TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jalan ke Luar Negeri Tanpa Cemas, Instal 6 Aplikasi Ini di Android

Dijamin berguna banget buatmu selama di luar negeri!

livinginanotherlanguage.com

Jalan-jalan ke luar negeri memang butuh persiapan yang tidak sedikit. Selain harus membeli tiket dan booking hotel jauh-jauh hari demi menghindari harga yang jauh lebih mahal, kita juga harus mempersiapkan hal-hal lain seperti menentukan apa saja yang harus dibawa dan tempat mana saja yang akan dituju.

Untungnya di Playstore, sudah banyak aplikasi yang bisa membantu kita melakukan persiapan terkait perjalanan kita nanti. Ini daftar aplikasi yang harus ada di android kamu agar bisa jalan-jalan di luar negeri tanpa cemas.

1. PackPoint travel packing list

Play.google.com/Wawwo

PackPoint sangat membantumu dalam menentukan apa saja yang harus dibawa dalam perjalanan kamu nanti. Aplikasi ini nanti akan menanyakan kemana tujuanmu, kapan akan ke sana, keperluanmu ke sana (bisnis atau liburan), dan kegiatan apa saja yang kira-kira akan kamu lakukan di sana.

Setelah mengecek perkiraan cuaca di kota tujuan pada tanggal kedatanganmu dan juga berdasarkan dari keperluan serta kegiatanmu di sana, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi hal-hal apa saja yang sebaiknya kamu bawa. Cek lagi barang bawaanmu berdasarkan daftar yang aplikasi ini rekomendasikan. Dijamin gak ada istilah barang ketinggalan lagi deh.

2. Tripit

Play.google.com/TripIt, Inc.

Aplikasi keren ini akan membantumu membuat rencana perjalanan dari hari pertama kamu datang sampai kamu kembali ke Indonesia nanti. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyimpan dokumen-dokumen perjalananmu di aplikasi ini untuk memudahkanmu melihat dokumenmu di 1 tempat.

Bingung harus naik apa ke tempat wisata yang akan kamu tuju nanti? Tripit juga menyediakan kolom pencarian untuk mencari transportasi umum yang mengarah ke tempat tujuanmu. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline lho (kecuali yang berkaitan dengan navigasi) sehingga kamu bisa melihat rencana perjalananmu tanpa perlu menggunakan internet.

3. Sygic Travel Maps Offline & Trip Planner

Play.google.com/Sygic maps navigation

Jika kamu lebih banyak ke tempat-tempat wisata dengan berjalan atau naik mobil sewaan, maka aplikasi ini cocok buatmu. Dengan peta yang bisa digunakan secara offline, aplikasi ini akan menentukan rute yang sebaiknya kamu ambil berdasarkan tempat-tempat yang ingin kamu tuju.

Kerennya lagi, aplikasi ini juga memberikan detail waktu yang diperlukan untuk berjalan atau berkendara ke tempat yang ingin dituju. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengukur realistis atau tidaknya rencana perjalananmu dalam 1 hari.

Sayangnya, aplikasi ini belum dilengkapi opsi untuk transportasi umum sehingga penggunannya sebaiknya dikombinasikan dengan aplikasi Tripit.

4. WiFi Map - Free Passwords & Hotspots

Play.google.com/WiFi Map LLC

Mengandalkan wifi gratisan di kota tujuan adalah salah satu cara menghemat pengeluaran. Tapi tentu saja susah-susah gampang menemukan wifi publik yang bisa kamu pakai di sana.

Aplikasi ini membantu kamu menemukan wifi publik di tempat tujuan dan bahkan menyediakan password-nya. Gak ada lagi deh ceritanya gak bisa upload foto ke Instagram di sela-sela perjalananmu.

5. Google Translate

Play.google.com/Google

Gak perlu bawa kamus tebal untuk bercakap-cakap dengan orang lokal, kamu sekarang cukup mengandalkan aplikasi penerjemah bahasa yang tersedia di Playstore, salah satunya Google Translate.

Dengan fitur voice translate-nya, kamu bahkan bisa menerjamahkan percakapan orang lokal yang tidak kamu mengerti. Jadi gak perlu bingung lagi bercakap-cakap dengan orang lokal di kota tujuan.

Writer

farnaj

Reading will broaden your view while writing will keep you in history.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya