Comscore Tracker

Winamp Kembali Lagi, Ini 4 Informasi yang Bakal Membuatnya Berbeda

Wah wah wah, music player semasa kecil bakalan ada lagi nih

Kalian yang telah menggunakan komputer semenjak akhir 90 dan awal 2000 pastinya familiar dengan nama Winamp. Yees, itu adalah aplikasi wajib di tiap komputer untuk memutar musik. Winamp kala itu datang pada 1997 sebagai aplikasi pihak ketiga, menghadirkan cara baru menikmati musik dalam format .Mp3. Tidak banyak aplikasi yang serupa kala itu sehingga menangguhkan Winamp sebagai satu-satunya music player yang wajib dimiliki.

Namun semuanya berubah ketika layanan-layanan streaming datang. iTunes, Spotify, membuat orang-orang tidak lagi mendengarkan via Winamp. Terdapat pula saingan-saingan aplikasi yang jauh lebih canggih dan modern. Alhasil, Winamp tutup usia pada 2014 dengan update paling terakhir pada 2013 karena tak ada lagi profit yang masuk.

Kematian Winamp terbantahkan baru-baru ini. Tiba-tiba saja terdapat pengumuman Winamp akan muncul kembali, namun tidak seperti aplikasi yang dulu. Apa yang menjadi perbedaan Winamp yang akan datang dengan Winamp yang lampau? Ini dia informasi-informasinya.

1. Berubah menjadi mobile app

Winamp Kembali Lagi, Ini 4 Informasi yang Bakal Membuatnya Berbedaunsplash.com/fancycrave

Kamu sudah tidak perlu lagi menikmati Winamp via komputer. Sekarang kamu juga bisa mendengarkannya via smartphone. Tidak hanya musik-musik saja, tetapi juga radio streaming, podcast hingga playlist-playlist lainnya. 

2. Tersambung dengan PC

Winamp Kembali Lagi, Ini 4 Informasi yang Bakal Membuatnya Berbedawinamp.com

Kelebihan dari Winamp terbaru adalah ia juga mampu tersambung dengan komputermu. Itu artinya lagu-lagu .Mp3 yang kamu miliki dapat kamu simpan dalam Winamp yang tidak dimiliki data resmi di sana dan dapat kamu dengarkan via aplikasi mobile Winamp. Salah satu sistemnya menggunakan data penyimpanan Cloud.

“Kamu bisa mendengarkan Mp3 yang kamu miliki di rumah dan juga yang ada di Cloud, podcast, stasiun radio streaming serta playlist yang kamu buat,” ucap Alexandre Saboundjian, CEO Radionomy yang mengakusisi Winamp.

Baca Juga: Coba Trik Unduh Video YouTube Ini Tanpa Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

3. Informasi lebih lanjut ada di situs resminya

Winamp Kembali Lagi, Ini 4 Informasi yang Bakal Membuatnya Berbedawinamp.com

Informasi terbaru ini pun membuka kembali akses layanan Winamp. Jika kamu melakukan pencarian dengan kata kunci Winamp, maka kamu akan dibawa ke situs resminya di mana terdapat tulisan “There’s more coming soon.”

Di bagian bawah akan terdapat akses menuju forum yang mana kamu akan mendapatkan informasi terbaru di sana. Untuk sejauh ini, informasi terbarunya berisikan pihak sana sedang menggarap besar-besaran desain terbaru dan hampir selesai.

4. Disembunyikan hingga 2019

Winamp Kembali Lagi, Ini 4 Informasi yang Bakal Membuatnya Berbedacnet.com

Dipercaya Winamp versi 5.8 akan dirilis pada minggu ini dengan perbaikan bug dan isu kompatibiliti. Namun detail lebih lengkapnya tidak disampaikan oleh Saboundjian dan menurut forum Winamp, update ini pun masih memiliki fitur yang tidak lengkap. Diperkirakan versi lengkapnya, yaitu Winamp 6 akan dirilis pada 2019 nanti.

Wah wah wah, kalau Winamp benar dibangkitkan kembali, kira-kira kamu mau mencobanya gak? Kira-kira juga apakah aplikasi Winamp itu bakal mengalahkan aplikasi streaming lainnya ya? Berikan pendapatmu akan hal itu. 

Baca Juga: Tenang, Ini 6 Langkah Ketahui Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya