Comscore Tracker

Kemenristek Ajak Masyarakat Menyelamatkan Indonesia Dari Virus Corona!

Kirim ide sekreatif mungkin untuk segera diimplementasikan

Dalam rangka turut berkontribusi untuk memerangi wabah virus corona di Indonesia, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengajak masyarakat berpartisipasi ke dalam IDEAthon Innovation COVID-19. Ini merupakan sebuah wadah yang disediakan oleh Kemenristek/BRIN agar masyarakat bisa berinovasi sekaligus bergotong royong dalam melindungi bangsa dari COVID-19.

Nantinya, masyarakat yang tertarik untuk ambil andil dalam IDEAthon Innovation COVID-19 ini bisa menyumbang ide tanpa batas. Setelah itu, ide yang terbaik akan dinilai langsung oleh komite penilai untuk segera diimplementasikan.

"Kalau ide saya terpilih, apakah nanti biaya yang dikeluarkan milik pribadi?"

Tidak perlu memikirkan soal biaya! Pasalnya, Kemenristek/BRIN dan lembaga terkait siap untuk memfasilitasi ide-ide terbaik yang siap diimplementasikan. Jadi, kamu hanya perlu menyumbang ide sekreatif mungkin yang sekiranya efektif dalam menyelamatkan Indonesia dari virus corona.

Penasaran dengan info lebih lengkapnya? Baca sampai habis kalau ingin tahu bagaimana persyaratannya hingga kapan kamu mulai bisa mendaftar!

1. Macam ide/pemikiran yang bisa diajukan

Kemenristek Ajak Masyarakat Menyelamatkan Indonesia Dari Virus Corona!tekniker.es

Kemenristek/BRIN mendorong penggiat IPTEK, mahasiswa, pakar industri, dan masyarakat umum untuk berinovasi melalui beberapa macam bentuk, di antaranya: ide, solusi, produk, sistem, platform, atau aplikasi mobile/web untuk bergotong royong melindungi bangsa dari COVID-19.

Melansir laman resmi Kemenristek/BRIN, ide-ide atau pemikiran terbaik akan diimplementasikan, namun tidak terbatas pada:

  • Aplikasi di ponsel;
  • Web;
  • Internet of Things (IoT);
  • Big Data;
  • Artificial Intelligence (AI);
  • Perangkat elektronik/teknologi lainnya.

Selain itu, pemikiran yang ingin kamu usulkan harus berkaitan dengan penanganan virus corona di Indonesia. Berikut beberapa area atau ranah yang bisa kamu usulkan idenya:

  • Pencegahan virus: Berbagai ide inovasi untuk pencegahan penyakit COVID-19;
  • Pengendalian virus: Tindakan pengamanan dan upaya pengendalian yang dapat diterapkan menggunakan teknologi baru untuk mengurangi penularan virus;
  • Manajemen pelayanan dan perawatan pasien: Langkah-langkah yang dapat diambil untuk optimalisasi pelayanan dan perawatan pasien serta cara melacak pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP);
  • Mitigasi masyarakat: Langkah-langkah untuk melayani masyarakat umum membantu kebutuhan mereka sehari-hari. Misalnya telemedicine, pengiriman makanan, dan hal-hal penting lainnya;
  • Keberlanjutan bisnis: Langkah-langkah yang harus diambil untuk keberlanjutan usaha skala kecil/besar dengan manajemen tenaga kerja yang efisien dan aman;
  • Metode pembelajaran jarak jauh: Langkah-langkah untuk mengatasi gangguan luas dari sistem pendidikan akibat pandemi.

Baca Juga: 9 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik, Cari Pekerjaan Jadi Lebih Mudah

2. Alur pendaftaran hingga implementasi ide

Kemenristek Ajak Masyarakat Menyelamatkan Indonesia Dari Virus Corona!ristekbrin.go.id

"Kapan mulai bisa mendaftar dan mengajukan ide?"

Pastinya kamu sudah bertanya-tanya tentang itu kan daritadi? Kamu mulai bisa mendaftarkan diri pada tanggal 13 April 2020 nanti. Adapun pendaftaran akan ditutup seminggu kemudian atau tanggal 20 April 2020. Saat mendaftar, jangan lupa untuk turut memasukkan ide yang kamu usulkan juga ya.

Selanjutnya, ide yang masuk akan dinilai pada tanggal 21-25 April 2020. Penilainya berasal dari Komite Penilai yang terdiri dari para pakar dan ahli di Kemenristek/BRIN. Ide terbaik akan dipilih untuk diimplementasikan dan diumumkan pada tanggal 30 April 2020.

Kalau ide kamu yang terpilih, kamu tidak perlu memikirkan segala fasilitas untuk mengimplementasi ide kamu. Sebab, itu urusan Kemenristek/BRIN untuk memfasilitasi dan mendukung proses implementasi ide.

3. Persyaratan peserta IDEAthon

Kemenristek Ajak Masyarakat Menyelamatkan Indonesia Dari Virus Corona!ristekbrin.go.id

Untuk mengikuti IDEAthon Innovation COVID-19 Indonesia, tentunya ada beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi. Berikut beberapa persyaratannya.

Peserta IDEAthon Indonesia:

  1. Peserta terdiri dari semua unsur masyarakat Indonesia;
  2. Penggiat IPTEK, Lembaga Profesi, Perguruan Tinggi, dan lain-lain;
  3. Pendaftaran ide dapat dilakukan oleh individu, kelompok, atau institusi.

Format Usulan IDEAthon Indonesia: Ide dituliskan dengan format judul, identitas pengusul, dan deskripsi ide dalam 1-3 halaman.

Persyaratan IDEAthon Indonesia:

Peserta menjamin bahwa ide/gagasan yang diajukan untuk IDEAthon Indonesia:

  1. Tidak melanggar hukum dan sesuai peraturan yang berlaku;
  2. Tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun;
  3. Tidak melanggar informasi rahasia pihak manapun atau hak lain dari pihak manapun.

Penilaian IDEAthon Indonesia: Komite Penilai telah menetapkan kriteria penilaian ide yang diajukan oleh peserta. Keputusan Komite Penilai bersifat final. Itu artinya, keputusan mereka sudah tidak bisa diganggu gugat.

Kriteria Penilaian: Relevansi dengan tema, tingkat inovasi, kreativitas, orisinalitas, dampak sosial, kelayakan teknis dan implementasi.

Penghargaan: Ide/gagasan terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai pengakuan pencipta ide dari Kemenristek/BRIN. Di samping itu peserta akan diberikan insentif dan dana pendampingan dan kemitraan untuk implementasinya.

Kerahasiaan:

  1. Selama dan setelah berlangsungnya IDEAthon Indonesia, peserta dilarang menggunakan informasi atau salinan informasi atau mengungkapkan informasi apapun yang diperoleh dari panitia IDEAthon Indonesia kepada orang, perusahaan, atau organisasi lain manapun;
  2. Peserta memberi otorisasi kepada Kemenristek/BRIN untuk menggunakan data pribadi untuk keperluan IDEAthon Indonesia. Foto, video, dan gambar peserta dapat dimiliki dan digunakan oleh Kemenristek/BRIN untuk iklan dan promosi yang berkaitan dengan penyelenggaraan IDEAthon Indonesia.

Gimana? Tertarikkah kamu untuk mendaftarkan diri dalam IDEAthon Indonesia? Untuk pengusulan ide kamu bisa membuka website ini: http://ristekbrin.go.id/ideathon/form-registrasi/ Sementara jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman ini: http://ristekbrin.go.id/ideathon

Itulah beberapa hal yang harus kamu tahu seputar ajang gotong royong untuk menyelamatkan bangsa Indonesia melalui IDEAthon Indonesia. Segera daftarkan diri kamu, siapa tahu ide kamu terpilih menjadi yang terbaik!

Baca Juga: 7 Aplikasi Mewarnai Terbaik, supaya Gak Bosan saat Physical Distancing

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya