Comscore Tracker

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lama

Ramalan, cocoklogi, atau sekedar terinspirasi?

The Simpsons terkenal dengan legendanya yang dikatakan mampu meramal masa depan. Contohnya adalah masalah presiden Amerika Donald Trump yang terpilih. Sebenarnya hal itu sudah diprediksi sejak episode lama The Simpsons.

Menarik untuk disimak karena ternyata masalah prediksi ini tak selalu menyangkut peristiwa saja, tetapi juga inovasi teknologi. Berikut ini beberapa inovasi yang telah diprediksi sejak lama oleh The Simpsons.

1. 3D printed Cake

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamain.bookmyshow.com

Inovasi ini sudah diprediksi The Simpsons pada 2005 dengan judul episode Future Drama. Dalam kartun ini The Simpsons menggambarkannya lewat foto 2D yang bisa langsung berubah menjadi kue. Padahal inovasi 3D Printing muncul sekitar 2012 dan dikembangkan NASA untuk bisa mencetak makanan yang berguna untuk para penjelajah luar angkasa.

2. Penutup telinga hamburger

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamarebelcircus.com

The Simpsons menunjukkan inovasi ini sebagai bahan candaan saja lewat episode yang diluncurkan pada 1998. Tetapi satu dekade setelah itu, banyak perusahaan yang mencoba menjual penutup telinga dalam bentuk hamburger dan produk ini menjadi viral pada 2013.

3. Penerjemah bahasa bayi

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamarandomitemdrop.tumblr.com

Ada sebuah episode The Simpsons berjudul “Brother, Can You Spare Two Dimes” yang diluncurkan pada 1992 menunjukkan adanya ciptaan bernama penerjemah bahasa bayi. Teknologi ini membantu para orang tua untuk memahami bayinya dan menariknya pada 2009, perusahaan bernama Biloop Technologic meluncurkan inovasi yang serupa dalam bentuk aplikasi untuk iPhone.

4. Restoran pesawat

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamareddit.com

“Up, Up and Buffet!” adalah episode di mana The Simpsons merayakan ulang tahun pernikahannya di restoran pesawat. 14 tahun setelah episode tersebut ditayangkan, sebuah perusahaan di Colorado membuka restoran pesawat pertama di dunia.

Baca Juga: Ini 10 Brand Teknologi Indonesia yang Kualitasnya Sampai Pasar Dunia

5. Auto-correct

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamavashtie.com

Fitur ini selalu ada di tiap smartphone zaman sekarang. Padahal The Simpsons sudah membuat kartun mengenai hal itu dua dekade yang lalu. Berjudul “Lisa on Ice” ada adegan anak-anak mencatat di sebuah memo elektronik dengan menuliskan “Beat up Martin” namun berubah menjadi “Eat up Martha.”

6. Smartwatch

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamagizmodo.com

Arloji pintar memang merupakan hal yang baru bagi kita, tetapi tidak bagi The Simpsons. Episode “Lisa’s Wedding” menunjukkan bagaimana tunangan Lisa Simpsons menelepon menggunakan arlojinya. Padahal episode itu sudah meluncur sejak 1990an.

7. Toko kidal

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamametro.co.uk

Di sebuah episode, diceritakan tetangga The Simpons membuka toko yang spesial berisikan produk untuk mereka orang kidal. Pada tahun 2008, episode itu menjadi kenyataan saat toko bernama Lefty dibuka dan menawarkan barang-barang khusus orang kidal, macam instrumen dan lain sebagainya.

8. Pendeteksi sarkasme

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamasimpsons.fandom.com

Episode The Simpsons 1999 menampilkan sebuah adegan dengan gambar alat pendeteksi sarkasme. Alat itu hampir terwujud ketika dua peneliti Amerika mencoba menciptakan alat itu dengan menghitung algoritme cuitan Twitter yang menggunakan tag #sarcasm. Hasilnya 85 persen cuitan yang ada ditebak dengan benar jika itu adalah sebuah sarkasme.

9. Papan iklan berdarah

9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lamamentalfloss.com

Musim keempat, The Simpsons menunjukkan adanya iklan The Itchy and Scratchy yang bisa mengeluarkan cairan dengan warna darah. 17 tahun kemudian papan iklan untuk promosi film Kill Bill di Selandia Baru dibuat mirip episode The Simpsons tersebut yang mampu mengeluarkan cat merah darah.

Percaya tidak percaya memang, tapi begitulah kenyataannya. Bisa jadi inovasi ini muncul karena memang terinspirasi dari kartun The Simpsons dan bukan diramal. Yang jelas, teknologi itu hadir di dunia nyata dan mungkin sedang kamu gunakan sekarang.

Baca Juga: 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Game dengan Inovasinya, Hebat! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You