Comscore Tracker

WhatsApp Perbaiki Celah Keamanan pada Versi Lama, Segera Update!

Ada celah keamanan yang bisa mengamcam privasi kita

Belum lama ini WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi versi lama mereka di Android dan iPhone memiliki celah keamanan berbahaya. Menanggapi hal tersebut, pengguna diminta untuk segera meng-update aplikasi mereka ke versi terbaru. 

Celah keamanan (bug) yang ada pada versi lawas aplikasi WhatsApp tersebut sudah berada pada level critical (kritis). Artinya, bug tersebut bisa mengancam privasi kita!

Ada pada versi WhatsApp 2.22.16.12

WhatsApp Perbaiki Celah Keamanan pada Versi Lama, Segera Update!ilustrasi WhatsApp (Unsplash/ Amin Moshrefi)

Kamu yang mematikan fitur auto-update untuk WhatsApp sepertinya harus segera melihat versi WhatsApp yang kamu gunakan sekarang. Jika aplikasi WhatsApp di smartphone milikmu masih versi 2.22.16.12, segera update.

Versi tersebut tak cuma berbahaya untuk versi WhatsApp Reguler. Jika kamu pengguna WhatsApp Business dengan versi serupa, celah keamanan tersebut bisa mengancam kamu juga. Oleh karena itu, sering-sering cek dan update aplikasi di smartphone-mu, ya!

Baca Juga: 5 Rahasia Aplikasi Whatsapp, Tingkatkan Fungsinya, lho!

Ada 2 celah keamanan yang berbahaya

WhatsApp Perbaiki Celah Keamanan pada Versi Lama, Segera Update!tangkapan layar blog WhatsApp (dok. WhatsApp)

Pihak WhatsApp mengemukakan bahwa pada versi 2.22.16.12 terdapat dua celah keamanan yang berbahaya. Keduanya bisa mengancam privasi kita. Masing-masing celah tersebut diberi nama "CVE-2022-36934" dan "CVE-2022-27492". Berikut penjelasannya:

  • "CVE-2022-36934"

Memiliki skala potensi keamanan 9,8 dari 10. Hacker bisa mengirim kode berbahaya melalui video call. Jika video call tersebut diterima, maka hacker bisa mengirim kode berbahaya dan mengontrol smartphone-mu dari jarak jauh.

  • "CVE-2022-27492"

Memiliki skala potensi keamanan 7,8 dari 10. Hacker bisa mengirim kode berbahaya melalui file video yang ia kirim. Jika video tersebut kamu putar, maka hacker bisa mengirim kode berbahaya ke smartphone-mu.

Sudah diperbaiki pada versi WhatsApp berikutnya

WhatsApp Perbaiki Celah Keamanan pada Versi Lama, Segera Update!ilustrasi logo WhatsApp (Unsplash/ Dima Solomin)

Seperti yang diumumkan oleh pihak WhatsApp, celah keamanan besar tersebut ada pada versi 2.22.16.12. Jika kamu menghidupkan fitur auto-update, seharusnya WhatsApp kamu tetap aman. 

Pasalkan pihak WhatsApp sendiri mengatakan bahwa mereka telah menambal celah kebocoran tersebut pada versi WhatsApp berikutnya. Tercatat saat artikel ini rilis, versi WhatsApp terbaru untuk Android adalah 2.22.19.76 sementara untuk iPhone adalah 2.22.19.78.

Baca Juga: Update Fitur Terbaru WhatsApp yang Perlu Kamu Tahu

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya