memiliki fitur yang berbeda. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu, deh!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Air Purifier Murah di Bawah Rp2 Juta

Topik:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Rihanna Bunga
  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya