Comscore Tracker

Google Kenalkan Fitur Search Baru, Discussion and Forum

Dijamin, pencarian Google makin relevan!

Sejak meluncur pada 1998, Google menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini akrab dengan “mesin pencarian” yang diandalkan manusia untuk mencari informasi. Bahkan, akurasinya dipercaya lebih daripada bertanya ke orang lain!

Saat mencari kata atau frasa kunci di Google, mesin pencari canggih ini akan menampilkan berbagai situs yang menawarkan informasi yang kita butuhkan. Masalahnya, manakah yang harus kita percaya? Tak jarang, informasi yang tak dibutuhkan pun ikut tercampur ke dalamnya.

Oleh karena itu, Google terus meningkatkan kinerja search engine-nya. Agar lebih relevan dan akurat, Google memperkenalkan dua fitur terbarunya, “Discussion and forum”. Apa yang ditawarkan Google kali ini dengan fitur Discussion and forum?

Discussion and forum tampilkan hasil dari forum daring di internet

Google Kenalkan Fitur Search Baru, Discussion and Forumilustrasi fitur Discussion and Forum di mesin pencari Google (blog.google)

Melalui blognya pada Rabu (28/9), Google mengumumkan fitur Discussion and forum untuk mesin pencarinya. Terinspirasi dari populernya berbagai forum yang menjadi tempat yang berguna untuk mencari informasi (dari Reddit sampai Quora), Google menerapkan elemen tersebut ke mesin pencarinya.

"Mulai hari ini, saat mencari informasi, sebuah fitur baru akan muncul berdasarkan pengalaman pribadi di berbagai diskusi daring," tulis Google.

Dengan fitur Discussion and forum ini, Google mengumpulkan informasi dari berbagai forum daring di dunia maya. Jadi, jika kamu mencari sesuatu di Google, bukan hanya hasil situs web, Google juga akan menampilkan tautan ke post forum yang relevan, bahkan yang berisi review dan berbagai saran dari anggota forum.

Sebagai contoh, jika kamu mencari "mobil keluarga terbaik", Google akan menampilkan bukan hanya situs, melainkan juga postingan forum yang juga mencakup saran relevan (umumnya berdasarkan pengalaman pribadi) dari anggota forum mengenai mobil yang cocok mengangkut anggota keluarga.

Baca Juga: Google Mudahkan User Hapus Data Pribadi yang Muncul di Pencarian

Terjemahan berita (Sementara baru tersedia untuk Bahasa Inggris)

Google Kenalkan Fitur Search Baru, Discussion and Forumilustrasi berita yang diterjemahkan mesin pencari Google (blog.google)

Selain Discussion and forum, Google juga membawa fitur baru dalam mesin pencarinya. Dengan fitur ini, Google berharap menanggulangi masalah bahasa saat membaca berita mancanegara. Jadi, selain dalam bahasa asli, Google akan menampilkan artikel berita dalam bahasa lokal pengguna.

"Anda bisa membaca berita dari jurnalis di negara Anda sehingga memberikan perspektif untuk tentang apa yang terjadi," kata Google.

Berbasis kemampuan penerjamahannya, Google meluncurkan fitur terjemahan berita ini masih ke dalam beberapa bahasa tertentu saja, yaitu Bahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol ke dalam Bahasa Inggris.

"Tujuan Google adalah membantu Anda menemukan informasi paling relevan di dunia maya. Dua fitur baru ini akan membawa lebih banyak perspektif ke pencarian Anda sehingga membantu Anda membuat keputusan dan mengetahui peristiwa di seluruh dunia," pungkas Google.

Selain itu, Google mengumumkan peluncuran fitur penerjemahan mesin untuk menemukan berita yang diterjemahkan pada awal 2023. Kapan akan meluncur di kawasan lain, seperti Indonesia? Tunggu pengumuman selanjutnya dari Google, ya!

Baca Juga: Fitur Ampuh Google Menjaga Data dari Peretas, Terapkan!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya