Comscore Tracker

Mengenal NFC, Fitur Smartphone yang Kini Semakin Populer

Kini urusan pembayaran semakin mudah.

Istilah cashless society saat kini rupanya tidak terbatas pada jargon semata, melainkan sudah mulai menjadi kebiasaan masyarakat perkotaan di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan kehadirannya dapat mempermudah transaksi jual-beli yang selama ini kita lakukan dengan cara konvensional.

Teknologi NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu teknologi penunjang cashless society, teknologi tersebut berguna saat seseorang ingin mengisi atau hanya sekadar memeriksa saldo kartu elektroniknya. Namun karena kompatibilitinya terbatas pada beberapa smartphone tertentu, teknologi tersebut seperti jarang muncul ke permukaan. Mari mengenal apa itu NFC secara lebih jelas:

1. Mengenal NFC lebih jauh

Mengenal NFC, Fitur Smartphone yang Kini Semakin Populerpixabay.com/R0bin

NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication, yaitu sebuah teknologi nirkabel yang memungkinkan terjadinya kontak antara dua alat di dalam jarak pendek. NFC dapat berfungsi apabila terdapat sekurang-kurangnya dua alat yang terdiri dari pengirim sinyal dan penerima sinyal.

NFC sendiri melakukan koneksi melalui gelombang radio, karena pada dasarnya teknologi ini bersumber dari teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Kini, beberapa perusahaan raksasa teknologi dunia seperti Apple dan Samsung telah menerapkan metode pembayaran berbasis NFC pada smartphone mereka.

Baca Juga: Ini Dia 5 Smartphone dengan Skor DxoMark Terbaik Bulan Desember 2019

2. Saat ini, beberapa transaksi digital dapat dilakukan menggunakan NFC

Mengenal NFC, Fitur Smartphone yang Kini Semakin Populerunsplash.com/Matthew Kwong

Saat ini kita dapat melakukan transaksi jual-beli menggunakan teknologi NFC hanya dengan menempelkan smartphone ke alat pembaca NFC, maka seketika transaksi kita akan terproses. Selain itu, penggunaan NFC juga dapat digunakan misalnya untuk mengisi saldo kartu elektronik serta untuk memeriksa saldo.

Kini salah satu e-commerce Indonesia juga menyediakan fitur top-up saldo melalui NFC, mungkin dalam beberapa waktu ke depan tren penggunaan NFC dapat meningkat seiring kepemilikan smartphone NFC yang juga berpotensi meningkat.

3. NFC termasuk ke dalam fitur premium, karena tidak semua smartphone memilikinya

Mengenal NFC, Fitur Smartphone yang Kini Semakin Populerunsplash.com/Adrien

NFC sendiri sedikit berbeda dengan teknologi nirkabel lainnya seperti Bluetooth, di mana tidak semua smartphone memiliki fitur NFC. Teknologi NFC dapat disebut sebagai fitur "premium" karena hanya terdapat di beberapa jenis smartphone, biasanya terdapat pada smartphone yang memiliki banderol menengah ke atas.

Apakah cashless society benar-benar memudahkan kita? Kamu yang tentukan!

Baca Juga: 5 Smartphone Mid-End Samsung 2019 dengan Harga Rp3 Jutaan

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You