Comscore Tracker

TikTok Donasi Rp100 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

Tidak hanya berupa tunai, tapi juga edukasi...

Dalam rangka turut berkontribusi untuk memerangi virus corona, perusahaan berbasis aplikasi video singkat TikTok berupaya membantu tenaga kesehatan di Indonesia. Pasalnya, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam menangani COVID-19 dan melindungi bangsa Indonesia.

Adapun bantuan yang TikTok berikan dilaksanakan pada hari ini atau 10 April 2020 di mana mereka berkolaborasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Nantinya, bantuan yang TikTok berikan akan dimanfaatkan untuk penyediaan peralatan medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Indonesia.

Penasaran dengan bantuan macam apa yang TikTok berikan? Baca sampai habis untuk mengetahui info selengkapnya!

"TikTok memang panutan ku!"

1. Bantuan berupa Rp100 miliar

TikTok Donasi Rp100 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaDok. TikTok

Mengutip keterangan resmi dari TikTok, perusahaan yang digadang-gadang bakal lebih besar dari Instagram ini berkomitmen dalam mendukung dan memberi bantuan secara global di saat yang sulit ini. Terlebih, TikTok juga menganggap bahwa bantuan ini diberikan bersama dengan masyarakat yang telah menjadikan TikTok sebagai 'rumah' mereka.

Menurut Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, TikTok ingin mengambil bagian kecil dan mendukung pemerintah Indonesia melalui bantuan uang tunai sebesar Rp100 miliar. Uang tersebut akan diproyeksikan untuk menyediakan peralatan medis bagi tenaga kesehatan yang telah menjadi pahlawan garda terdepan di tengah pandemi COVID-19 ini.

2. Mendukung percepatan penanganan COVID-19

TikTok Donasi Rp100 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaDok. TikTok

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas telah melakukan usaha konkret untuk menahan sebaran COVID-19. Melalui Gugus Tugas, donasi ini akan digunakan untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19 di negara ini, termasuk untuk membeli dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) kepada semua tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, atau pun kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesejahteraan dan tugas para tenaga kesehatan.

“Kita akan bisa melawan pandemi ini dengan adanya kolaborasi dari semua pihak, semua sektor. TikTok telah menunjukkan contoh nyata kolaborasi tidak hanya dalam menyediakan konten yang kredibel bagi pengguna tapi juga berkontribusi bagi tenaga kesehatan di Indonesia,” - Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 

Pada kesempatan yang sama, Doni juga sangat mengapresiasi langkah TikTok dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan untuk penanganan COVID-19. Apalagi dana yang TikTok gelontorkan terbilang fantastis.

Baca Juga: WHO Gunakan TikTok untuk Membasmi Hoaks Virus Corona, Kekinian Banget!

3. TikTok memastikan pengguna mendapat informasi virus corona secara akurat

TikTok Donasi Rp100 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaDok. TikTok

Sebagai platform digital, TikTok juga mendukung para pengguna agar mendapatkan informasi yang akurat mengenai COVID-19. Untuk itu, mereka berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta beberapa kementerian dan lembaga negara lainnya. Misalnya TikTok bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan COVID-19 dan informasi terkait lainnya.

Tidak hanya di Indonesia, rupanya TikTok juga melakukan hal yang sama dalam cakupan dunia. TikTok telah bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Federasi Internasional Palang Merah (IRFC) untuk menyediakan berbagai informasi yang kredibel mengenai COVID-19.

4. Mengajak semua pengguna mengapresiasi tenaga kesehatan

TikTok Donasi Rp100 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di IndonesiaIlustrasi tenaga medis. IDN Times/Candra Irawan

Mulai tanggal 7 April 2020, TikTok juga mengajak para pengguna TikTok untuk bersatu dan menunjukkan apresiasinya kepada komunitas tenaga kesehatan yang luar biasa dengan menggunakan tagar #PahlawanGardaDepan.

“Bersama dengan pemerintah, pebisnis, organisasi nirlaba, dan rakyat Indonesia, kami berkomitmen untuk menawarkan cara terbaik yang dapat kami lakukan. Bersama-sama, kita akan bertahan dan bangkit sebagai komunitas yang bersatu,” tutup Donny.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar TikTok yang baru saja memberikan bantuan sebesar Rp100 miliar untuk tenaga medis di Indonesia. Tentunya ini menginspirasi kita dan perusahaan lainnya untuk turut membantu tenaga kesehatan dalam memenuhi APD mereka!

Baca Juga: TikTok Luncurkan Layanan Streaming Lagu, Lebih Murah dari Spotify!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya