Comscore Tracker

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa

#PANJATPOIN Harus banget download!

Bagi kalian yang menggeluti jurusan Bahasa, buku kamus saja tidak akan cukup apabila kalian benar-benar ingin menguasai suatu bahasa. Baik itu bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Arab, maupun bahasa lainnya.

Apalagi yang namanya mahasiswa Bahasa tentunya tidak dapat hanya mengandalkan pelajaran dari dosen saja. Maka dari itu, ada beberapa aplikasi khusus untuk mahasiswa jurusan Bahasa maupun kalangan umum yang otodidak (belajar sendiri) dalam mempelajari bahasa.

Apa saja? Mari cek 7 aplikasi berikut.

1. Buku Kosakata Bravolol

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasabravolol.com

Apa kalian pernah menggunakan aplikasi tersebut? Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna bagi mahasiswa Bahasa, kenapa? Karena kita dapat mempelajari hampir semua bahasa dari aplikasi tersebut. Seperti bahasa Inggris, Arab, Cina, Jerman, Jepang, Spanyol, Korea, Rusia, Italia, Perancis dan bahasa lainnya.

Disertai dengan percakapan sehari-hari (daily life) sampai tingkat tinggi (advanced), kita juga dapat mendengarkan audio dari pengucapan bahasa-bahasa yang mau kita kuasai. Aplikasi tersebut sangat unik, karena memiliki metode tampilan yang interaktif dan mudah dimengerti oleh kalangan awam.

Ukuran aplikasi tersebut cukup besar, yakni 45 MB. Namun, bukankah sepadan jika kalian ingin belajar bahasa secara otodidak?

2. KBBI Edisi V

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasagadgetren.com

Salah satu aplikasi berguna lainnya adalah KBBI. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna bagi mahasiswa Bahasa, khususnya Sastra Indonesia.

Terutama bagi kalian yang kuliah jurusan Bahasa maupun mereka yang otodidak, karena dengan adanya KBBI kita dapat lebih memahami bahasa Ibu kita sendiri. KBBI ini bersifat offline (luar jaringan) dan tidak membutuhkan data.

KBBI ini dibuat langsung oleh Kemendikbud serta dilengkapi dengan EYD, sehingga kita dapat berbahasa Indonesia yang baik. Ukuran aplikasi ini terbilang kecil, yakni hanya berjumlah 6 MB.

3. U-Dictionary

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasau-dictionary.com

Aplikasi berikutnya adalah U - Dictionary. Aplikasi ini sangat berguna bagi kalian para mahasiswa Bahasa, khususnya Sastra Inggris. Karena dengan adanya aplikasi tersebut kalian dapat memahami makna kosakata bahasa Inggris mulai dari yang tingkat basic (sederhana) sampai tingkat advanced (tinggi).

Dan bukan bahasa Inggris – Indonesia saja yang bisa kalian unduh, namun juga bahasa-bahasa lainnya. Namun agar menjadi offline, kita perlu mengunduh Kamus Offline bahasa Inggris terlebih dahulu. Ukuran aplikasi berikut lumayan besar, yakni 21MB. 

Baca Juga: 15 Aplikasi yang Wajib Dipakai Guru Inovatif di Tahun Ajaran Baru Ini!

4. Duolingo

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasaielanguages.com

Pernah menggunakan Duolingo? Ya, pasti kalian sudah familiar dengan aplikasi ini. Duolingo hampir sama dengan Bravolol, namun perbedaannya terletak pada latihan vocabulary dan tenses-nya.

Jika di Bravolol kalian hanya dapat latihan sendiri dan harus bayar apabila ingin menguasai suatu bahasa, di Duolingo memperbolehkan kalian menguasai hampir semua bahasa secara gratis. Dengan syarat, kalian harus meningkatkan level penguasaan bahasa kalian apabila mau naik dari tingkat basic sampai advanced.

Ukuran aplikasi ini cukup besar yakni 34MB, namun bervariasi tergantung smartphone kalian.

5. English Grammar Book

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan BahasaDok. Pribadi

Salah satu aplikasi bahasa lainnya untuk mahasiswa Bahasa adalah English Grammar Book. Aplikasi ini sangat berguna bagi kalian yang kesulitan dalam memahami 16 tenses. Terdapat berbagai latihan tenses sederhana yang dapat meningkatkan skill grammar kalian.

Aplikasi ini akan benar-benar membantu kalian di saat sedang mengerjakan tugas maupun latihan speech (pidato) bahasa Inggris. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, yakni hanya 7,4MB.

6. Rosetta Stone

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasaamazon.com

Rosetta Stone merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa terbaik lainnya setelah Duolingo dan Bravolol. Aplikasi ini hampir sama dengan dua aplikasi sebelumnya, hanya saja lebih menitikberatkan pada penguasaan pronounciation (pengucapan) bahasa itu sendiri.

Namun dapat kalian pastikan sendiri kalau aplikasi ini tidak kalah dengan dua aplikasi sebelumnya, karena aplikasi ini pun memiliki tampilan interaktif yang unik dan cukup dimengerti oleh khalayak umum. Ukuran aplikasi ini memang besar, yakni 78MB.

7. Memrise

7 Aplikasi Paling Recommended untuk Mahasiswa Jurusan Bahasaatkmagazine.com

Aplikasi pembelajaran bahasa terbaik lainnya adalah Memrise. Memrise merupakan salah satu dari sekian aplikasi pembelajaran terbaik yang sangat recommended bagi para mahasiswa jurusan Bahasa. Karena dengan adanya aplikasi ini, kalian dapat belajar bahasa secara otodidak serta meningkatkan kemampuan berbahasa kalian. Ukuran aplikasi ini cukup besar, yakni 20MB.

Itulah 7 aplikasi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan Bahasa. Jangan lupa download ya!

Baca Juga: 5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Buku

Ahmad Hidayatulloh Photo Community Writer Ahmad Hidayatulloh

Aku adalah seorang pemuda 18 tahun yang sedang berjuang dalam menghadapi dinginnya Ibukota, setiap hari berusaha mencari kerja yang penting halal. Kebanyakan usahaku gagal, namun sangat pantang untuk seorang pemuda menyerah begitu cepat. Dengan menjadi seorang penulis di IDN TIMES, kuharap aku dapat memberikan inspirasi bagi para pemuda di luar sana yang juga sedang berusaha menggapai cita - cita maupun impiannya. Semoga kita dapat menggapai apa yang kita mau dan selalu dituntun oleh Yang Maha Esa, Amin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You