Comscore Tracker

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nya

Anak muda zaman sekarang mah mana ngerti...

Yang muda dan yang tua, sepertinya kedua hal ini tidak pernah bisa disatukan Apalagi keduanya hidup di generasi yang berbeda, otomatis segala hal di sekitarnya juga berbeds,

Ok, di sini kita tidak akan membahas sejarah, tetapi lebih mengenal teknologi. Ternyata nih, kalau dipikir-pikir lagi teknologi yang lebih modern tidak bagus-bagus amat ketimbang teknologi pendahulunya. Malahan ada sisi positif yang selalu dimiliki teknologi lama tersebut.

Pertanyaannya, teknologi apa yang dimaksud? Nah, ini daftarnya.

1. Telepon kabel

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyapixabay.com

Walaupun memang sudah hampir tergantikan sepenuhnya dengan smartphone, faktanya di beberapa tempat telepon kabel masih dipergunakan. Seperti di kantor. Alasannya mudah. Terlepas dari masalah formalitas, telepon kabel menawarkan koneksi yang lebih stabil.

2. Pager

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyaid.depositphotos.com

Benda kecil ini menjadi pengingat dan penerima pesan di waktunya. Fungsinya pun tidak lebih dari itu sehingga kamu akan jarang terganggu dan tidak akan bisa kecanduan. Satu lagi: ia tidak mudah rusak.

3. Telegram

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyaistockphoto.com

Ini adalah bentuk internet zaman dulu. Oh, dan bukan aplikasi ya. Sebagai pengirim pesan, telegram akan mengirimkan sandi-sandi bunyi yang menunjukkan alfabet dan akan membentuk kata. Maka dari itu, ada alasan kenapa pramuka selalu diajarkan sandi morse.

4. Ponsel

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyatheatlantic.com

Yang pernah memegang hape jadul Nokia pasti pernah merasakan betapa kuatnya barang itu. Kamu bisa meninggalkannya selama seminggu tanpa mengisi baterainya dan ia akan tetap menyala. Sering jatuh pun juga tidak rusak-rusak.

Baca Juga: Ngenes, 7 Teknologi Keren Ini Mati dalam Sedekade Terakhir

5. Mesin tik

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyaflickr.com

Kelebihan dari mesin tik adalah... ia tidak punya fungsi lain selain untuk mengetik. Berbeda dengan komputer.

Di komputer, kamu bisa mengakses YouTube dan lain sebagainya. Alhasil, apa yang kamu ketik tidak selesai-selesai. Benar tidak?

6. Kaset tape

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyasnappygoat.com

Mereka pencinta musik pasti paham medium ini. Teknologi untuk memutar musik ini diperkenalkan pada 1987. Sekarang pun kaset tape masih diperjualbelikan walaupun itu hanya berputar di satu kalangan saja.

7. Kaset VHS

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyapiqsels.com

Sebelum era VCD, DVD, dan blu-ray, kaset vhs-lah yang dipergunakan untuk menonton film. Memang tidak praktis karena kalau kamu ingin menonton dari awal, kamu harus memutar ulang dahulu pitanya.

Menariknya di saat ini efek-efek VHS marak digunakan untuk edit video karena dinilai estetik. Itu berarti VHS punya karakter sendiri yang tidak bisa diperoleh medium lain.

8. Disket

8 Teknologi Jadul Ini Lebih Spesial dari Versi Modern-nyapixabay.com

Kamu tua sekali kalau pernah merasakan barang ini. Seperti flashdisk dan CD, disket dipergunakan untuk menyimpan dan mentransfer data antar komputer karena rentan rusak dan hanya bisa menyimpan sedikit data.

Lantas apa kelebihannya? Bentuknya ikonik hingga saat ini dipergunakan sebagai simbol pemrograman.  

Kalau kamu-kamu pernah merasakan menyentuh atau menggunakan barang di daftar ini, itu berarti umurmu sudah sangat tua. Kemungkinan besar kelahiran 90an ke atas ya? Ya begitu deh. Teknologi-teknologi ini masih dikenang sampai sekarang, lho. Coba deh kamu pakai sekali saja untuk merasakan sensasinya.

Baca Juga: Upgrade Diri via Teknologi, 5 Kanal YouTube Ini Bisa Mengubah Hidupmu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya